Tips Membuka Lowongan Kerja Sales untuk Meningkatkan Penjualan

Pasang surut di dalam dunia bisnis merupakan hal yang sering terjadi. Terkadang produk terjual keras di masyarakat. Sebaliknya, ketika sedang gencar-gencarnya meningkatkan produksi justru minat pelanggan lesu. Kondisi semacam ini harus segera diatasi agar keberlangsungan sistem berjalan normal.

Tenaga kerja pemasar tambahan wajib Anda cari secepatnya. Terjun langsung ke lapangan dan menyebar pasukan dalam jumlah banyak efektif meningkatkan penjualan. Bukalah Lowongan Kerja Sales dan dapatkan pekerja yang kompeten dibidang tersebut. Ikuti 3 tips berikut guna mendapat sales profesional dengan waktu yang singkat.

Related Article : Membuka Lowongan Sales untuk Perkembangan Bisnis

1. Strategi Penyampaian Lowongan

Banyaknya sumber daya manusia di Indonesia memudahkan pebisnis untuk mencari tenaga baru. Strategi penyampaian informasi lowongan harus terkonsep agar tepat sasaran. Anda bisa memulai dengan 2 cara yang paling sederhana, yakni menyebarkan selebaran dan menggunggah iklan melalui dunia maya. Kelebihan kedua cara tersebut ialah hemat waktu, tenaga dan biaya. Sedangkan kelemahannya yakni tingkat kepercayaan masyarakat cenderung rendah karena terkesan tidak resmi.

bursa-kerja-di-kampus

Buka Lowongan Kerja Sales pada stand di acara jobstreet yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Pencari kerja aktif dalam mengikuti acara ini. Banyaknya perusahaan lain yang ikut meramaikan acara tersebut menjadi pesaing Anda. Umumnya pelamar tidak hanya menyerahkan berkas di satu perusahaan karena prinsipnya, siapa cepat dia dapat.

Respon dengan cepat pelamar yang memiliki kriteria sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Wawancara singkat dapat membantu mempercepat proses. Umumkan segera nama-nama pelamar yang lolos tahap wawancara awal. Selanjutnya, atur janji tatap muka di kantor guna tahap seleksi berikutnya. Sales profesional terlihat dari penampilan menarik, komunikatif, percaya diri dan interaktif.

Related Article : Tips Memilih Lowongan Marketing yang Menguntungkan

2. Paparan Hak dan Kewajiban

Informasi pertama yang diperhatikan para pencari kerja ialah poin yang menggambarkan tentang hak dan kewajiban. Ini merupakan tolak ukur antara kemampuan dan tugas yang akan diemban nantinya. Latar belakang pendidikan dan pengalaman juga menjadi pedoman. Pelamar yang selektif pasti akan memasukan lamaran hanya di perusahaan yang diminati dan sesuai bidangnya.

hak-dan-kewajiban

Kelegalan ijin perusahaan wajib disertakan karena banyaknya penipuan yang berkedok Lowongan Kerja Sales dengan iming-iming gaji besar. Masyarakat akan lebih waspada terhadap oknum-oknum semacam ini. Jelaskan secara singkat mengenai jenjang status pekerja pada awal bergabung di perusahaan. Progres karir bisa melesat bila sales menunjukkan prestasi, yakni mencapai target sebelum waktu jatuh tempo.

Related Article : Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Sales Marketing

3. Rangkaian Tes Seleksi

Wawancara singkat merupakan langkah awal menjaring tenaga profesional pada acara jobstreet. Jumlahnya yang sangat banyak tentu tidak dapat langsung Anda sebar ke lapangan sebagai tenaga pemasar. Butuh penyaringan ulang untuk menentukan tenaga terbaik. Hal ini menyangkut nasib perusahaan, peningkatan penjualan tertumpu pada sales baru tersebut.

  • Tes Tertulis

Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pelamar mengenal dunia marketing. Isi dari materi tes menyangkut apa saja yang berhubungan dengan strategi peningkatan pemasaran produk. Selipkan satu kasus nyata di lapangan dan mintalah jawaban yang menjelaskan cara penyelesaiannya.

Dua hal yang membuat pelamar lolos dalam tes ini, yakni latar belakang pendidikan dan bakat. Ilmu pengetahuan terkait marketing yang banyak didapat di bangku kuliah. Terjun langsung pun pernah dipraktekkan dalam rangka penelitian atau PKL.

Bakat ialah kemampuan alami yang dimiliki seseorang tanpa harus mengenyam pendidikan terlebih dahulu. Terbentuknya bakat berasal dari pola hidup atau pengalaman di masa lampau. Seseorang yang berbakat dan berilmu inilah yang akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

lowongan-pekerjaan

  • Penerimaan Sales Baru

Penutupan Lowongan Kerja Sales ditandai dengan diterimanya pekerja berdasarkan hasil per tahapan seleksi. Sistem gugur memperkecil pelamar disetiap tahapan. Setelah lolos tes tertulis, maka seleksi lanjutan berupa simulasi, presentasi dan wawancara tahap akhir.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>