Rahasia Membangun Mental Juara

Memiliki keinginan untuk menjadi juara adalah hal wajar yang dimiliki setiap orang. Namun hanya akan menjadi keinginan bila Anda tidak segera melakukan pergerakan. Menjadi juara tidaklah mudah, Anda akan menemui banyak haling rintang untuk berada diatas. Dan ketika diatas, Anda tidak terlepas juga dari hambatan yang siap menjatuhkan.

Membangun mental juara harus Anda lakukan sedini mungkin, agar mampu mengurangi resiko kalah dalam hidup. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pemenang, berikut pupuk yang dapat Anda taburkan dalam perjalanan :

1. Berpikir luas

Pola pikir akan mempengaruhi hasil yang Anda dapatkan. Bila Anda berkutat dalam pikiran yang sempit maka perkembangan yang terjadi juga lamban. Berpikir besar menjadikan Anda melihat dan menarik hal besar dalam kehidupan.

2. Hindari mengikuti kata hati yang buruk

Lelah adalah faktor utama yang akan membuat hati Anda berpikiran buruk. Anda perlu mengontrolnya agar tidak merugikan. Cobalah untuk segera melupakannya atau mencari hal untuk menjauhkan pikiran tersebut. Bila hal ini terus dijalani akan menyia-nyiakan usaha yang telah dilakukan.

3. Jangan gila pujian

Gila pujian hanya akan membuat Anda semakin sombong. Anda harus sadar bahwa harga diri tidak diukur melalui penilaian orang. Namun seberapa besar Anda menghargai diri sendiri. Mencari pujian hanya dilakukan oleh orang lemah.

4. Tingkatkan kualitas hidup

Cara ini efektif untuk meningkatkan percaya diri Anda dan membangun mental juara. Teruslah kembangkan kualitas hidup Anda untuk menuntun ke jalan juara

5. Siapkan visi, misi, tujuan yang pasti

Hal ini akan menjadi arahan kerja Anda, sehingga langkah yang diambil akan tepat. Ketiadaan visi yang jelas akan membuat Anda tidak puas dan patah semangat dari hasil yang sedang dijalankan.

6. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Sikap tanggung jawab dapat Anda gunakan untuk tidak mencari kesalahan dari orang lain. Perkembangan tanggung jawab akan berbanding lurus dengan pembentukan karakter.

7. Jangan menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan akan berdampak parah bagi Anda yaitu percaya diri yang berkurang sehingga keadaan akan lemah. Selain itu menjadikan pekerjaan Anda menumpuk. Cara ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membangun mental juara dengan menyelesaikan pekerjaan sebaik dan seefektif mungkin.

8. Keluar dari zona nyaman

Berdiam diri dalam kenyamanan hanya akan memperlambat langkah menuju juara. Ketahuilah bahwa karakter yang kuat dibentuk dalam badai bukan dalam ketenangan.

Membangung mental juara tidak bisa dilakukan secara instan, dibutuhkan proses panjang hingga akhirnya mengerti maksud dan tujuan perjalanan yang akan dilalui. Menekuni beberapa pupuk diatas akan membantu Anda meraih predikat juara. Perlu diingat bahwa mental juara adalah mental dalam menghadapi proses.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>