.st0{fill:#FFFFFF;}

Strategi Marketing Online Yang Perlu Kamu Terapkan di Berbagai Bidang Usaha 

 January 8, 2021

By  admin

Di masa pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat berdampak pada kelancaran usaha di berbagai bidang. Hal yang perlu selalu dilakukan agar usaha tetap bisa berjalan adalah melakukan pemasaran atau marketing. Marketing dapat selalu dilakukan dengan harapan agar usaha yang dilakukan dapat tetap memperoleh pembeli yang membuat usaha tetap bisa berjalan dengan baik.

Terdapat beragam teknik marketing yang dapat Anda pelajari. Dalam kondisi yang serba cepat berubah, Anda dapat memilih strategi pemasaran yang bersifat dinamis dan dapat digunakan di segala kondisi. Cara marketing online dipilih sebagai sarana yang dapat membantu aktivitas marketing di zaman yang serba digital ini. Anda dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana mempromosikan produk atau jasa usaha Anda. Jenis-jenis pemasaran online sangat beragam. Perlu adanya strategi marketing online yang tepat agar marketing yang dilakukan sesuai dengan produk atau jasa yang dipromosikan dan berjalan efektif. Berikut adalah jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda lakukan:

1. Buat website

cara-marketing-online

Jenis-jenis pemasaran online yang umum dilakukan yaitu dengan membuat website. Website dapat digunakan sebagai pusat informasi mengenai produk atau jasa Anda. Website dipilih sebagai cara marketing online yang cukup efektif karena dapat diakses di perangkat komputer maupun smartphone dengan mudah. Dalam pemanfaatannya, terdapat strategi marketing online yang dapat diterapkan agar membuat website semakin efektif yaitu dengan memperhatikan hal-hal berikut:

a. Gunakan Search Engine Optimization (SEO)

Cara marketing online menggunakan website pasti tidak jauh dengan tools Search Engine Optimization. Agar website Anda selalu ada pada urutan teratas di pencarian dengan keyword tertentu, Anda dapat menggunakan Search Engine Optimization. Tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari informasi mengenai keyword apa saja yang banyak dicari yang berhubungan dengan usaha Anda. Setelah itu Anda dapat mempelajari bagaimana keyword tersebut banyak terdapat pada website Anda sehingga website Anda selalu hadir di posisi teratas di halaman pencarian.

b. Tulis artikel yang bermanfaat

Menulis artikel merupakan salah satu cara marketing online menggunakan website. Menulis artikel tidak hanya bermanfaat untuk mengisi konten pada website saja, Anda juga dapat menggunakan keyword yang sudah Anda tentukan pada artikel untuk menunjang website. Selain itu dengan banyaknya artikel dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat dari produk atau jasa yang Anda miliki. Dengan adanya artikel juga membuat jasa atau produk yang Anda miliki semakin terlihat meyakinkan.

2. Gunakan media sosial 

cara-marketing-online

Cara marketing online yang dapat dilakukan berikutnya adalah selalu aktif di berbagai media sosial. Media sosial di zaman ini semakin menjadi pusat perhatian oleh pengguna internet. Media sosial dapat juga menjadi sarana untuk memperkenalkan produk, memperlihatkan ulasan pembeli, memberi informasi penawaran potongan harga dan pelayanan pembeli. Berbeda media sosial, berbeda juga strategi marketing online yang ditawarkan. Anda dapat mencari informasi mengenai keunggulan jenis-jenis pemasaran online di masing-masing media sosial. Beberapa strategi marketing online yang dapat diterapkan pada media sosial yaitu:

a. Gunakan iklan

Media sosial yang sudah menyediakan platformnya secara gratis, dapat memanfaatkan banyaknya pengguna yang ada untuk dijadikan sebagai target pemasaran. Strategi marketing online pertama yang dapat Anda gunakan yaitu dengan menggunakan jasa iklan pada media sosial. Jasa iklan yang disediakan masing-masing media sosial berbeda target, cara memasarkan dan tentunya harga yang harus Anda bayarkan. Meskipun terkesan sederhana, jasa iklan pada media sosial nyatanya cukup efektif digunakan sebagai cara marketing online kekinian.

b. Adakan give away

Strategi marketing online selanjutnya pada media sosial yaitu Anda dapat mengadakan giveaway. Giveaway adalah memberikan produk atau voucher secara gratis kepada pengguna media sosial dengan ketentuan tertentu. Biasanya giveaway dilakukan untuk meningkatkan daya tarik target pembeli sekaligus memastikan target pembeli untuk selalu terinfo postingan yang Anda kirimkan. 

c. Kerjasama dengan influencer

Cara marketing online lainnya yang dapat Anda lakukan di media sosial yaitu dengan beriklan melalui influencer. Influencer merupakan tokoh tertentu yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Tentunya Anda akan semakin mudah memperoleh target pasar dengan jumlah yang besar dan dapat Anda sesuaikan dengan tipe pembeli. Biasanya influencer memiliki biaya yang beragam tergantung dari banyaknya attention yang dapat dihasilkan.

3. Gunakan email marketing

Jenis-jenis promosi online yang dapat Anda lakukan selanjutnya yaitu gunakan email marketing. Jika Anda telah memiliki pembeli untuk produk atau jasa Anda, ada baiknya Anda juga memiliki kontak email pembeli tersebut. Anda dapat mengirimkan informasi mengenai produk atau jasa baru dari usaha Anda, informasi potongan harga dan promosi-promosi menarik lainnya. Anda dapat memastikan pembeli terupdate dengan informasi terbaru dari usaha Anda. Dengan lebih banyak memberi informasi yang terhubung dengan website ataupun platform jual beli online yang Anda miliki, akan semakin besar kesempatan Anda mendapatkan pelanggan tetap untuk usaha Anda. 

4. Gunakan jasa iklan di website (Pay Per Click)

Jenis-jenis pemasaran online selanjutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah menggunakan jenis iklan Pay Per Click. Jenis iklan ini dapat sangat efektif karena dapat disesuaikan dengan target audiens. Cara kerja dari iklan Pay Per Click ini yaitu saat target audiens yang gemar mencari suatu produk atau jasa tertentu di halaman pencarian akan dimunculkan iklan produk yang sesuai. Jadi target audiens yang akan mendapat iklan produk atau jasa Anda adalah target audiens yang sangat sesuai. Dengan menggunakan strategi marketing online ini Anda juga harga yang dibayarkan akan lebih efisien karena Anda hanya harus membayar sejumlah klik dari target audiens.

5. Tulis blog

Jenis-jenis pemasaran online lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menulis di akun blog. Hal yang dapat ditulis dapat berupa deskripsi produk atau jasa, pengalaman menggunakan produk atau jasa, atau saran-saran yang berkenaan dengan produk atau jasa Anda. Anda dapat gunakan juga keyword yang sesuai untuk menunjang blog yang Anda tulis. Dengan menggunakan blog juga dapat membuat Anda lebih banyak terhubung dengan audiens yang berpotensi menjadi target pelanggan.

6. Diskusi online dengan pakar bisnis

Cara marketing online yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan mencari pakar bisnis yang dapat Anda jadikan sebagai pelatih. Dengan memiliki pelatih bisnis, akan membuat Anda mengerti jenis-jenis pemasaran online yang cocok untuk usaha Anda. Anda juga akan mendapatkan saran-saran yang cocok untuk memajukan usaha Anda.

Selain jenis-jenis pemasaran online di atas, masih banyak jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda temukan dan pelajari. Agar Anda dapat mengetahui cara marketing online yang efektif lainnya, master coach Tom MC Ifle memiliki beragam webinar, free course dan premium course yang dapat Anda ikuti. Anda dapat berkonsultasi dan mengikuti pelatihan untuk membantu menemukan jenis-jenis pemasaran online, memilih cara marketing online yang tepat dan mempertajam strategi marketing online. Anda akan mendapatkan cara marketing online yang efektif, durasi pelatihan yang cukup serta workbook sebagai panduan yang dapat Anda pelajari kembali. Coach Tom MC Ifle merupakan coach berpengalaman yang memiliki banyak prestasi, salah satunya adalah pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar di Premium Course coach Tom MC Ifle untuk dapat mengetahui strategi marketing online yang efektif untuk usaha Anda!

admin


Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

>