Cara Meningkatkan Negosiasi Bisnis Secara Mandiri

Dalam sebuah usaha atau bisnis, negosiasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Negosiasi bisnis merupakan pertemuan secara langsung antara dua orang atau lebih untuk menawarkan produk tertentu sekaligus melakukan suatu perjanjian. Perjanjian tersebut tentu saja akan menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam negosiasi bisnis tersebut.

Untuk dapat mengembangkan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan, Anda perlu melakukan tahapan negosiasi. Negosiasi tersebut juga sangat penting bagi perusahaan Anda agar bisa diakui oleh perusahaan lain.

Banyak perusahaan yang melakukan proses negosiasi dengan tujuan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Perusahaan-perusahaan tersebut berharap dari kerjasama yang terjalin akan diperoleh keuntungan bagi masing-masing perusahaan. Selain itu, masing-masing perusahaan akan mendapatkan hak setelah melaksanakan kewajiban yang sudah disepakati bersama.

Seringkali beberapa perusahaan hanya memiliki sedikit pengetahuan mengenai bagaimana caranya melakukan dan meningkatkan negosiasi dengan baik. Karena itulah proses negosiasi yang dilakukan bisa gagal dan tidak berjalan sesuai rencana. Perusahaan yang tidak memiliki persiapan yang matang dapat memperparah keadaan saat berlangsungnya proses negosiasi.

Perusahaan Anda seharusnya mempersiapkan segala hal sebelum melakukan proses negosiasi tersebut. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses negosiasi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Selain membekali diri dengan kemampuan komunikasi yang baik, keahlian dan kehati-hatian juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan proses negosiasi agar negosiasi tersebut bisa berhasil serta dapat meningkatkan negosiasi.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan agar proses negosiasi bisnis dapat berjalan dengan baik dan bisa meningkatkan negosiasi tersebut.

Membuat Target Pencapaian

Saat akan melakukan negosiasi, tentukanlah target yang harus dicapai. Sebelum mencapai kesepakatan negosiasi tersebut, ajukan beberapa syarat yang bisa Anda tawarkan.

Persiapkan Alternatif Cara Lain

Negosiasi yang Anda lakukan belum tentu diterima ketika Anda melakukan tahapan negosiasi. Maka dari itu persiapkanlah cara lain jika cara pertama tidak berhasil.

Tetap Fokus Pada Materi yang Dinegosiasikan

Agar proses negosiasi dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda tidak membahas materi lain saat negosiasi tersebut berlangsung.

Menyusun Tim Negosiasi yang Kompeten

Bentuklah tim negosiasi yang berkualitas dan kompeten di bidangnya untuk mencapai keberhasilan dalam proses negosiasi yang dilakukan.

Memberikan Alternatif Solusi Untuk Lawan

Saat proses negosiasi berlangsung, berikanlah solusi berupa win-win solution jika salah satu atau kedua belah pihak tidak merasa puas.

Segera Selesaikan Proses Negosiasi Dengan Cepat

Jika kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan, segeralah untuk menyelesaikan proses negosiasi dengan cepat.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh sebuah perusahaan sebelum melakukan proses negosiasi. Persiapan yang matang dan baik dapat meningkatkan negosiasi yang dilakukan. Semoga bermanfaat.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>