Belajar Internet Marketing Gratis

Teknik Belajar Internet Marketing Gratis Bagi Pemula

Belajar internet marketing gratis – Kemajuan teknologi seperti sekarang ini semakin canggih. Adapun salah satu media yang paling sering dan banyak digunakan ialah internet. Kehadiran internet ini memang amat membantu. Bentuk penggunaan internet yang kerap kita jumpai ialah internet marketing.

Bagi Anda yang sering bergulat di dunia bisnis, tentu tak asing lagi dengan istilah IM (Internet Marketing). Sementara bagi yang masih awam, sebaiknya jangan khawatir sebab salah satu keunggulan internet marketing ialah bisa belajar internet marketing secara gratis bagi pemula.

Di samping tak membutuhkan biaya, mempelajari internet marketing juga mudah sekali untuk dilakukan.Praktek IM (Internet Marketing) dalam tahap awal mudah sekali dilakukan.

Di samping itu, dengan terkenalnya internet marketing, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah lewat berbagai media, baik internet maupun lewat buku-buku.

Belajar Internet Marketing Gratis Bagi Pemula

Belajar IM gratis bagi pemula, selain lebih mudah dilakukan tetapi juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Pada dasarnya internet marketing merupakan salah satu metode pengembangan marketing atau pemasaran terbaru dengan memanfaatkan teknologi internet.Ada beberapa kelebihan proses marketing dengan menggunakan internet.

Kelebihan tersebut diantaranya yang pertama, IM (Internet Marketing) tak memerlukan modal yang banyak, yang hanya berbekal perangkat komunikasi untuk mengakses internet, baik menggunakan smartphone ataupun laptop.Kedua ialah jangkauannya sangat luas, dllihat dari segi wilayah dan jumlahnya, internet mempunyai jangkauan lebih cepat, ditambah dengan kecepatan teknologi internet seperti sekarang ini.

Manfaat berikutnya ialah biaya promosi lebih murrah. Tiap produk pasti mempertimbangkan anggaran atau biaya untuk promosi. Budget tersebut bisa berkurang dengan memanfaatkan media internet marketing.

Diantaranya berbagai penjelasan tentang internet marketing, tutorial belajar internet marketing gratis bagi pemula sangat berguna. Terlebih lagi, sekarang ini ada banyak jenis aplikasi sosmed yang juga bisa dipergunakan untuk melakukan promosi lewat IM dengan mudah.

Ini Permasalahan yang Sering Dialami Internet Marketers Pemula

Internet marketing merupapkan ilmu yang harus dikuasai para wirausahawan atau marketer jika tak ingin usaha atau bisnis yang dijalankan kandas begitu saja saat ditengah-tengah.

Ketergantungan masyarakat terhadap internet, terutama media sosial, sudah seharusnya dapat membuka peluang usaha baru bagi wirausahawan dalam melebarkan sayapnya untuk meraih pelanggan dengan jangkauan lebih luas.

Selain itu, masalah yang kerap muncul yang sering dialami internet Marketers pemula ialah tidak tahu bagaimana caranya melakukan riset persaingan, bingung untuk menentukan produk, belum menguasai bagaimana teknik promosi yang baik, dan tidak mengerti lokasi atau tempat untuk promosi.

Permasalahan-permasalahan di atas sering dihadapi para pemula yang baru terjun ke dunia IM (Internet Marketing). Mari kita bantu selesaikan semua masalah di atas dengan pertimbangan di bawah ini!

Melakukan Riset Produk

Para Internet Marketers wajib mencoba riset produk terlebih dulu. Riset produk ini meluputi trend produk dan jumlah pencari produk.

Usahakan Anda memilih produk sesuai dengan jumlah peminatnya, dan selain itu yang tidak kalah pentingnya ialah pelajari trend produk tersebut.Untuk meriset produk, Anda dapat memakai tool ampuh dari Google, adapun tools tersebut ialah Google Keyword Planner.

Jika Anda menggunakan tool online tersebut, maka Anda dapat melakukan hal-hal tersebut di atas, mulai dengan mengecek pencarian produk tiap tahun hingga mengamati bagaimana trend produk itu sendiri.

Melakukan Riset Persaingan

Sesudah meriset produk, dan Anda memperoleh produk dengan tepat. Kini waktunya untuk mencari tahu banyaknya persaingan produk tersebut, apakah persaingannya berat, ringan, atau sedang.

Caranya bisa menggunakan Google Search.Caranya ialah buka browser Google.co.id, lalu masukkanCaranya ialah buka browser Google.co.id, lalu masukkan keyword produk Anda tadi ke bagian kolom pencarian kemudian klik search. Lalu tambahkan &start=990 di kolom URL.

Lalu perhatikan gambar yang tersaji dengan jelas, adapun fungsi dari &start=990 tersebut ialah untuk melihat banyaknya jumlah persaingan bisnis yang sebenarnya.Dengan begitu, akan tampak jumlah persaingan berdasarkan keyword produk yang Anda tuju.

Bisa kita asumsikan bahwa jumlah persaingan di bawah 100 bisa dikatakan mudah, sedangkan jumlah persaingan 101-200 dikategorikan sedang, dan di atas 200 bisa dikategorikan susah.

Baca Juga : 5 Marketing Kekinian

Pilih Tempat Promosi

Di dunia IM (Internet Marketing), pemilihan tempat promosi paling tepat adalah sebuah kewajiban, jadi ibaratnya Anda tak mungkin menawarkan sebuah produk berharga miliaran rupiah ke masyarakat menengah ke bawah, yang notebene mempunyai penghasilan kurang dari sepuluh juta tiap bulannya.

Dengan begitu, wajib hukumnya bagi internet marketers untuk mengetahui dimana harus promosi. Selain itu, bagi Anda yang kebingungan mencari tempat yang baik untuk berpromosi, bisa menggunakan situs-situs media sosial seperti facebook, Google+, twitter, Youtube, dan lain sebagainya.

Teknik Marketing

Selain berpromosi di tempatnya, teknik pemasaran yang tepat pun wajib diketahui. Hal ini penting sekali supaya peluang untuk melakukan closingpun menjadi lebih besar. Ada 3 teknik Internet Marketing yang bisa ditiru, meliputi tahap Opening, Clossing, kemudian After Sales·         

  • Opening. Sebelum menuju tahap opening ini, sebaiknya ketahui produk yang dijual terlebih dulu, atau di dunia marketing sendiri biasanya disebut dengan nama product knowledge.·         
  • Closing. Ketika melakukan closing, sebaiknya jangan menanyakan pertanyaan yang sifatnya mengambang, misalnya pertanyaan seperti ini : “Jadi mau beli produk ini atau tidak?”Gantilah, pertanyaannya menjadi : “jadi mau pilih produk X atau produk Y mba? Penawaran ini terbatas.Pada intinya, buat para calon pembeli agar secepatnya memutuskan, dna justru jangan membuat mereka lebih lama menunda.·         
  • After Sales. Tak sedikit marketers yang menganggap jika tugas mereka ialah menjual produk saja, sesudah itu selesailah urusannya. Padahal di dunia marketing, ada istilah pelayanan purna jual atau after sales. Dengan kata lain, tetap berikan pelayanan kepada pelanggan Anda, sehingga mereka pun bisa melakukan order kembali.

Dalam belajar internet marketing gratis juga dikenal teknik promosi bernama CrossSelling, yang artinya ialah teknik untuk mempromosikan produk lainnya sebagai produk yang masih berkaitan dengan produk sebelumnya. Dalam hal ini sering dipakai para pembeli atau internet marketer saat menjual dua barang lewat 1 penjualan.

Salam pencerahan.

Sumber : http://www.seoterpadu.com/2014/10/belajar-internet-marketing-dasar-gratis.html

About the Author Rahmansyah

Master Coach #1 di Indonesia adalah julukan yang selalu dikatakan oleh klien-klien beliau. Bagi master coach ini, hidup ini adalah sebuah permainan yang melibatkan strategi, perenungan, harmonisasi, dan tentunya jadwal yang sudah pasti ketat. Memainkan hidup dengan serius, membuat kita lebih mencintai dan menghargai apa yang ada didepan mata. Kegagalan disyukuri, tidak membuat kita patah arang. Kemenangan disyukuri tanpa membuat kita sombong.

  • Muhammad Munandar says:

    Terima kasih banyak gan, artikelnya bermanfaat sekali, kenalkan, saya Muhammad Munandar 1822520025 dari Atma Luhur.
    Jangan lupa Kunjungi website saya https://www.atmaluhur.ac.id

  • >