.st0{fill:#FFFFFF;}

Uang Menghilang dari Muka Bumi, Apa Jadinya? 

 October 7, 2021

By  Coach Tom

Pernah terbayang seandainya nggak ada uang lagi di sekitar kita? Sementara uang selama ini telah memegang peranan penting dalam kehidupan, yaitu sebagai alat tukar demi memenuhi segala kebutuhan. Bahkan, uang pun jadi indikator kesuksesan, kekuasaan, dan kesejahteraan seseorang. Bagaimana jika uang benar-benar menghilang dari muka bumi? Berikut beberapa kemungkinan yang akan terjadi

Kembali ke Era Barter

Saat uang menghilang dari peradaban, maka kemungkinan besar segala macam aktivitas transaksi akan kembali lagi seperti zaman dahulu, yaitu sistem barter. Namun, penerapan sistem ini membuat kita tidak pernah tahu berapa sebenarnya nilai jual dari barang yang kita miliki. Sanggupkah Anda kembali ke era seperti ini? 

Tak Ada Korupsi dan Kriminalitas Bermotif Uang

Tak ada uang, mungkin tak ada lagi korupsi ataupun eksploitasi manusia. Orang tidak akan lagi menjunjung tinggi kekayaan berlimpah. Tidak ada lagi prinsip money-oriented yang kerap membutakan seseorang.  Hmmm… ini mungkin jadi salah satu dampak positif ya dari ketiadaan uang. 

Tak Ada Istilah Materialistis

Tak dapat dipungkiri bahwa uang bisa mengubah gaya hidup seseorang jadi materialistis. Segala sesuatu membuat mindset-nya berkata bahwa uang adalah tolak ukur yang sah. Ini jelas bukan mental yang bagus karena apapun yang dilakukan berorientasi pada uang.

No Online Shopping

Tanpa uang, belanja akan kembali ke sistem barter, seperti yang sudah dijelaskan tadi. Dengan berlakunya lagi sistem barter, maka transaksi mesti dilakukan face to face alias langsung. Demikian ini yang membuat online shopping jadi nggak mungkin ada.

Bisnis Terbatas

‘Menghilangnya’ uang berarti menghilang juga beberapa jenis bisnis, salah satunya yang berbasis digital. Tanpa alat tukar yang jelas, bisnis digital-based mustahil dilakukan.

Sebetulnya susah sekali dibayangkan saat kita hidup tanpa uang di sekitar kita. Dampak positifnya mungkin berupa pengurangan angka kriminalitas yang signifikan. Tapi di sisi lain, aktivitas bisnis akan drop total. Dalam konteks ekonomi, ini bisa dikatakan sebuah kemunduran yang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana menurut Anda?

Baca juga : Mengapa Analisa Keuangan Sangat Penting

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Uang Menghilang dari Muka Bumi, Apa Jadinya?
Peluang Usaha Milenial di Masa Pandemi
Strategi Membuat Konten Instagram Reels yang Oke
5 Alasan Kenapa Harus Jadi Content Creator