Teamwork Sukses sebagai Kunci Kesuksesan Bisnis

Ada kunci dalam suatu teamwork yang memegang peranan yang sangat vital supaya menjadi teamwork sukses di dalam proses keterkaitan dan keterikatan setiap anggotanya. Tanpa kerja sama yang benar dari semua anggota, sangat mustahil organisasi akan menjadi langgeng dan mencapai sukses. Berikut beberapa kunci sukses dalam suatu teamwork, antara lain :

Komitmen Penuh

Komitmen merupakan suatu tekad yang kuat untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi. Komitmen dapat dijadikan sebagai pembuka untuk awal dari kerja sama, sekaligus sebuah penutup untuk mencapai tujuan. Dengan komitmen yang penuh, semua anggota akan berupaya dalam memberikan kontribusi yang terbaik dan sekuat tenaga demi mewujudkan kejayaan bersama.

Empati dan Mendengarkan

Kemampuan dalam bersikap empati terhadap anggota yang lain dan mendengarkan semua pendapat merupakan awal dari komunikasi yang benar. Seorang pemimpin dapat memberikan pelatihan sebagai bagian dari empati kepada para tim kerjanya supaya terbentuk rasa diberdayakan dan juga dipedulikan sebagai bagian integral dari sebuah kerja sama.

Mengelola Kesukaran

Mengelola kesukaran perlu untuk melibatkan peran aktif dari semua anggota. Tantangan dan kesukaran terbesar yaitu mengelola kerja sama di dalam sebuah organisasi dan secara bersamaan mendorong untuk setiap anggota bersaing secara fair dan terbuka serta memberikan yang terbaik kepada organisasi.

Sikap Hormat

Menciptakan sikap saling hormat terhadap sesama anggota dalam sebuah organisasi akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling peduli sehingga akan menciptakan teamwork sukses. Sikap hormat yang dilakukan diluar organisasi akan menciptakan apresiasi dari masyarakat dan akan menumbuhkan penghargaan bahwa organisasi tersebut memiliki anggota yang bernilai untuk orang lain.

Berdoa untuk Memberikan Kekuatan

Banyak orang percaya bahwa kesuksesan bukan hanya berasal dari hasil kemampuan dan kerja keras saja. Tetapi juga dengan doa kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kekuatan di dalam perjuangan yang telah dihadapi. Anda dapat membiasakannya dengan berdoa sebelum bekerja, supaya semua anggota berdoa memohon kekuatan Tuhan untuk dapat membantu dalam mengatasi persoalan dan hambatan yang menghadang proses kerja sama.

Membuang Rasa Ego

Membuang rasa ego pribadi bukan hal yang mudah. Banyak orang merasa bahwa dirinya yang paling benar, hebat, dibutuhkan, dan paling berperan. Suatu organisasi yang sehat berisikan anggota yang mampu untuk membuang rasa ego demi menjaga kebaikan bersama. Membuang rasa ego dapat dipraktekkan dengan cara membuang gengsi dan sikap yang tidak mau kalah.

Itulah benerapa kunci keberhasilan sebuah teamwork sukses yang lebih ditentukan oleh sinergi dari semua anggota termasuk pimpinan didalam organisasi. Kunci sebuah sukses terletak pada kemampuan dan daya guna setiap orang dalam memberikan nilai tambah dan manfaat untuk kemajuan dan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan bersama.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>