Kepercayaan Diri Modal Paling Penting dalam Memulai Bisnis

Seseorang yang ingin memulai bisnis harus memiliki karakteristik tertentu. Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu dibutuhkan seseorang yang berjiwa wirausaha. Setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk bisa menjalankan bisnis, namun hal itu tergantung bagaimana cara ia memotivasi dirinya.

Karakteristik yang harus dimiliki oleh orang yang ingin memulai bisnis antara lain, percaya diri, berani menanggung resiko, berjiwa kepemimpinan, kreatif, rajin, jujur, dan berjiwa besar. Artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai sikap percaya diri.

Percaya diri berada di posisi pertama karakter yang harus dimiliki wirausaha. Kepercayaan diri adalah sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pencapaian keinginan dan harapannya. Percaya diri sangat diperlukan oleh setiap orang, begitu pula dalam dunia bisnis.

Percaya diri akan membuat Anda mau melakukan tindakan untuk memperoleh kesuksesan. Kualitas tindakan tergantung pada besarnya kepercayaan diri. Semakin besar rasa percaya diri, semakin bagus pula tindakan yang dihasilkan. Sehingga diharapkan akan menghasilkan kesuksesan bagi bisnis Anda.

Seseorang yang akan memulai bisnis harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri menunjukkan kekuatan pebisnis. Percaya diri yang kuat akan mampu memotivasi untuk lebih maju. Selain itu percaya diri juga akan membantu Anda dalam menghadapi masalah yang terjadi selama proses bisnis berlangsung. Kepercayaan diri seseorang, akan menunjukkan kemandiriannya. Orang yang mandiri, akan mampu membedakan mana yang baik dan yang buruk bagi dirinya sendiri.

Kepercayaan diri dapat terbentuk jika Anda selalu membiasakan menyelesaikan masalah sendiri, tanpa bergantung kepada orang lain. Sifat percaya diri ini, akan membantu pebisnis untuk tidak takut gagal, tidak mudah putus asa, dan akan selalu merasa bahwa dirinya mampu serta tidak ragu-ragu dalam memecahkan masalah. Percaya diri menunjukkan bahwa ia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, kritis, emosinya pun lebih stabil, dan tidak mudah tersinggung.

Setiap orang memiliki kadar kepercayaan diri yang berbeda-beda. Percaya diri perlu diasah untuk memudahkan kita dalam menggapai kesuksesan. Cara mengasah kepercayaan diri adalah sebagai berikut :

Beranikan diri untuk menerima tanggung jawab.

Orang yang percaya diri akan berani menerima segala resiko yang ada. Orang tersebut akan merasa memiliki tanggung jawab penuh terhadap tugas yang diberikan kepadanya. Sehingga ia akan melakukan hal sebaik mungkin, agar tidak menimbulkan resiko buruk bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Selalu berpikir positif terhadap segala hal.

Masalah yang terjadi bukan hambatan bagi Anda untuk terus maju. Jadikan hal tersebut sebagai tantangan untuk mengembangkan potensi. Anda harus yakin bahwa Anda dapat melaluinya. Buang segala pikiran buruk tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Hilangkan segala keresahan Anda.

Keresahan hanya akan menimbulkan kecemasan, rasa takut, dan ragu-ragu dalam bertindak. Tidak perlu mendengarkan pendapat buruk orang mengenai Anda. Hal itu hanya akan menghabiskan energi dan akan menambah keresahan Anda. Gunakan energi yang dimiliki untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan selanjutnya.

Kenali kelebihan Anda.

Setiap orang diciptakan dengan kelebihan yang berbeda-beda. Tidak perlu membanding-bandingkan dengan orang lain. Anda pasti memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Gali terus kelebihan Anda, dan kembangkan potensi yang Anda miliki ini.

Ikuti saran positif dan tolak saran negatif.

Carilah lingkungan yang memberikan energi positif bagi diri kita. Sehingga kita termotivasi untuk maju. Ketika kita berada di sekeliling orang dengan kepercayaan diri tinggi, maka secara tidak langsung rasa percaya diri kita juga akan muncul. Sebaliknya, jika kita berada di lingkungan negatif hanya akan membuat kita berpikir negatif. Sehingga menghalangi kita untuk sukses.

Selalu yakin dengan apa yang Anda lakukan. Yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan itu bermanfaat, baik bagi diri sendiri, maupun orang lain. Tidak perlu peduli dengan pendapat orang-orang yang tidak setuju. Keyakinan itu nantinya akan menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Sebelum bertindak sebaiknya juga dipikirkan dulu untung ruginya, agar tidak menimbulkan resiko buruk bagi diri Anda maupun orang lain.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

  • Ernanto Budi Waskito says:

    Materi bagus Coach! Cuma ada pertanyaan apakah pebisnis Sukses akan selalu percaya diri? Apakah percaya diri bisa “Up” and “down”??

    • caroline michaela says:

      Percaya diri adalah kombinasi antara pengharapan dan latihan. Pengusaha bisa Up and Down tapi tidak pernah mengorbankan percaya diri. Karena didalam rasa percaya diri ada sebuah dorongan untuk mencoba lagi. (By Tom MC Ifle)

  • >