RISIKO BISNIS STARTUP TANPA IZIN

Seringkali para pelaku bisnis StartUp salah startegi dalam membangun bisnisnya di awal. Pelaku bisnis StartUp mungkin sudah mengira bahwa persiapan yang dilakukan sudah sangat-sangat matang. Namun, ternyata ada satu hal yang masih diabaikan. Akibatnya ketika hal tersebut dilupakan, bisnis StartUp yang mulai berkembang dan maju mengalami kondisi terancam.

Related Article : 5 Kesalahan Fatal Pengusaha StartUp

Risiko Apa Yang Dihadapi Bisnis Start Up?

Bila Anda membaca artikel kami sebelumnya tentang 5 Kesalahan Fatal Pengusaha Start Up, di setiap point telah saya sebutkan secara rinci bagaimana seharusnya pengusaha StartUp menjalankan bisnis. Nah, point tersebut manfaatnya tidak akan berlangsung lama jika usaha yang Anda jalankan sudah berkembang tapi ternyata Anda masih belum punya “Izin Usaha”.

Para pengusaha seperti ini biasanya terlena karena sudah mendapatkan hasil dari penjualan. Sehingga mereka tidak ingin memikirkan inovasi ataupun keberlangsungan usahanya, padahal izin usaha tersebut sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis di masa depan.

Beberapa diantara mereka bilang “…ngapain susah-susah ngurus izin usaha, bayarnya mahal dan nunggunya juga berbulan-bulan.” Pernyataaan seperti ini ternyata membuat pengusaha StartUp enggan dan memilih untuk tetap menjalankan bisnis tanpa legalitas.

Dampaknya, ada hampir 210 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditutup dan ditarik dari pasaran karena diklaim mengandung penyakit dan tidak higienis.

Kejadian ini tentu diakibatkan karena pengusaha StartUp tidak memiliki legalitas dari Dinas Kesehatan dan mengabaikan izin pangan industri rumah tangga (PIRT). Padahal, izin tersebut sangat berdampak besar bagi produk yang sudah di pasarkan.

Selain hal tersebut, dunia bisnis memang mempunyai banyak kemungkinan-kemungkinan buruk. Karena itu, sebagai pengusaha StartUp harus mempunyai startegi menjaga bisnis supaya bisnis tetap bisa bertahan, yakni dengan mendapatkan legalitas atau izin usaha. Ingat, ada hampir 78 persen perusahaan-perusahaan besar yang merasa terancam dengan munculnya pengusaha StartUp.

So, jika bisnis Anda mulai berkembang, mulailah untuk mengurus izin usaha. Hal ini dilakukan agar nantinya usaha yang Anda bangun bisa mendapatkan perlindungan hukum, serta sebagai sarana promosi dan meningkatkan kredibilitas usaha StartUp. Ada satu contoh menarik yang  bisa Anda ambil hikmahnya.

Selama ini ada bisnis yang sukses besar dan dimulai dari sangat kecil. Suami istri, buka toko sendiri buat brand sederhana, rekrut team kecil. Mereka bekerja seperti keluarga sendiri. Kalau ada yang sakit rekan kerja tanpa diminta akan membackup pekerjaan.

Hidup penuh dengan perjuangan, semua untuk keluarga. Tidak terpikir sama sekali untuk korupsi, beli barang mewah, atau bahkan renovasi wc sendiri supaya sedikit lebih keren. Semua serba fungsional. Tidak ada yang berlebihan. Laba pun tidak semena-mena untuk “merampok” pelanggan. Bisnis terus membesar….

Sampai ada raksasa yang merasa terancam. Pelanggan merasakan pelayanan yang tulus dengan yang dibuat-buat…

Related Article : Pentingnya Marketing Plan agar Produk Anda Laku Keras

Perusahaan mau bersaing secara sehat dirasa terlalu lelet. Bagaimana bisa bersaing kalau leadernya saja malas. Karyawan tidak pernah di training. Gaji semepet mepetnya.

Cari karyawan yang setengah miskin, supaya bargaining power perusahaan lebih kuat.

Jadi, jalan pintasnya adalah dengan menggunakan hukum sebagai alat pembunuh. Memalsukan laporan laboratorium sambil menyebar fitnah tentang kandungan produk, dibilang beracun, mengandung lemak babi, merugikan pemakai, bisa menyebabkan kanker dan sebagainya.

Membayar oknum untuk menyegel dan menghentikan izin usaha dan mempersulit agar pelanggan tidak punya pilihan kecuali pindah ke sang raksasa. Lengkap sudah hasutannya.

Bukti dari independent auditor ditunjukkan, hasil lab independent dan kredibel tidak mampu mengubah pikiran sang pemberi izin. Akhirnya, bisnis sederhana, untuk keluarga sederhana yang memiliki mimpi yang sederhana, mati ditangan keserakahan yang menggunakan jalan pintas untuk merebut market share.

Semoga pelajaran ini bisa jadi pelajaran yang menginspirasi pengusaha StartUp untuk memulai bisnis dengan cara yang benar, salah satunya adalah dengan mengurus izin usaha. Karena dengan memiliki legalitas, begitu Anda besar, raksasa pun sungkan mengganggu Anda.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>