Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Terbaik di Bidangnya

Untuk membuat usaha Anda menjadi sukses dapat dilakukan dengan banyak cara, antara lain menjalankannya dengan baik, berusaha keras dan pantang menyerah serta menggunakan strategi yang tepat. Tetapi, ada satu hal lagi yang mungkin dapat berguna untuk bisnis Anda adalah dengan mendapatkan inspirasi usaha dari seorang mentor bisnis.

Seorang mentor tidak hanya dapat mengajarkan tentang berbagai hal mengenai bidang usaha yang akan dijalankan. Tetapi juga dapat menjadi inspirasi usaha serta seorang motivator supaya Anda terus bekerja keras dan pantang menyerah untuk mengembangkan usaha. Tetapi, untuk mendapatkan berbagai manfaat maksimal dari mentor usaha, maka Anda harus memilih mentor yang tepat dan teruji dibidangnya. Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain :

Lingkungan Sekitar

Tidak ada salahnya, apabila Anda melihat di lingkungan sekitar seperti pada keluarga, teman atau bahkan tempat Anda tinggal. Setidaknya, pasti akan ada 1 atau 2 orang yang mempunyai pengalaman yang lebih banyak di dalam bidang usaha. Mereka inilah yang dapat di jadikan mentor usaha dan akan lebih baik, jika mereka juga telah mempunyai pencapaian yang sangat baik dalam usahanya.

Internet

Anda juga dapat mencari mentor bisnis dari internet. Mulai dari situs yang memberikan berbagai hal tentang petunjuk dan informasi usaha sampai pada pelayanan penyedia mentor usaha. Anda juga dapat menggunakan berbagai media sosial khusus pelaku usaha, seperti LinkedIn yang didalamnya telah tergabung banyak pelaku usaha dan dengan banyak pengalaman. Pilih beberapa orang yang mempunyai 15 – 20 tahun pengalaman di dalam bidang usahanya dan dapatkan cara untuk menghubungi mereka. Target Anda adalah menjadikan 2 orang dari 20 orang tersebut untuk menjadi mentor usaha Anda.

Mengikuti Acara dan Seminar Usaha

Sebuah seminar dan berbagai acara di perusahaan juga dapat menjadi tempat terbaik untuk menemukan mentor serta inspirasi usaha yang dibutuhkan. Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan para pelaku usaha yang mempunyai banyak sekali pengalaman. Menghadiri berbagai acara seperti itu juga dapat Anda jadikan untuk membangun jaringan usaha atau bahkan mendapatkan mitra usaha.

Di Universitas atau Suatu Komunitas

Universitas, komunitas pelaku usaha dan perusahaan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan di dalam bidang usaha. Pada tempat-tempat sepert itu juga dapat Anda pilih untuk mencari seorang mentor usaha.

Itulah beberapa cara dalam mendapatkan mentor bisnis yang tepat dan terbaik, dengan mendapatkan mentor maka Anda dapat terbantu pada saat memulai usaha. Sehingga akan lebih mengetahui apa yang Anda perlu untuk dilakukan, serta mendapatkan inspirasi usaha di dalam mengembangkan usaha ke depannya.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>