Hal yang Sering Dilakukan Sales Counter

Suatu perusahaan biasanya memiliki staf yang bertugas menjual produk di konternya, atau biasanya disebut dengan sales counter. Biasanya staf tersebut akan mempromosikan dan menjual berbagai produk yang ada di konternya. Tugas utama yang harus dilakukan adalah memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, agar konsumen tertarik untuk membeli produk di konternya.

Sales counter dituntut untuk mampu mencapai target  penjualan. Salah satu caranya dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Selain itu mereka juga harus mampu menerima dan memberikan solusi terhadap keluhan konsumen. Menjaga nama baik perusahaan merupakan salah satu tanggung jawabnya. Sales di posisi ini juga bertanggung jawab menjaga barang yang ada di konternya, jika perlu dirapikan agar terlihat indah.

Related Article : Strategi Pintar Sales Motor Memaksimalkan Penjualan

Semangat dalam bekerja harus selalu ditunjukkan. Hal ini akan mempengaruhi cara kerja. Jika seseorang semangat dalam bekerja, pasti akan mudah menyalurkan energi positif dalam dirinya. Akibatnya, bekerja pun terasa nyaman, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Sikap profesional terhadap pekerjaan perlu dilakukan. Sikap ini dapat ditunjukkan dari cara dia dalam menghadapi konsumen. Jangan sampai emosi mengganggu profesionalisme dalam bekerja. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya pengurangan pelanggan.

Rasa percaya diri dan pintar juga diperlukan dalam melayani konsumen. Percaya diri perlu dimiliki oleh setiap orang, tidak hanya orang yang berprofesi sebagai yang disebutkan di atas. Melalui sikap percaya diri seseorang akan lebih mampu mengembangkan kemampuannya. Sehingga diharapkan mampu membuat konsumen untuk tertarik terhadap produk tersebut.

Related Article : Fungsi Sales Promotion untuk Meningkatkan Penjualan

Pintar kadang kala juga perlu dimiliki seorang tenaga penjualan. Hal ini diperlukan agar mereka mampu menguasai pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan. Sehingga jika suatu saat konsumen bertanya tentang produk, karyawan tersebut dapat menjawabnya dengan lancar. Hal ini akan memberikan kesan meyakinkan kepada konsumen.

Seorang yang berprofesi sebagai sales counter harus memiliki sikap yang baik. Sikap ini dapat ditunjukkan dengan kesopanan terhadap pelanggan. Selain itu, mereka juga harus jujur terhadap produk yang ditawarkan. Jangan pernah membohongi konsumen mengenai produk yang ditawarkan, karena itu akan mengecewakan konsumen. Keramahan juga sangat perlu ditunjukkan untuk menarik simpatik konsumen.

Related Article : Tugas Sales Perusahaan yang Harus Diketahui

Seseorang dalam profesi ini biasanya juga perlu berias diri. Tidak perlu pandai dalam merias, yang paling penting penampilannya harus terlihat menarik. Perlu dilakukan riasan wajah, rambut, pakaian, sepatu, dan kerudung bagi yang mengenakan. Tujuan dari merias diri ini adalah untuk menunjang penampilannya di depan konsumen. Konsumen biasanya akan lebih tertarik pada salesman yang tampak rapi dan bersih, bukan yang berpenampilan acak-acakan.

Hal yang perlu dilakukan saat proses penjualan berlangsung adalah melakukan interaksi kepada konsumen. Interaksi dapat diawali dengan memberikan salam atau menyapa konsumen terlebih dahulu. Selanjutnya, dilakukan percakapan singkat, yang tujuannya untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Jika Anda mengetahui kebutuhan konsumen, maka akan lebih memudahkan untuk menawarkan produk yang sesuai.

Setelah tahu produk yang dibutuhkan konsumen, Anda dapat memberikan solusi produk yang cocok digunakan. Produk dapat ditawarkan dengan memberikan informasi mengenai kelebihan produk. Hal ini akan membuat konsumen paham mengenai produk yang ditawarkan. Jika konsumen masih ragu, Anda dapat menawarkan agar konsumen mencobanya terlebih dahulu.

Related Article : Langkah Sukses Sales Mobil untuk Mengejar Target

Apabila konsumen masih menolak, cobalah untuk menawarkan produk lain. Produk yang ditawarkan harus hasil produksi perusahaan yang sama. Penawaran produk lainnya ini hanya sebagai produk alternatif. Jadi yang pertama ditawarkan sebaiknya produk utama yang membawa banyak keuntungan untuk perusahaan.

Sales counter juga perlu sedikit merayu konsumen. Rayuan ini dapat berupa pujian setelah konsumen mau mencoba produk. Hal ini akan membuat konsumen merasa senang, sehingga ada kemungkinan untuk membelinya. Selesai melakukan penjualan, jangan lupa untuk menutupnya. Penutupan dapat berupa ucapan terima kasih, atau bisa juga dilakukan dengan mengantar konsumen ke tempat pembayaran (kasir).

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>