4 KEYAKINAN PENGHAMBAT BISNIS

Tiada hari untuk tidak melakukan perbaikan diri dalam bisnis. Jangan sampai membiarkan kesalahan-kesalahan kecil dalam bisnis menghambat goal besar Anda. Bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja dan tiba-tiba sukses. Mereka sukses karena ada hal-hal kecil yang dijalankan secara konsisten.

Jika Anda adalah seorang petani, Anda harus menanam benih, memupuknya setiap hari, memberikan air sedikit demi sedikit. Sehingga ketika dikumpulkan antara investasi waktu dan energi, Anda bisa menikmati hasil panen yang berlimpah. Tetapi untuk melakukan hal kecil ini banyak pebisnis di luar sana mengharapkan yang instan.

Nah, ketika kita mengharapkan sesuatu yang instan, bisa jadi saat kita melakukan sesuatu yang besar, investasi besar-besaran tetapi ternyata kegagalannya bukan disebabkan oleh faktor yang besar. Kegagalannya justru dikarenakan oleh hal-hal kecil, sederhana dan sesuatu yang tidak terpikirkan.

Related Article : 5 Kesalahan Fatal Pengusaha StartUp

Ada satu cerita menarik, ketika pesawat ulang alik berangkat ke bulan kemudian saat sampai di bulan, ternyata mereka menggunakan pena yang tidak anti gravitasi. Pada saat mereka menggunakan pena untuk dituliskan, tintanya keluar dan tidak bisa menempel di atas kertas. Asalkan Anda tahu bahwa mereka menginvestasikan waktu dan uang yang cukup besar untuk menemukan pena yang cocok agar bisa menulis di antariksa.

Lalu kemudian, singkat cerita ada orang Rusia menemukan sebuah penemuan yang luar biasa. Penemuannya apa? Mereka tidak membawa pena tetapi membawa pensil. Nah, bisa jadi kesalahan-kesalahan kecil seperti ini bisa mengakibatkan kegagalan dalam bisnis. Entah karena bisnisnya terhambat atau bahkan bangkrut.

Nah, apa saja hal-hal kecil yang mungkin awalnya bukan sebuah persoalan tetapi ternyata itu adalah permasalahan yang cukup besar.

1. Tidak Yakin Bisnis Bisa Bertahan Lama

Kesalahan pertama saat kita membangun sebuah bisnis adalah tidak yakin. Biasanya secara tidak sadar dalam diri kita sudah membuat pernyataan kecil tetapi efeknya sangat besar dan menghambat bisnis Anda

untuk berkembang. Bisnis saya bisa bertahan nggak ya? Bagaimana kalau akhirnya bisnis saya ditiru orang dan ternyata lebih baik dari yang saya tawarkan sekarang?

Mungkin beberapa orang di luar sana pernah berpikiran sama. Hal pertama yang harus kita ingat bahwa tidak ada masa depan yang bisa kita ramalkan. Bahkan kalau Anda melihat Samsung yang notabennya adalah teknologi yang canggih tidak pernah tahu sampai kapan bisnisnya akan berjalan.

Almarhum Bob sadino sering mengatakan kepada kita bahwa, “Bisnis yang bagus adalah yang dijalankan, bukan yang dipikirkan terus menerus.” So, apabila Anda tidak yakin, jalankan dulu selama Anda sudah memperhitungkan peluang dan strategi bisnis. Tidak akan ada orang sukses yang tahu bagaimana masa depannya tetapi mereka menjalaninya dengan penuh keyakinan.

Itulah kenapa kita harus membuat strategi dan perencanaan yang baik dalam menjalankan bisnis. Kalau Anda masih fokus terhadap rasa takut, justru akan menjadi penghambat bisnis Anda. Ingat, Masalah hasil, biarkan Tuhan yang menentukan. Tugas seorang pebisnis adalah berusaha sekuat tenaga dan merencanakan masa depan bisnisnya.

2. Melakukan Semua Hal Sendirian

Hal kecil yang sering dilakukan lagi adalah melakukan semua hal sendirian. Manajer bekerja sendirian, tim bekerja sendiri-sendiri atau bahkan tidak pernah mau menerima bantuan dari orang lain. Hal ini mungkin terjadi karena Anda terlalu bersemangat, percaya diri, gegabah dan akhirnya melakukan tindakan yang mungkin menurut Anda baik tetapi 100% tidak, apabila dilakukan sendirian.

Related Article : Pentingnya Menggunakan Business Coach untuk Kestabilan Perusahaan

Dalam membangun bisnis atau membuat sebuah produk, Anda tidak akan pernah bisa melakukannya sendirian, walaupun Anda punya keahlian di dalamnya. Ingat, bahwa manusia mempunyai kapabilitas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. So, apa yang bisa Anda lakukan? Anda butuh bantuan orang lain untuk mewujudkan impian bisnis Anda. Hal itu bisa dicapai dengan memiliki partner bisnis, tim yang solid atau Anda bisa menghadirkan seorang coach untuk membantu memecahkan masalah dalam bisnis Anda. Apabila hal kecil ini bisa Anda lakukan, maka sesuatu yang menghambat bisnis Anda akan terselesaikan.

3. Tidak Memperhatikan Kemudahan

Contoh nyata dalam bisnis adalah ketika Anda terlalu fokus terhadap bagaimana Anda bisa sukses, mencapai kekayaan dengan cepat, maka Anda akan gagal untuk memprioritaskan kemudahan untuk customer. Gagal memperhatikan kemudahan untuk karyawan. Pada akhirnya bisnis lagi-lagi terhambat, mengalami deadstock dan gulung tikar.

Apabila Anda mempunyai karyawan yang sukses, baik dan mendukung bisnis Anda atau customer yang tergila-tergila dengan bisnis Anda. Mereka pasti tidak melakukan hal itu tanpa alasan. Bisa jadi ada hal-hal kecil yang Anda lakukan sehingga membuat mereka produktif dan mencintai bisnis Anda.

4. Takut Rugi

Semua orang pasti pernah merasakan takut rugi, bangkrut, gulung tikar dalam menjalankan bisnis. Permasalahannya adalah apabila Anda memelihara perasaan takut tersebut apa yang akan terjadi? Ya, Anda akan merasa tidak nyaman, khawatir, dan akhirnya pada saat menjalankan bisnis Anda terkesan kaku, tertekan, kolot dan tidak happy.

Pertanyaannya adalah apakah bisa bisnis yang dikendalikan oleh rasa takut akan berkembang? Menurut saya pribadi hal ini akan sangat sulit. Apakah Steve Jobs dulu tidak takut rugi ketika ingin memulai membuat Apple? Apakah pengusaha-pengusaha lainnya juga tidak takut rugi? Saya rasa semuanya pernah merasakan rasa takut akan kerugian dan itu adalah hal yang sangat alami.

Saya ingin bertanya kepada Anda, kira-kira apa yang membedakan antara pemenang dan pecundang? Keberanian. Ya, seseorang yang memiliki keberanian untuk memulai, merencanakan, dan kemudian melakukan sesuatu dengan optimis. Inilah seorang pemenang.

Bagaimana pun hasil akhirnya dia tetap adalah seorang pemenang karena dia berani untuk mengambil risiko dan mau untuk segera melakukan sesuatu tindakan, ataupun jika bisnisnya gagal, mereka akan cepat melakukan introspeksi diri.

Jangan biarkan Anda mengabaikan hal-hal kecil, lalu kemudian membuat hal-hal kecil itu menjadi besar dan menjadi Penghambat Bisnis Anda. Bahkan kalau perlu, jangan membiarkan kesakahan-kesalahan kecil terjadi di bisnis Anda. Ingat, jika banyak kesalahan kecil di bisnis Anda ketika dikumpulkan akan menjadi sangat-sangat besar.

Related Article : Faktor yang Akan Menggagalkan Bisnis Anda

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>