.st0{fill:#FFFFFF;}

Kenali Tugas Manajer Pemasaran & Tanggung Jawab Dalam Perusahaan 

 September 9, 2021

By  Coach Tom

Jika Anda memiliki keahlian untuk mempengaruhi dan memujuk orang lain dalam bisnis, mungkin Anda bisa mempertimbangkan posisi sebagai manajer pemasaran. Tentu saja hal ini bisa terwujud jika Anda benar-benar memiliki pengalaman dalam bidang marketing atau pemasaran.

Siapa Itu Manajer Pemasaran?

Manajer pemasaran biasanya menangani pemasaran produk atau bisnis. Tugas manajer pemasaran bisa bertanggung jawab terhadap beberapa produk atau layanan, maupun bertanggung jawab atas suatu produk.

Manajer pemasaran harus mempunyai kepribadian yang ramah, suka bergaul dan spontan. Sejalan dengan karakter tersebut, seorang manajer marketing harus fokus, berorientasi pada hal detail, dan sangat berhati-hati dalam mengatur jadwal dan anggaran.

Apa Saja yang Dilakukan Seorang Manajer Marketing?

materi leadership

Tugas manajer pemasaran, biasanya menyusun estimasi dan anggaran untuk marketing campaign, mengirimkan anggaran tersebut untuk disetujui, bekerja dengan biro iklan, terlibat negosiasi, mempersiapkan kontrak penjualan dan periklanan, serta meninjau materi iklan seperti iklan di TV, media cetak, dan online.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Perusahaan

Tugas manajer pemasaran bisa bervariasi tergantung dari perusahaan itu sendiri. Akan tetapi, sebagian besar manajer pemasaran berbagi tanggung jawab yang sama.

Tanggung jawab manajer pemasaran :

1. Membuat media promosi untuk mendorong bisnis
2. Mengkoordinasikan berbagai channel strategi marketing
3. Mengelola anggaran untuk kampanye pemasaran
4. Menguji peluang pemasaran baru
5. Membangun hubungan dengan media
6. Mengarahkan strategi media sosial
7. Mengevaluasi kinerja kampanye pemasaran
8. Pemecahan masalah kampanye pemasaran yang berkinerja kurang
9. Memantau dan meningkatkan SEO
10. Mengelola karyawan dan vendor dari pihak ketiga
11. Mengatasi masalah layanan pelanggan
12. Menemukan cara baru untuk mempromosikan produk baru
13. Mendidik karyawan terkait tren pemasaran industri
14. Menganalisas umpan balik pelanggan pada platform media sosial

Baca juga : Sales menjadi bagian terpenting untuk meningkatkan omset bisnisĀ 

Tugas Manajer Pemasaran

Tugas manajer pemasaran ialah bertanggung jawab terhadap hal-hal yang direncanakan atau tidak direncanakan. Hal yang direncanakan bisa mencakup video atau iklan cetak, keterlibatan berbicara di depan umum, dukungan dan literatur media cetak. Sementara hal-hal yang tidak direncanakan bisa terjadi ketika salah satu perwakilan perusahaan salah bicara di depan umum, sehingga perlu pengendalian tindakan dengan segera, atau ketika perusahaan diserang oleh kekuatan dari luar.

Contohnya saat seseorang merusak produk perusahaan sesudah meninggalkan bagian produksi atau terjadi kesalahan produk yang tidak diketahui sampai sesudah produk beredar.

Seorang manajer pemasaran yang terampil dapat menanggapi komentar yang tidak sah dengan baik dan bisa meyakinkan publik bahwa perusahaan melakukan semua hal yang dapat dilakukan untuk menyelidiki sekaligus memperbaiki lini produk. Dengan iklan dan pernyataan yang disusun secara hati-hati, manajer pemasaran dapat menenangkan kekhawatiran dan kemarahan publik, memastikan bahwa reputasi perusahaan tetap bertahan dari kejadian seperti itu.

Manajer pemasaran bekerja dengan anggota tim lain untuk membuat kampanye iklan sederhana dan kompleks. Seorang manajer pemasaran juga bisa menegosiasikan kontrak untuk berbagai bentuk periklanan sesudah membentuk anggaran pemasaran. Mereka biasanya akan bekerja bersama anggota tim untuk menentukan cara paling kreatif dan terbaik dalam mengiklankan produk maupun layanan perusahaan. Mungkin mereka diminta mempresentasikan ide-ide tersebut ke perusahaan dan klien untuk mendapatkan persetujuan akhir untuk diimplementasikan.

Tugas manajer pemasaran juga menentukan daya jual produk atau layanan baru. Biasanya mereka menguji tingkat minat publik terhadap produk atau layanan baru itu sendiri. Mereka juga menetapkan harga dan penempatan produk bersama anggota tim lainnya. Manajer pemasaran mencari pasar baru yang mungkin membutuhkan produk atau jasa perusahaan. Tugas manajer pemasaran juga melakukan penelitian produk secara kompleks, meliputi informasi dan wawasan menyeluruh terkait kelebihan dan kekurangan produk, sebelum produk diperkenalkan ke pasar non tradisional.

Dimana Lingkungan Kerja Manajer Perusahaan?

Sebagian besar tugas manajer pemasaran bisa diselesaikan dalam lingkungan kantor. Melakukan riset produk, tren pembelian konsumen dan analisis produk baru membutuhkan keterampilan komputer yang sangat handal dan keterampilan interpersonal kuat untuk menentukan keberlangsungan hidup sebuah produk.

Tak sedikit manajer pemasaran melakukan perjalanan untuk bertemu klien, bekerja dengan tim produksi dalam menyempurnakan produk serta mengambil jejak pendapat informal terkait produk atau layanan klien. Selain itu, manajer pemasaran juga melakukan perjalanan bertemu media prospektif outlet seperti perusahaan produksi video, perusahaan media cetak, dan lainnya.

Dengan kata lain, manajer pemasaran sebagian besar mengabiskan waktunya bekerja di dalam kantor. Biasanya mereka mempunyai kantor sendiri, namun tak jarang menghadiri pertemuan di ruang konferensi.

Beberapa diantaranya untuk memenuhi tugas manajer pemasaran ada yang terlibat langsung dengan proses produksi perusahaan.

Untuk menyelesaikan tugas manajer pemasaran, biasanya Anda mempunyai laptop dan smartphone perusahaan. Mungkin Anda membawa pulang perangkat atau fasilitas tersebut jika mendekati tenggat waktu yang ketat. Beberapa perusahaan mengizinkan manajer pemasaran untuk bekerja jarak jauh selama beberapa hari dalam seminggu selama mereka mempunyai koneksi internet yang memadai.

Jadwal Kerja Manajer Pemasaran

Sebagian besar manajer pemasaran bekerja penuh waktu selama jam kerja operasional pada umumnya. Mungkin mereka harus bekerja lebih awal untuk menghadiri panggilan konferensi atau menghadiri rapat, atau mungkin harus bekerja lembur untuk menyelesaikan proyek tertentu.

Selama perusahaan menyelenggarakan acara besar, manajer pemasaran mungkin saja harus bekerja selama akhir pekan untuk mendukung kelancaran bisnis. Seorang manajer marketing mungkin perlu bekerja di lingkungan kantor atau mungkin bisa bekerja dari rumah. Beberapa perusahaan biasanya akan mengimbanginya dengan memberi hari libur ekstra kepada manajer pemasaran.

Kualifikasi Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Manajer Pemasaran?

1. Kualifikasi Pendidikan

Sebagian besar perusahaan mengharapkan seorang yang menduduki posisi manajer marketing harus bergelar sarjana. Akan tetapi, banyak bisnis yang membuat pengecualian jika kandidat sudah mempunyai pengalaman yang cukup relevan. Beberapa perusahaan mengharapkan karyawan di posisi manajerial untuk memiliki gelar master di bidang yang sama.

Pelamar yang menempuh pendidikan berikut inilah yang kemungkinan menerima panggilan wawancara untuk mengisi tugas manajer pemasaran, diantaranya : Marketing, Komunikasi, Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan, serta Hubungan Masyarakat.

2. Pengalaman

Meskipun pendidikan adalah faktor penting dalam kualifikasi posisi manajer pemasaran, tapi pengalaman justru lebih penting dibandingkan gelar yang diraih selama proses perekrutan. Karena faktanya, 49% manajer marketing mempunyai pengalaman setidaknya 10 tahun dan 28% mempunyai pengalaman 20 tahun lebih dalam bidang marketing itu sendiri.

Sementara itu, 12% manajer marketing mempunyai pengalaman kurang dari 5 tahun, dan hanya 4% saja yang memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun di lapangan sebagai manajer pemasaran.

3. Skill

Hal yang membedakan antara manajer marketing dengan posisi lainnya ialah skill atau keahliannya. Dengan munculnya teknologi digital marketing, keterampilan ini sudah berubah secara dramatis selama beberapa dekade terakhir.

Skill yang wajib dimiliki oleh seorang manajer pemasaran adalah mampu berkomunikasi dan menulis dengan baik, kreatif, handal bernegosiasi, memiliki kemampuan perencanaan dan pelaksanaan yang matang, bisa meng-optimasi mesin pencari, dan masih banyak lagi.

Itulah tugas, tanggung jawab dan kualifikasi yang harus Anda miliki jika tertarik melamar di posisi manajer pemasaran!

Jika Anda seorang manajer perusahaan atau calon manajer pemasaran dalam sebuah bisnis, Saya memiliki courses yang cocok untuk Anda mengembangkan sales & marketing. Klik disini! untuk mengikuti courses online strategi mendobrak omset dengan sales mastery.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Ketahui Perbedaan Tugas & Kerja Sales dan Marketing
Perbedaan CEO dan Founder, Tugas Serta Pengaruh Dalam Operasional Perusahaan
Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Memahami Youtube Marketing
Kenali Tugas Manajer Pemasaran & Tanggung Jawab Dalam Perusahaan