rahasia manajemen bisnis

Rahasia Manajemen Bisnis Orang Jepang

Hai saya sedang berada di Tokyo, ini baru mendarat di Narita, saya ingin menunjukkan rahasia manajemen bisnis sederhana cara kerja orang jepang.

Jadi tadi kita sudah antri lalu dikasih tau kita antrinya di tempat yang salah, jadi cara antrinya itu ada line, ada nomor ini contohnya, ini ada nomor. So yang pertama adalah Kerapian, nomor satu disusun dulu rapi-rapi bagasi-bagasinya lalu kemudian di kita lihat akan kita lihat tepat waktu apa nggak. Nah ini bus kita 50-18, inilah yang disebut sistem. Sistem itu adalah bukan berarti teknologi tapi juga keteraturan. Ini robot beneran ini Hai Pepper.

Ada banyak orang punya bisnis saat sepi marketing saat rame pelayanannya buruk, ini prinsip penting dalam Marketing. Kalau produk anda sepi pengunjung anda boleh marketing dan Team Anda harus dilatih caranya melakukan yang namanya menjual, dilatih caranya melakukan yang namanya salesmanship. Tapi kalau businessnya rame banget seperti disney yang dibutuhkan bukan teknik menjual tetapi pelayanan.

Dalam membangun sebuah bisnis salah satu kunci besar adalah sistem. Di Jepang sistem itu menjadi sangat-sangat diandalkan karena sistemlah yang menyatukan banyak perusahaan bahkan sistem bisa membuat satu perusahaan dengan perusahaan lain bisa berintegrasi dan berkolaborasi. Salah satu contohnya adalah rel kereta di jepang ada banyak sekali perusahaan yang memiliki rute di stasiun kereta ini,  tetapi kok bisa sinkron?  karena sistem. Dengan sistem membuat perjalanan lebih lancar perjalanan lebih mudah dan lebih terintegrasi, itulah manfaat sistem untuk bisnis dan kehidupan.

Artikel Terkait : Membangun Proses Excellence Yang Efektif

Di jepang banyak ada banyak hal yang menarik yaitu cara mereka menjual, presentasi itu penting sekali bagaimana cara mempresentasikan makanan mereka. Jadi ini adalah salah satu yang bisa dicontoh anda sebagai bisnis pengusaha atau perusahaan-perusahaan kecil dan menengah.

Saya akan start dari sini, kita lihat cara mereka mempersentasikan makanan atau toko mereka, sangat-sangat menarik sekali. Nah warung kecil ini namanya warung atau bento dimana orang-orang belanjanya karena untuk naik kereta, ini kita ada di stasiun kereta. Ini cara mereka mempresentasikan brosur mereka, detail sekali dan sangat-sangat berkualitas.

Ini adalah toko yang menjual Cookies, Bisqoti. Ini tamago bahkan ada kraker seperti ini. Mau belanja satu kue namanya press butter shake, mentega yang di press kemudian di bungkus pake terigu, lihat packagingnya.

Kelebihan dari orang jepang khususnya dalam hal service mereka termasuk dalam kategori detail. Saya ambil satu contoh aja, jadi kalau kalau di hotel kita pasti dapat toilet kit, ada sikat gigi, ada sandal, ada odol, mungkin sebagian ada yang dikasih saving kit, tapi ketika saya masuk ke hotel di jepang lalu mereka melihat kita bawa anak-anak mereka langsung siapkan satu kit, masing-masing anak dapat 1. Isinya itu sandal anak, sikat gigi anak, odol untuk anak-anak, kemudian ada handuk kecil untuk anak, ada spons untuk anak-anak. Jadi Buat orang yang dilayani merasa sangat-sangat wow, jadi kalau melihat service di Indonesia semua orang diperlakukan sama. Dewasa atau anak-anak di anggap sama. Anda punya anak-anak, kamu harus urus anak sendiri namun di jepang agak sedikit menarik bahkan sandal hotel pun dibuat kecil seperti untuk anak-anak dan memang pas untuk anak-anak.

Waktu saya pergi ke disney land, ada bagian yang sangat-sangat penting dan menurut saya sangat menarik untuk di pelajari. Yang pertama adalah setiap toko tidak ada yang sepi, semua toko rame-rame dan semua tokonya penuh dengan pengunjung dan rata-rata mereka belanja. Dan yang tidak saya lihat adalah SPG-SPG yang berusaha untuk meyakinkan orang untuk beli. Pertanyaanya kenapa? semua orang sudah tahu disney dan emua orang Sudah tergiur untuk beli barang dan produknya Disney. Efek dari apa? efek dari service, quality dan value. Itu yang harus kita pertahankan kalau anda pengen produk anda diantri-in orang.

Artikel Terkait : Cara Membangun Brand Bisnis Kecil Anda

Saya sempat pergi ke meji-jingu ini adalah sebuah kuil yang merupakan peninggalan dinasti meiji yang sempat hancur dan kemudian di restorasi. Tempat ini sangat menarik karena banyak sekali pengunjung yang datang terutama orang-orang yang ingin berdoa. Mereka berdoa untuk kemakmuran, untuk kesehatan, untuk membuat keluarga mereka lebih bahagia. Disana ada pohon jodoh, pohon untuk membuat orang merasa lebih memiliki keharmonisan dengan suami istri.

Sebelum doa kita cuci mulut, cuci kaki, cuci tangan kemudian kita harus menyiapkan hati kita, membersihkan hati kita lalu kemudian memastikan apa yang ingin kita doakan. Tentunya doa-nya harus doa yang baik-baik. Di kuil ini ada tempat yang namanya tablet doa, saya menuliskan doa untuk semua client dan juga subscriber di youtube channel saya agar semua yang subscribe menjadi lebih dahsyat lebih sehat lebih sukses lebih makmur dan mendapatkan manfaat dari channel Tom MC Ifle. So jangan lupa buat yang belum subscribe, subscribe dulu karena nama anda sudah masuk kedalam doa di kuil meji-jinggu, kuil terbesar di jepang.

Salam pencerahan

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>