5 Cara Memaksimalkan Peluang Bisnis yang Pasti Menguntungkan

Ide bisnis harus dicari agar penerapannya ke realita cepat berlangsung. Pengusaha wajib jeli dalam hal mencari Peluang Bisnis yang menjanjikan. Banyak sektor yang dapat dipilih salah satunya tetapi ingat bahwa tidak semua menguntungkan. Saring satu per satu lini yang menurut Anda prospek jangka pendek dan panjangnya cerah. Paparkan ke suatu dokumen resmi bernama business plan dan rundingkan dengan tim atau investor. Berikut cara menemukan peluang di tengah bidang bisnis yang kian beragam.

Riset pasar

Pasar berhubungan dengan permintaan dan penyediaan produk. Riset dilakukan untuk mengetahui jenis barang atau jasa yang kini sedang dibutuhkan masyarakat. Melejitnya harga dikarenakan tidak seimbangnya antara keperluan konsumen dan stok barang di gudang. Alhasil berapa pun harga jualnya, pembeli tetap berusaha untuk mendapatkannya.

Situasi semacam cocok terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis. Tidak perlu lama dalam proses promosi karena konsumenlah yang nantinya akan agresif mencari produk tersebut. Hindari meniru karya pebisnis lainnya (pesaing) sebab ini termasuk pelanggaran hak cipta. Buatlah modifikasinya yang tentu lebih baik dari keluaran sebelumnya. Strategi tersebut bisa membuat Anda kebanjiran pelanggan pada masa perintisan usaha.

SKB (Studi Kelayakan Bisnis)

Konsultan menawarkan strategi mencari Peluang Bisnis berupa penilaian suatu rancangan usaha atau lebih dikenal dengan Studi Kelayakan Bisnis (SKB). Paparkan rencana bisnis yang hendak Anda lakukan dan mintalah konsultan untuk memberikan masukan perihal prediksi jika diterapkan ke dunia riil. Ilmu dan pengalaman bisnis mampu mempertimbangkan apakah usaha Anda bisa berkembang atau tidak.

Catat opini, baik saran dan kritik terkait rangka bisnis tertulis itu. Pikirkan dan susunlah ulang berdasarkan pendapatnya. Setelah selesai Anda perbaiki, maka usahakan kunjungi kembali konsultan yang sama. Jasa semacam ini merupakan patner kerja yang bisa Anda ajak untuk melangkah sukses bersama perusahaan. Biaya yang Anda keluarkan untuk membayarnya akan sebanding dengan pemasukan atau omset yang melesat.

ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Mungkin sebagian dari Anda lebih memilih untuk berusaha sendiri ketimbang meminta bantuan orang lain, seperti konsultan. Pertimbangan ini berkaitan dengan pengeluaran finansial, masa merintis pasti membutuhkan banyak modal. Tenang, masih ada cara yang hemat dan cepat yakni penerapan sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Pertama-tama yang harus Anda lakukan ialah mengamati Peluang Bisnis yang sedang ramai pembeli. Selanjutnya tiru sebagian ide briliannya dan modifikasilah. Serap sesuatu yang sudah unggul, dalam hal mutu atau hal lainnya. Perbaiki poin yang membuatnya masih belum sesuai keinginan konsumen.

Anda tidak sepenuhnya menjiplak karena produk berbeda dari kompetitor yang lebih dulu ada. Terkait omset, mungkin Anda justru bisa lebih unggul sebab faktor kekurangan pesaing bisa teratasi. Kembangkan kreativitas dan wujudkan pada ciptaan produk baru Anda,  mencari Peluang Bisnis harus gesit. Pebisnis pemula dapat lebih sukses dari seniornya dengan catatan mau dan mampu memperbanyak ilmu serta mempelajari pengalaman bisnis di masa lampau.

Pantau Lingkungan Sekitar

Peluang Bisnis tersedia dimana dan kapan saja bila Anda jeli melihatnya. Bahkan di lingkungan tempat tinggal Anda sekarang ini. Sangat mudah caranya, pantau kebutuhan masyarakat di sekeliling Anda. Wawancara singkat dengan mereka membuat Anda bisa merancang produk yang sesuai.

Poin penting lainnya selain spesifikasi produk ialah masalah harga. Sesuaikan dengan kemampuan finansial mereka. Bila Anda tinggal di perumahan elit maka harga mahal pun tidak menjadi soal. Beda halnya bila lingkungan Anda di perkampungan yang notabene penduduknya kalangan menengah ke bawah. Hadirkan produk yang berkualitas namun harga jualnya ekonomis.

Trend

Trend bisnis merupakan sesuatu produk yang sedang banyak digandrungi orang lain. Penyebabnya terkadang bukan karena kebutuhan tetapi hanya sekedar memuaskan keinginan. Tidak masalah apapun sebabnya, yang penting produk Anda bisa diterima dengan baik. Hati-hati jika Anda masuk saat trend ditingkat puncak kejayaan. Pergantian trend cepat berubah dan Anda wajib mengikutinya.

Trik lain yakni dengan mempertahankan trend atau malah menciptakannya. Buatlah pesaing berbalik mengikuti jejak Anda, kuncinya buanglah rasa takut untuk bereksperimen demi sesuatu yang menakjubkan. Sebenarnya, mencari Peluang Bisnis mudah dilakukan. Lama menimbang untuk memutuskan yang terbaik terkadang menjadi kendala dan menghambat langkah kaki Anda menuju kesuksesan.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>