Langkah Sukses Sales Mobil untuk Mengejar Target

Tim marketing di peusahaan yang memproduksi mobil harus memiliki strategi khusus terkait pemenuhan target penjualan. Hal ini dikarenakan patokan harga produk tidak dapat dijangkau kalangan masyarakat tertentu. Pangsa pasar menjadi spesifik dan semakin sempit di tengah persaingan ketat para kompetitor. Berikut cara yang dapat dilakukan sales mobil untuk mensiasati kondisi seperti ini.

Related Article : Membuka Lowongan Sales untuk Perkembangan Bisnis

1. Posting informasi di Dunia Maya

Penyampaian informasi melalui dunia maya, yakni dengan wadah media sosial memiliki banyak keunggulan. Efisiensi waktu, tenaga dan biaya menjadi faktor utama pemilihan cara ini. Informasi dapat dilihat ribuan pengguna dalam waktu yang sama. Konsepkan dan desain semenarik mungkin untuk mengundang perhatian calon pembeli.

Kualitas gambar yang di unggah harus berukuran besar dan di ambil dari beberapa sudut pandang. Berikan keterangan yang mendeskripsikan kondisi fisik produk secara lengkap, rinci dan detail. Gunakan bahasa yang baku dan mudah dimengerti, serta dikemas menjadi kalimat singkat. Jangan lupa menyertakan harga, sistem pembayaran (kredit/tunai) dan cara pemesanan.

Social-Media

Banyaknya perusahaan yang memanfaatkan dunia maya sebagai jembatan yang menghubungkan kepada konsumen menuntut Anda harus lebih agresif. Berlakukan layanan 24 jam penuh, inilah konsistensi Anda beriklan dengan media sosial. Respon secepat mungkin terhadap pertanyaan yang diajukan. Bila menunjukkan ketertarikan pada produk yang Anda tawarkan, maka ajaklah untuk bertemu guna membicarakan proses selanjutnya.

Related Article : Fakta Mengejutkan Tentang Penjualan

2. Iklankan produk melalui Media Cetak

Minat membaca masyarakat kita relatif tinggi, terbukti dengan perkembangan media cetak yang sangat pesat. Jenis media cetak diantaranya majalah, koran dan tabloid. Pilihan yang paling cocok bagi sales mobil guna mengiklankan produk yakni media yang terbit harian, yaitu koran. Sistem yang digunakan ialah kontrak selama periode waktu tertentu, biasanya per bulan.

Pembeli pasti menyeseuaikan selera dengan kemampuan finansial yang dimiliki ketika hendak membeli mobil. Keterangan mengenai harga dan spesisikasi produk bisa dilihat di koran. Jadi bila tertarik, maka mereka akan langsung mendatangi dealer atau menghubungi kontak yang disertakan.

Related Article : 10 Statistik Perilaku Penjualan Yang Mencengangkan

3. Buatlah Event

Event merupakan cara yang lebih aktif dibandingkan iklan di media sosial dan koran. Sebab, terjadi interaksi secara langung antara sales mobil dan calon pembeli. Lokasi event sangat memiliki peranan penting dalam proses penjualan mobil. sesuaikan jenis mobil yang ditawarkan dengan tempat pameran.

autoshow

Pameran diadakan di pasar tradisional, tawarkan jenis truk dan pick up. Kedua mobil tersebut berguna mendistribusikan barang dari satu tempat ke tempat lain. Beda halnya bila pengadaan di event di pusat perbelanjaan dan perumahan elit. Kebutuhan warga kalangan atas ini berupa mobil penumpang City Car, SUV dan MPV. Pameran yang dapat dilakukan di lapangan terbuka ialah pameran mobil bekas. Kalangan menengah ke bawah akan memilih jenis ini karena harganya yang relatif rendah.

4. Perpanjang Rantai Mitra

Club merupakan sasaran empuk untuk menemukan calon pembeli dengan jumlah banyak. Minimal jaringannya merangkul seluruh penguna mobil yang setipe pada taraf nasional. Bila sales berhasil mengajak pentolannya untuk bekerja sama, maka rantai mitra ini akan terus berjalan. Berikan komisi jika mobil berhasil terjual melalui perantaranya.

Rekomendasi berawal dari rasa puas yang dirasakan oleh pembeli. Nilai positif ini kemudian diceritakan kepada orang lain. Tingkat keyakinan secara otomatis meningkat karena bukti sudah ada. Testimonial berperan melancarkan aksi Anda sebagai anggota tim marketing. Infokan siapa saja nama-nama yang telah membeli produk tersebut, mungkin salah satunya merupakan orang yang dikenal.

Related Article : Kiat Sukses Membangun Network Bisnis

Kinerja sales mobil dinilai dari banyaknya pelanggan yang berhasil digaet guna membeli produk. Selama rentang waktu yang telah disepakati, tim harus berkoordinasi. Hasil pencapaian terget akan dievaluasi, 4 langkah diatas merupakan jalan sukses yang wajib dipraktekkan.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

  • Orin febrilla r says:

    Bagaimna cara untuk pemula seperti saya

  • >