.st0{fill:#FFFFFF;}

Revenue Stream : Jenis & Manfaat Untuk Perusahaan 

 Desember 27, 2021

By  Coach Tom

Pernahkah Anda mendengar kata revenue? Revenue merupakan sebuah istilah yang kerap muncul pada laporan keuangan. Sebenarnya apa si pengertian dari revenue model dan stream? Simak penjelasan lebih lanjut beserta jenis dan manfaatnya bagi perusahaan disini.
Pengertian Revenue Model dan Stream

Revenue model adalah sebuah konsep yang memberikan gambaran untuk menjelaskan bagaimana rencana bisnis yang akan Anda buat dapat menghasilkan keuntungan. Sedangkan revenue stream berasal dari dua kata dalam Bahasa Inggris yaitu kata revenue dan kata stream. Revenue memiliki arti pendapatan atau penghasilan, stream memiliki arti aliran. Sehingga revenue stream merupakan aliran pendapatan dari suatu organisasi maupun perusahaan.

Aliran pendapatan dari suatu bisnis atau perusahaan memiliki beberapa faktor penentu yang berkaitan dengan asal mula dana dan penggunaan dana. Secara umum, baik di perusahaan maupun dikelas bisnis menengah, sumber dana dapat berasal dari aset, investasi, penjualan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, aliran pendapatan atau revenues dapat diartikan dengan suatu kegiatan transaksi secara berulang untuk mendapatkan dana yang berkelanjutan.

Jenis-Jenis Revenue Stream

Aliran pendapatan dari suatu perusahaan terbagi menjadi dua jenis. Sebelum mengetahui manfaat yang dapat diberikan dari aliran pendapatan bagi suatu perusahaan, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis-jenis aliran pendapatan berikut ini:

1. Transaction Revenues

Transaction revenues atau transaksi pendapatan merupakan jenis aliran yang merujuk pada sistem sekali bayar dalam satu transaksi. Perusahaan maupun pemilik bisnis jasa, aset, atau barang bisa memperoleh pendapatan secara langsung melalui transaksi pembayaran yang dilakukan.

2. Recurring Revenues

Recurring Revenues atau pendapatan berulang merupakan transaksi yang dilakukan tidak dalam satu kali proses melainkan secara berkelanjutan sehingga memberikan pendapatan yang berulang kepada perusahaan. Contoh dari jenis pendapatan berulang yaitu kredit atau angsuran, penyewaan aset maupun produk yang dibayar secara berulang.

Manfaat Revenues Stream Untuk Perusahaan

Revenue atau aliran pendapatan memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting bagi para pelaku bisnis maupun sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat dari aliran pendapatan yang dibuat pada setiap laporan keuangan:

1. Pendapatan merupakan Key Performance Indicator (KPI) dalam semua bisnis

Analisa keuangan menjadi salah satu tugas utama dari seorang analisis keuangan yang juga menganalisa kinerja dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengenali berbagai aliran pendapatan yang berbeda.
Analisa keuangan tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan dan menginterpretasikan angka pada laporan keuangan. Jumlah yang diakui oleh perusahaan akan mencerminkan angka pendapatan yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan.

2. Memprediksi kinerja yang berbeda diantara berbagai aliran pendapatan

Salah satu aliran pendapatan yaitu pendapatan berulang merupakan aliran pendapatan yang paling mudah untuk diprediksi dalam suatu perusahaan. Sebaliknya pendapatan dari layanan fluktuasi dengan berbagai permintaan pelanggan lebih sulit untuk diprediksi. Sehingga penting bagi seorang analisis keuangan untuk melakukan prediksi atau kinerja dan variabilitas perusahaan dalam menjual jasa maupun barang.

3. Model peramalan yang diperlukan untuk pendapatan berbeda

Model peramalan akan bergantung dari jenis revenue model yang digunakan oleh suatu perusahaan. Sehingga seorang analis keuangan perlu melakukan pengembangan dan menjalani prosedur yang berbeda secara fleksibel.
Pembaruan dari suatu proyek akan terus menerus berlangsung sebagaimana dengan risiko yang dihadapi. Oleh karena itu, aliran pendapatan perlu ditentukan model peramalan yang sesuai meskipun harus berbeda setiap bulannya.

4. Membantu perusahaan untuk memperkirakan penjualan

Sifat pendapatan yang dipahami dengan baik dapat membantu suatu perusahaan atau klien dalam memperhitungkan harga dan perkiraan pendapatan yang akan diperoleh.
Aliran pendapatan sangat sulit diprediksi apabila kondisi keuangan yang sedang tidak stabil, namun berkat adanya analis terhadap aliran pendapatan. Perusahaan akan lebih mudah untuk memperkirakan penjualan dan penghasilan yang didapatkan.

5. Membantu perusahaan untuk memahami kinerja dari sumber peroleh pendapatan

Menganalisa aliran pendapatan dapat memberi pengetahuan baru dan wawasan penting dalam mengetahui proses aliran pendapatan dapat bekerja dan apakah aliran tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

6. Membantu perusahaan dalam mempersiapkan plan action dan strategi

Aliran pendapatan yang dianalisa oleh seorang analis keuangan juga dapat membantu perusahaan dalam membuat strategi dan memastikan strategi yang dijalani akan memberikan keuntungan.

7. Melacak pergerakan tren yang tidak biasa

Melacak pergerakan tren dapat dilakukan dengan menganalisa aliran pendapatan sehingga akan muncul pola-pola tertentu yang terlihat dan masuk ke dalam arus kas. Selain itu, aliran pendapatan dapat mencatat perubahan tren yang tidak biasa yang dapat mempengaruhi pendapatan maupun mengidentifikasi faktor penyebab dari tren tersebut.

 

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai revenue model dalam suatu perusahaan. Penting untuk mengetahui perbedaan dan ciri khas setiap revenue yang dimiliki oleh perusahaan untuk membantu menganalisis data dan mengembangkan model yang berbeda.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst