Rahasia Sukses Menjadi Marketing Bank

Wiraniaga atau yang lebih dikenal dengan istilah marketing menjadi salah satu pilar pokok berkembangnya suatu perusahaan. Termasuk dalam bidang perbankan, meski bank sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan ekonomi, namun karena adanya persaingan antar bank membuat mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan.

Related Article : Pentingnya Strategi Marketing Mix Dalam Pemasaran

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nasabah atau pelanggan bank adalah dengan memberdayakan Marketing Bank. Para marketing inilah yang akan berusaha untuk mendapatkan nasabah sebanyak mungkin. Bagi Anda yang sedang belajar menjadi marketing bank yang sukses, ikuti 4 rahasia berikut ini :

Percaya pada Produk yang Ditawarkan

Menawarkan produk jelas sangat membutuhkan kepercayaan pada produk tersebut. Jika Anda ingin menawarkan produk yang Anda belum percaya sama sekali maka hasilnya pun akan nihil. Untuk itu Anda harus memiliki pengetahuan tentang produk (product knowledge). Tapi ternyata lebih penting untuk percaya kepada produk tersebut. Mempercayai produk yang Anda tawarkan akan membuat Anda semakin yakin bahwa nasabah akan mendapatkan manfaat yang lebih baik.

produk-knowledge

Bahkan hal ini bisa menjadi sumber energi untuk Anda sendiri dalam menawarkan produk tersebut. Caranya Anda harus percaya bahwa produk Anda ini bisa memberikan nilai dan manfaat kepada calon nasabah. Selanjutnya barulah Anda menawarkan bahwa produk Anda sebagai solusi untuk menghadapi masalah yang dimilikinya.

Related Article : 3 Cara Cepat Menambah Jumlah Pelanggan

Ubah Mindset untuk Membantu Nasabah

Saat Anda memiliki mindset atau pikiran untuk mendapatkan untung bagi diri sendiri atau perusahaan Anda, dipastikan produk yang Anda tawarkan tidak akan terjual maksimal. Nasabah hanya akan mengambil pandangan bahwa Anda dan bank Anda hanya akan mengambil untung dari apa yang dibutuhkannya.

Tapi berbeda dengan pemikiran bahwa Anda akan membantu nasabah. Temukan permasalahan yang mereka miliki, percayakan calon nasabah bahwa Anda akan membantunya untuk menyelesaikan permasalahan.

Sikap Positif

Sifat positif dimanapun akan menghasilkan sesuatu yang positif pula. Termasuk saat Anda berperan sebagai Marketing Bank. Banyak faktor yang bisa menumbuhkan nilai positif pada diri Anda. Mulai dari membantu orang lain, menyelesaikan tugas mulia hingga memiliki rasa percaya diri yang kuat.

fasilitas-kantor

Rasa percaya diri ini yang akan membuat Anda memiliki motivasi yang besar, tidak malas serta pantang menyerah. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa 85% keberhasilan Anda ditentukan oleh sikap Anda. Sementara masalah teknis hanya berkontribusi sekitar 15% pada keberhasilan Anda.

Saat Anda ingin menjadi marketing profesional, maka Anda harus membangun mental baja dan sikap positif. Anda harus yakin bahwa sikap mental yang kuat ini bisa memberikan imbalan tak terbatas yang sangat diperlukan perjuangan, modal serta pengorbanan.

Related Article : Cara Mencapai Target Bagi Marketing Bank

Tingkatkan Keterampilan Menjual

Ketrampilan menjual sangat dibutuhkan oleh Marketing Bank. Meski masalah teknis hanya memberikan kontribusi 15% saja, namun ini harus dilengkapi agar bisa tampil sukses. Tanpa memiliki penguasaan masalah teknis, Anda tidak bisa menemukan sikap positif dan akan kesulitan untuk memanfaatkan peluang semaksimal mungkin.

Ketrampilan teknis yang menjadi dasar marketing adalah ketrampilan menjual. Anda harus bisa mengumpulkan lead, menyaring menjadi lead, menghubungi, presentasi, closing dan lain sebagainya. Berbagai cara ini harus Anda kuasai agar bisa menjadi marketing yang sukses.

Setiap ketrampilan Marketing Bank jelas sangat mungkin untuk dipelajari oleh siapa pun. Anda bisa belajar dengan cara banyak membaca buku, bertemu para calon nasabah hingga mencari jaringan sebanyak mungkin. Siapkan mental dan pengetahuan Anda, dan jadilah marketing yang sukses. Semangat belajar dan jangan pernah menyerah apapun yang akan terjadi.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>