.st0{fill:#FFFFFF;}

10 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi 

 Agustus 5, 2021

By  Coach Tom

Pandemi Covid 19 yang masih berlanjut di Indonesia sampai saat ini, mengharuskan banyak karyawan melakukan work from home guna memutus rantai penyebaran virus. Sedikit banyaknya, tentu aktivitas WFH (work from home) bisa berdampak pada pemotongan gaji karyawan, lebih buruknya lagi sebagian perusahaan harus merumahkan para pegawainya. Karena itulah, tak sedikit orang mencari cara agar tetap produktif di masa pandemi sehingga aktivitas work from home dapat berjalan dengan baik.

Sebenarnya work from home bukanlah pola kerja baru di dunia, karena beberapa perusahaan di negara-negara lain di dunia sudah menerapkan pola kerja ini sebelumnya. Meskipun demikian, tidak semua perusahaan terbiasa untuk menjalankan sistem kerja jarak jauh atau telecommuting tersebut. Terlebih bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Bahkan banyak yang ragu tentang seberapa produktif pegawai yang bekerja saat menjalankan work from home.

Lalu, Bagaimana Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi?

Jangan khawatir, kini Anda bisa tetap produktif di masa pandemi saat WFH berlangsung dengan beberapa trik di bawah ini :

1. Sesuaikan Jam Kantor

Agar aktivitas pekerjaan tetap produktif di masa pandemi, Anda harus tetap bekerja menyesuaikan jam kantor seperti biasanya. Seperti tetap bekerja di jam 08.00 sampai jam 17.00. Tetap bangun pagi seperti biasanya seolah berangkat bekerja seperti hari-hari sebelumnya.

Usahakan mandi dan melakukan aktivitas biasanya. Hal ini dapat membantu otak Anda menstimulasi bahwa Anda tetap bekerja selayaknya pergi ke kantor agar tetap produktif di masa pandemi.

2. Mengatur Ruang Kerja

Saat menjalankan work from home, agar tetap produktif di masa pandemi pastikan Anda mengatur ruang kerja sedemikian rupa. Karena dengan ruang kerja yang nyaman dan tertata rapi, bisa meningkatkan produktivitas seperti halnya saat Anda bekerja di kantor.

Pastikan Anda membuat ruangan yang cukup paparan sinar matahari, dekat dengan sumber listrik dan tak terlalu sempit. Ruang kerja akan mempengaruhi aktivitas yang Anda lakukan selama work from hoem. 

3. Mengatur Jadwal Harian

Hal yang paling sulit saat work from home berlangsung ialah manajemen waktu, karena biasanya saat bekerja di rumah akan sulit membagi waktu antara bekerja dengan urusan personal. Adapun cara paling ideal untuk melakukan management waktu secara efisien ialah dengan membuat daftar jadwal harian tentang apa saja kegiatan yang berlangsung seharian. Hal ini penting agar Anda tetap produktif di masa pandemi.

Silahkan tetapkan prioritas utama Anda dan apa saja pekerjaan yang wajib diselesaikan pada hari itu. Dengan cara produktif di masa pandemi ini dapat mempermudah Anda untuk menemukan alur untuk memulai aktivitas pekerjaan. List tersebut juga dapat membantu Anda tetap produktif di masa pandemi. Terlebih untuk menyingkirkan beberapa hal yang tidak penting yang bisa menurunkan produktivitas agar Anda bisa lebih fokus bekerja selama work from home.

4. Tetap Jaga Komunikasi Bersama Tim

Cara agar tetap produktif di masa pandemi lainnya ialah menentukan ekspektasi maupun peraturan bersama tim agar dapat memastikan pekerjaan telah terselesaikan. Dalam hal ini, Anda bisa meminta bantuan Microsoft Teams maupun software lainnya.

Silahkan atur status aktivitas daring dengan seharusnya, misalnya saja available saat bekerja sedangkan away saat sedang beristirahat. Anda juga bisa mengatur kamera perangkat dan suara sebelum berinteraksi secara virtual. Atur pola notifikasi atau pemberitahuan dengan baik supaya tetap nyaman bekerja selama work from home.

5. Atur Waktu Untuk Beristirahat

Cara tetap produktif di masa pandemi saat work from home lainnya ialah tetap mengatur waktu untuk beristirahat. Saat bekerja secara daring atau dirumah biasanya tak terasa waktu berjalan sangat cepat dibandingkan di kantor. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah biasakan diri terlalu fokus pada pekerjaan tapi lupa beristirahat.

Meskipun Anda harus produktif di masa pandemi, tetap saja harus mengatur waktu untuk beristirahat. Ketika mengatur waktu beristirahat, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk makan, bersosialisasi bersama keluarga, beristirahat sejenak dan mengerjakan hobi atau pekerjaan rumah.

Baca juga : Menghilangkan Rasa Malas Saat Mulai Berbisnis

6. Jangan Keluar Rumah Untuk Mengerjakan Aktivitas Lain

Meskipun bekerja di rumah, tentu bukan berarti bebas bepergian kemana saja. Dengan kata lain, cara agar tetap produktif di masa pandemi ini mengharuskanmu tetap fokus menjalankan pekerjaan seperti biasanya. Hanya saja jika biasanya harus bekerja di kantor, tapi Anda harus bekerja dari rumah. Dengan memastikan untuk selalu produktif di masa pandemi.

7. Jaga Kesehatan Itu Penting

Mengingat penyebaran virus covid 19 yang semakin parah di negara kita, selain tetap produktif di masa pandemi tentu saja Anda harus tetap menjaga kesehatan. Ada beberapa cara untuk tingkatkan produktif di masa pandemi, diantaranya mengonsumsi makanan bergizi tepat waktu, mengkonsumsi air putih serta menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Jika sudah lelah dan sudah tak bisa lagi fokus, Anda bisa berhenti sebentar untuk beristirahat. Anda bisa mengobrol bersama keluarga, bermain bersama hewan peliharaan, berjalan-jalan di depan halaman rumah. Selain itu, agar tetap produktif di masa pandemi lainnya Anda juga harus mengatur waktu berinteraksi bersama teman agar tetap berdiskusi tentang hal lain yang berada di luar pekerjaan.

8. Gunakan Aplikasi Digital

Cara agar produktif di masa pandemi lainnya ialah dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Selain laptop atau perangkat Hp, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Zoom dan Google Hangout untuk meeting virtual bersama rekan kerja atau atasan maupun berkomunikasi bersama klien. Dalam cara tetap produktif di masa pandemi ini, Anda harus tetap memastikan mempunyai koneksi internet yang stabil, tujuannya agar proses meeting secara virtual tidak terganggu akibat jaringannya buruk.

Bagi pemilik usaha, maka Anda bisa mencoba beralih ke teknologi digital dari yang menggunakan cara manual. Anda bisa menggunakan toko yang memanfaatkan sistem penyimpanan cloud. Seperti aplikasi yang dapat memproses semua transaksi dan aktivitas usaha secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda bisa tetap produktif di masa pandemi.

Jika Anda seorang pebisnis ataupun tim manajerial dalam satu perusahaan dan mengalami kesulitan dalam mengatur tim maupun membangun loyalitas karyawan. Saya memiliki courses online yang tepat untuk Anda yaitu kelas “Rahasia Membangun Loyalitas Karyawan”. Klik informasi di link berikut ini, pastikan Anda mendapatkan banyak manfaat untuk mengembangkan tim Anda.

9. Disiplin

Meskipun Anda bekerja dari rumah, tetap saja Anda harus mengikuti jadwal kegiatan yang dilakukan seperti biasanya ketika beraktivitas di kantor. Ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas dan kewajiban Anda saat bekerja. Meskipun terkesan sepele, namun banyak orang yang tidak disiplin menjalankan aktivitasnya di rumah saat WFH.

10. Mengatur Pola Makan Sehat

Pastikan untuk selalu menyediakan makanan dan minuman sehat bagi Anda dan keluarga di rumah. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, bisa membuat imunitas tubuh tetap terjaga bahkan meningkat. Konsumsi buah-buahan dan sayuran dengan tanpa melupakan kandungan lemak, protein, karbohidrat serta mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi multivitamin atau suplemen tubuh.

Dengan 10 cara agar tetap produktif di masa pandemi yang telah disebutkan di atas, dijamin aktivitas pekerjaan Anda dari rumah tetap berjalan dengan baik.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst