Strategi Pintar Sales Motor Memaksimalkan Penjualan

Dewasa ini hampir sebagian besar orang memiliki motor. Transportasi darat yang satu ini dulunya merupakan kebutuhan tersier. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini sebagian besar orang menganggap bahwa motor adalah kebutuhan primer. Anggapan seperti inilah yang akhirnya akan memunculkan keinginan untuk memiliki motor. Meningkatnya jumlah keinginan motor dari masyarakat, menyebabkan meningkatnya jumlah sales motor.

Tidak hanya jumlah produksi maupun disrtribusi motor yang harus ditambah, jumlah tenaga penjualan pun juga ikut mengalami penambahan. Banyak perusahaan bersaing ketat untuk memaksimalkan penjualan, ini dilakukan agar keuntungan dapat dicapai. Keuntungan ini dapat diperoleh jika Anda memiliki strategi khusus dalam penjualan. Strategi inilah yang nantinya akan mempengaruhi berhasil tidaknya penjualan.

Related Article : Rahasia Cara Jualan dalam Waktu Singkat

Adapun strategi yang diambil antara lain, pertama sales person harus mengerti setiap hal tentang jenis motor yang akan ditawarkan. Sebagai sales person harus tahu tentang kelemahan dan kekuatan jenis motor yang ditawarkan, agar nantinya dapat menjawab pertanyaan konsumen. Seorang yang bertugas dalam penjualan juga harus mampu menjelaskan keunggulan motor yang ditawarkan, dibandingkan dengan merk lain.

2a

Percaya diri juga harus dimiliki tenaga penjualan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda yakin jika motor yang Anda tawarkan memang layak untuk dijual. Sikap tersebut pada akhirnya juga akan berpengaruh pada proses penjualan. Konsumen akan merasa terkesan dan akhirnya yakin untuk membeli motor tersebut. Sales person juga harus pandai merayu, ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan konsumen.

Strategi sales motor juga dapat dilakukan dengan meyakinkan kepada konsumen bahwa motor yang ditawarkan ini produk terbaik. Jika perlu, lakukan juga promo harga, sehingga konsumen merasa bahwa mereka dapat membeli produk terbaik dengan harga rendah. Langkah ini juga dapat mendatangkan pelanggan, karena mereka yakin terhadap motor yang ditawarkan.

Related Article : Langkah Sukses Sales Mobil untuk Mengejar Target

Memaksimalkan penjualan juga dapat dilakukan dengan rajin melakukan promosi. Hal ini dapat dilakukan melalui media sosial, pengadaan pameran, atau datang langsung ke lingkungan masyarakat misalnya pasar atau pusat perbelanjaan lainnya yang memungkinkan dilakukan penawaran. Media sosial dipilih sebagai salah satu sarana untuk promosi karena sebagian besar orang telah mengenal media ini, sehingga akan memungkinkan untuk orang melihat iklan promosi penjualan motor melalui media ini.

Promosi yang dilakukan di pusat perbelanjaan, kemungkinan besar akan menarik banyak konsumen. Pusat perbelanjaan ini merupakan tempat banyaknya orang berlalu lalang. Sehingga diharapkan akan ada banyak konsumen yang melihat adanya promosi ini. Kemudian akan memunculkan ketertarikan konsumen terhadap produk motor yang ditawarkan.

Sales motor juga dapat dimaksimalkan dengan memperbaiki kerja tenaga penjualannya. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan pelatihan. Tenaga penjualan dilatih sedemikian rupa, diberikan bekal mengenai cara penjualan yang baik. Penjualan yang lebih mengutamakan pelayanan konsumen, akan lebih banyak menarik konsumen untuk datang.

Tenaga penjualan juga sebaiknya diberikan pengetahuan mendalam mengenai motor yang akan ditawarkan. Jika dari pihak penjualan saja tidak mengerti mengenai jenis motor, manfaat, kekuatan, dan kelemahan motor tersebut, bagaimana mungkin akan meyakinkan konsumen. Ini merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki seorang tenaga penjualan, agar dapat menjawab pertanyaan dari konsumen.

Related Article : Strategi Raih Pelanggan dengan Sales Call

Manajemen penjualan juga perlu diperhatikan. Kadang kala perlu diadakan pemberian penghargaan bagi karyawan. Ini dilakukan agar karyawan merasa dihargai, sehingga muncul keinginan untuk bekerja sebaik-baiknya. Tim penjualan pun sebaiknya dibentuk sebaik mungkin. Ini dilakukan agar ada kerja sama di dalam sebuah tim, sehingga pekerjaan akan terasa ringan, dan diharapkan proses penjualan juga meningkat.

Hal terpenting untuk memaksimalkan sales motor adalah berfokus pada konsumen. Pelayanan terhadap konsumen sangat perlu diperhatikan, mengingat konsumen merupakan tujuan akhir penjualan produk. Pelayanan yang baik ini akan memunculkan adanya pelanggan. Konsumen menjadi simpatik jika pelayanannya memuaskan. Jika tenaga penjualan memberikan pelayanan yang baik akan mampu meyakinkan konsumen untuk lebih memilih membeli motor di tempat tersebut, bukan di tempat lain.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>