CARA MEMBUAT KARYAWAN SETIA PADA PERUSAHAAN

Profit atau keuntungan memang menjadi sebuah target dari setiap perusahaan. Mendapatkan profit tentunya Anda memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah karyawan.  Menjaga loyalitas karyawan  dan membuat karyawan setia terhadap perusahaan memang bukan perkara yang mudah. Karyawan dengan berbagai karakter terkadang berlaku sesuai keinginannya, misal mengundurkan diri dengan alasan tertentu.

Anda pasti tidak mau kehilangan karyawan dengan loyalitas tinggi di perusahaan. Maka Anda perlu belajar memahami keinginan karyawan. Berikut beberapa tips untuk membuat karyawan setia pada perusahaan Anda.

1. Memberikan hak karyawan

Ketika Anda memperkerjakan seorang karyawan, tentunya ada hak dan kewajiban yang harus disepakati. Memberikan hak seperti gaji tepat waktu, tunjangan kesehatan, kesejahteraan keluarga dan fasilitas kerja akan membuat karyawan betah bekerja dengan Anda.

2. Membuat penilaian kinerja yang efektif

Penilaian kerja yang efektif akan memberikan dorongan kepada karyawan agar lebih semangat bekerja. Anda dapat memberikan penilaian secara efektif dan terbuka agar terjalin kejujuran di kedua belah pihak. Berikan standard penilaian diawal kontrak kerja sehingga penilaian bersifat terbuka dan objektif.

3. Memberi bonus

Beberapa jenis bonus yang bisa Anda berikan kepada karyawan untuk meningkatkan loyalitas adalah bonus akhir tahun, bonus kinerja, dan bonus pembagian keuangan. Hal ini akan membuat karyawan setia karena fasilitas yang diberikan oleh Anda selaku pemilik perusahaan.

4. Mempromosikan karyawan

Cara ini akan efektif membuat karyawan Anda setia dengan perusahaan. Cara ini akan dilakukan perusahaan kepada karyawan special yang memiliki kinerja bagus sehingga sangat dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.  Promosi karyawan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, selain perusahaan akan mendapatkan kinerja terbaik dari karyawannya. Karyawan juga akan mendapatkan tambahan pendapatan.

5. Menetapkan jenjang karier yang jelas

Hal ini bisa Anda lakukan dengan menerapkan jenjang karier yang jelas berdampingan dengan sistem penilaian efektif. Keduanya dapat dikombinasikan sehingga karyawan lebih tahu dan memiliki target untuk bekerja dan bersikap loyalitas terhadap perusahaan.   Penetapan dari jenjang karier dapat dilakukan melalui beberapa aspek sepetri waktu kerja, perilaku, kinerja dan kompetisi jabatan.

6. Memberikan pinjaman lunak

Anda dapat memberikan pinjaman lunak seperti pinjaman untuk uang muka pembelian mobil dan pembangunan rumah. Pinjaman ini dirasa sangat membantu mereka dibandingkan dengan memperoleh pinjaman dari perbankan yang memiliki suku bunga cukup tinggi.

7. Memberi kebebasan kreatifitas

Usahakan untuk tidak membatasi kratifitas karyawan Anda. Kreativitas yang sesuai dengan perusahaan sebaiknya diterapkan dan Anda harus memberikan apresiasi kepada mereka yang memiliki kreativitas baik agar mereka merasa nyaman dan dihargai.

Apabila Anda ingin membuat karyawan setia kepada perusahaan maka perlu memberikan imbalan yang sebanding. Mengingat setiap karyawan membutuhkan hak yang harus didapatkan, hindari bersikap pelit dengan karyawan.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>