Sales adalah Bagian Terpenting Untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Pendapatan finansial di dunia bisnis disebut dengan omset. Nominalnya harus ditingkatkan dari waktu ke waktu demi kemajuan usaha yang sedang digeluti. Peran seorang pekerja yang memegang jabatan Sales adalah meningkatkan permintaan di pasaran. Penting bagi perusahaan memelihara kinerja sales agar tetap prima. Berikut alasan mengapa sales berkaitan erat dengan melesatnya omset perusahaan.

Related Article : Mengatur Tugas Sales untuk Mencapai Target Maksimal

penjualan5

1. Proses Penjualan

 

Kegiatan pemasaran produk dimulai dari promosi, penawaran, permintaan dan transaksi. Awal langkah ini merupakan tugas seorang sales untuk mengenalkan produk ke masyarakat. Promosi bisa dilakukan dengan cara penyebaran brosur, door to door, unggah konten di media sosial dan beriklan melalui koran. Tidak berhenti sampai disitu, sales harus membimbing calon pelanggan sampai terbentuknya kata sepakat guna pembelian produk.

Omset meningkat seiring dengan banyaknya produk yang berhasil terjual. Hal tersebut ialah tanggungjawab seorang sales. Kuantitas dan kualitas tenaga pemasar ini harus senantiasa terjaga. Penyesuaian antara jumlah sales dan kapasitas perusahaan dalam memproduksi barang diatur oleh manajer.

Sales yang memiliki kualitas unggul tentu pandai berkomunikasi dan berinterkasi untuk mencuri perhatian masyarakat. Calon pelanggan pasti penasaran terhadap promosi dan penawaran yang dilakukan sales. Hasilnya, mereka akan aktif bertanya tentang kelebihan dan manfaat produk. Tanpa pikir panjang lagi, pelanggan membeli produk karena sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Related Article : Fakta Mengejutkan Tentang Penjualan

2. Penampung Aspirasi Pelanggan

Interaksi secara langsung serta intensif yang dilakukan sales pada saat terjun langsung ke lapangan merupakan wadah penampung kritik dan saran. Penyebab masyarakat tidak tertarik terhadap suatu produk yang ditawarkan karena kurang sesuai dengan selera atau apa yang diinginkan. Catat poin yang membuat mereka mengurungkan niat untuk membeli.

 

Data masukan dari calon pelanggan yang gagal Anda gaet ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan produk. Strategi produk terjual keras ialah mampu mengikuti selera pelanggan. Perbaiki kualitas produk dan lakukan pengenalan ulang yang menandakan perusahaan telah melakukan penyegaran. Rayu ulang target yang gagal dahulu, peluang lebih besar terbuka sebab produk telah diperbaharui sesuai seleranya.

Temukan paket produk yang dapat diterima masyarakat luas. Perbanyak lokasi pemasaran agar mengenali karakter antar masing-masing daerah. Fungsi sales adalah menjembatani antara pelanggan dan perusahaan untuk menyeleraskan maksud kedua. Titik temu inilah yang menjadikan produk menembus target sehingga omset bisa melejit.

Related Article : 4 Hal Sebenarnya yang Diinginkan Pelanggan

3. Hubungan Baik dengan Mitra Bisnis

Selain memegang peranan penting terkait pelanggan, sales juga dituntut untuk menjalin hubungan baik dengan pihak lain. Mitra bisnis dibutuhkan guna membantu memperpanjang rantai penjualan. Kerjasama yang saling menguntungkan tersebut dibina agar produk yang terjual semakin banyak karena blok area kian meluas.

Partner yang dimaksud bisa berupa pengecer atau lembaga keuangan. Drop produk ke pedagang kecil dan buat kesepakatan bagi hasil. Jumlah mitra semacam ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk keluaran perusahaan Anda. Lembaga keuangan hanya bertugas menerima pembayaran, baik dalam bentuk tunai atau kredit. Pilih lembaga yang cabangnya hingga ke pelosok desa agar kalangan yang Anda bidik bertambah jumlahnya.

Exchanging business cards at conference

 

Koordinasi antara mitra dan sales adalah mengkomukasikan apa yang menjadi tujuan utama. Jelas bagi sales yang terpenting yaitu menjual produk sebanyak-banyaknya dengan jangka waktu sesingkat mungkin. Mitra akan menyetujui kontrak yang diajukan bila perolehan laba memberikan kesempatan bisnisnya kian berkembang. Rangkul mitra yang berpotensi dalam peningkatan omset perusahaan.

Related Article : 3 Cara Cepat Menambah Jumlah Pelanggan

Dua lingkup jaringan yang wajib dikuasai oleh sales adalah pangsa pasar dan mitra kerja. Tujuannya hanya satu, yakni memperbanyak pelanggan dalam rangka peningkatan omset perusahaan secara berkesinambungan. Kerjasama yang dibentuk dengan mitra merupakan usaha untuk perluasan jaringan pelanggan. Inovasikan produk perusahaan dengan kreativitas Anda dan tingkatkan pelayanan. Kedua aspek ini ialah cara agar pelanggan merasa puas.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>