TRIK MEMBUAT SUASANA KERJA LEBIH NYAMAN

Bagi seorang karyawan, kenyamanan kerja sangatlah penting untuk mengurangi tingkat tekanan dalam bekerja, seperti revisi yang menumpuk, deadline yang tiada habisnya dan kunjungan atasan ke kubikel. Jika Anda memiliki suasana yang nyaman, Anda akan lebih produktif lagi dalam bekerja atau menjalankan bisnis. Berikut ini trik membuat suasana kerja Anda lebih nyaman.

  1. Lakukan sosialisasi

Jika Anda bekerja, Anda perlu menyadari bahwa lingkungan kerja Anda tidak hanya terbatas pada ruangan atau kubikel milik Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah sosialisasi dengan karyawan yang berasal dari divisi lain. Jangan membatasi diri Anda hanya dalam kubikel Anda sendiri.

Jika perlu, saat istirahat berkunjunglah ke divisi lain untuk sekedar ngobrol santai. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman dengan siapapun.

  1. Lelucon ringan

suasana kerja

Untuk meredakan tekanan dan tegangan saat bekerja, cobalah untuk menceritakan lelucon ringan kepada orang lain yang Anda temui. Namun, Anda jangan takut untuk ditertawakan, sebab memang itulah tujuan dari lelucon Anda yaitu untuk mencairkan suasana. Dengan demikian, Anda dan orang-orang yang bekerja di sekitar Anda bisa merasa nyaman dalam bekerja.

 

Related Article : Rahasia Hindari Rasa Jenuh dalam Berbisnis

  1. Bantulah jangan menunggu untuk dibantu

Jika salah seorang rekan kerja Anda mengalami kesulitan saat mengerjakan pekerjaannya, berusahalah untuk memberikan bantuan padanya. Walaupun bantuan Anda tidaklah seberapa, setidaknya Anda bisa meringankan bebannya. Jika suatu saat Anda mengalami kesulitan yang sama, maka percayalah, orang tersebut juga akan meringankan beban pekerjaan Anda. Cobalah untuk saling bekerja sama dan saling membantu dengan rekan kerja lain.

  1. Ucapkan terimakasih

Jika ada rekan kerja Anda yang memberikan bantuannya kepada Anda, berterima kasihlah pada mereka. Jika atasan Anda memberikan tugas dan tanggung jawab, maka berterima kasihlah. Dengan demikian, Anda akan membangun rasa simpati antara Anda dan atasan Anda dan dengan rekan kerja Anda. Tersenyumlah dan berterima kasihlah kepada mereka yang membantu Anda dan kepada atasan yang memberikan Anda pekerjaan.

  1. Mendengarkan dan berbagi musik

Ketika waktu istirahat tiba, dengarkanlah lagu-lagu kesukaan Anda dan perdengarkan juga rekan kerja Anda. Dengan demikian, Anda dan rekan kerja Anda akan menjadi lebih rileks dan tidak tertekan dalam bekerja.

Related Article : Rahasia Memaksimalkan Waktu Anda Saat Ini

  1. Rencanakan waktu kumpul bersama

Rencanakan waktu kumpul bersama dengan rekan kerja atau dengan atasan. Dengan demikian, Anda bisa menjalin keakraban dengan mereka dan bisa juga untuk melepas rasa jenuh dalam bekerja.

  1. Atur meja kerja Anda dengan cara yang menarik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengatur meja kerja agar tampak lebih nyaman adalah dengan mengatur tumpukan berkas-berkas yang Anda di meja Anda dengan cara yang stylish. Setelah itu bersihkan meja Anda dan singkirkan kertas-kertas yang sudah tidak digunakan.

suasana.kerja

Cara kedua agar meja kerja Anda menjadi tempat yang nyaman adalah pasanglah foto orang yang penting dalam hidup Anda, misalnya foto orang tua, foto istri atau suami, foto anak, atau foto keluarga besar Anda. Dengan demikian, Anda akan merasa sangat termotivasi untuk bekerja setiap kali Anda memandang foto tersebut.

Ketiga, tempellah beberapa kutipan motivasi dengan menggunakan sticky notes pada salah satu sudut dinding kubikel Anda. Dengan demikian, Anda akan selalu merasa termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan juga Anda akan menghargai apa yang telah Anda lakukan.

Selanjutnya, tulislah sebuat achievement yang ingin Anda capai kemudian tempellah pada dinding kubikel Anda. Setiap Anda melihat tulisan itu, maka semangat Anda akan bangkit untuk meraih prestasi tersebut. Anda akan merasa sangat nyaman dalam bekerja dan terhindar dari patah semangat.

Sekuat apapun ingatan Anda, terkadang ada hal-hal kecil tapi penting yang Anda lupakan. Oleh sebab itu, membuat memo dan menempelkannya pada dinding kubikel merupakan pilihan yang tepat. Memo yang  Anda buat dengan menggunakan kertas putih saja akan membuat Anda tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat memo dengan menggunakan kertas warna-warni, dan tambahan gambar lucu. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman berada dan bekerja di dalam kubikel Anda.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>