Rahasia SWOT Analysis dalam Bisnis Anda

Anda tentu ingin mengetahui seberapa pengaruh bisnis Anda bukan? Untuk itu, Anda bisa menggunakan SWOT analysis supaya Anda tahu kekuatan dan kelemahan bisnis. Apa sih SWOT itu? SWOT itu singkatan dari strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Mungkin Anda akan bertanya apa bagusnya SWOT Analysis. Analisa dengan cara ini berarti Anda sedang merencanakan efek kelemahan yang dimiliki seminimal mungkin. Tujuannya dari analisis kelemahan ini pastinya untuk mencari titik – titik mana yang perlu Anda tingkatkan dalam bisnis.

SWOT Analysis ini akan menuntun Anda untuk terus menggali kelemahan Anda. Kalau sudah tahu tentunya perlu dicari solusinya. Masalah dalam bisnis bisa dikurangi dan tidak terus – terusan mengejar Anda. Misalnya saja, apa sih yang tidak di sukai pelanggan dari produk atau jasa bisnis Anda?

Kemudian cari juga titik – titik yang perlu mendapat penekanan dalam bisnis Anda. Anda tidak boleh lupa kalau Anda punya pesaing. Jadi, cari tahu apa yang membuat si pesaing bisa lebih baik dari bisnis Anda.

Sedangkan kekuatan yang Anda miliki tentunya bisa di maksimalkan semaksimal – maksimalnya. Tentunya untuk segi kekuatan dalam bisnis Anda perlu dilakukan supaya bisa mendefinisikan keunggulan bisnis Anda yang kompetitif. Persaingan itu pasti, nah tapi Anda harus bisa mengungguli mereka. Saya rasa tentu Anda tidak ingin kalah dari pesaing bisnis Anda.

Saat Anda mulai membuat SWOT, saya sarankan untuk teliti dan cermat. Ya, bisa dibilang si SWOT ini yang akan jadi arahan bagi bisnis Anda. Apa Anda sudah membuatnya dengan benar? Apakah bisnis Anda nantinya akan berjalan dengan baik ?

Lebih penting lagi, bagaimana produk Anda di pasar? Apa banyak orang yang mengenalnya? Selain itu juga sumber daya yang Anda miliki perlu diperhatikan juga, seperti manusia, keuangan dan kekayaan intelektual.

Selanjutnya, saya akan membicarakan peluang bisnis. Tentu saja si peluang bisnis perlu Anda pikirkan. Anda perlu tahu lokasi mana yang berpotensial sebagai ladang uang Anda. Temponya bukan hanya untuk sekarang saja tapi juga untuk keberlangsungan bisnis di masa depan. Lalu, saya yakin akan ada pertanyaan soal trend bisnis apa yang bisa jadi peluang.

Apakah bisnis dalam bidang teknologi, perubahan demografi/ sosial atau perubahan aturan? Produk baru seperti apa yang sedang dibutuhkan pelanggan sekarang? Itu yang perlu Anda pikirkan termasuk cara menawarkan produk Anda.

Di tahap yang terakhir, Anda perlu melengkapi kajian faktor eksternal atau internal si pembuat masalah pada bisnis. misalnya pertanyaan untuk bisnis Anda soal kekurangan sumber daya, ancaman dari pesaing, atau perubahan trend dan ekonomi justru yang mengancam bisnis.

So, SWOT analysis ini bisa membuat Anda menjalankan bisnis lebih efektif. Selain itu, bisa digunakan sebagai masukan bisnis Anda dari pertanyaan – pertanyaan melalui analisa ini.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>