.st0{fill:#FFFFFF;}

Strategi Membuat Konten Instagram Reels yang Oke 

 October 6, 2021

By  Coach Tom

Fitur reels di Instagram saat ini sedang jadi hype baru. Semua berbagi konten lewat reels yang memang terasa lebih appealing dan entertaining berkat format videonya yang singkat namun dikemas lebih apik dengan tambahan musik dan filter yang variatif. Ini alasannya reels bisa menjadi cara efektif untuk meraih banyak followers dan engagement rate yang bagus. 

Lantas bagaimana caranya agar reels Anda stand-out? Ini hacks-nya!

Buat Konten yang Relevan

Cara Membuat Inxstagram Reel 1

Bermodalkan niat dan sedikit riset, Anda mesti tahu apa yang akan Anda “sajikan” di reels Anda. Buat konten yang relevan dan relate dengan followers Anda sehingga mereka bisa terus menikmati dan menanti konten Anda. Dengan konten yang oke, Anda bisa menjangkau impression yang tinggi.

Tambahkan Subtitle di Konten Video

Kini banyak orang menonton konten video tanpa suara. Ini jadi alasan kenapa Anda perlu menambahkan subtitle di reels Anda. Cara ini bisa menjangkau lebih banyak audiens, lho. Secara manual, Anda bisa ketik langsung teksnya di layar melalui create mode. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembuat caption otomatis di video. 

Buat Caption yang Singkat Tapi Catchy

Cara Membuat Inxstagram Reel 1

Caption panjang cukup Anda gunakan di feed saja. Khusus untuk reels, Anda sebaiknya menulis caption singkat, hanya saja dibuat lebih mengena. Usahakan buat tak lebih dari 55 karakter agar bisa dibaca langsung oleh audiens tanpa meng-klik “…more”.. 

Share Reels ke Feed 

Cara Membuat Inxstagram Reel 1

Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan view dan bahkan meningkatkan kemungkinan untuk jadi viral. Jika Anda khawatir postingan reels ini merusak estetika grid feed Anda, gunakan cover image yang senada dengan keseluruhan tampilan feed Anda.  

Optimalkan Penempatan Teks di Layar

Entah berbentuk subtitle, caption, atau teks lainnya, penempatan tulisan di layar adalah hal penting. Jika audiens Anda tidak bisa baca tulisannya dengan mudah, mereka akan melewatkan konten Anda begitu saja. Sayang sekali. Jadi, pastikan teksnya diatur dalam dimensi 4:5 agar lebih mudah dibaca. 

Konsisten Dengan Niche

Niche penting untuk menentukan positioning Anda. Tentukan niche yang tepat, dan sesuaikan konten reels yang Anda buat dengan niche Anda. Contoh, jika Anda berprofesi sebagai entrepreneur, Anda bisa bagikan tips tentang bisnis. Atau jika Anda adalah seorang barista, buat konten reels tentang proses coffee roasting.

Share Juga ke Instagram Story

Jangan lupa share reels Anda ke Instagram story. Ini akan berdampak pada reach dan impression dari reels bahkan akun Instagram Anda. Semakin banyak dilihat, semakin bagus engagement-nya. 

Demikian hacks membuat konten untuk reels Anda. Tidak susah dilakukan, hanya butuh sedikit ketekunan dan kreativitas. Yes, membuat reels Instagram adalah salah satu trik terbaik untuk meningkatkan followers Anda. Dengan tips di atas, Anda  bisa membangun brand dan menjangkau banyak audiens. Selamat mencoba! Jika Anda ingin mengetahui banyak hal mengenai digitalisasi, Anda bisa mengikuti pelatihan transformasi digital disini!

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Branding : Personal, Coorporate , Product Branding. Mana Yang Lebih Penting?
17 Pelajaran Berharga bagi Pengusaha Memulai Bisnis
Pentingnya Loyalitas Karyawan hingga Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan
Apa Itu Blue Print & Cara Membuat Blue Print Perusahaan