Pentingnya Memiliki Business Coach Certification Bagi Pelatih Bisnis

Tanda keprofesionalan seorang pembina bisnis ditunjukkan dengan berkas tertulis berupa Business Coach Certification secara resmi. Penguasaan ilmu dan pengalamanlah yang menjadikannya mampu berdiri sebagai pemateri dalam suatu pelatihan bisnis. Tentu apa yang disampaikan tidak asal-asalan, harus berdasarkan fakta yang merujuk ke arah yang lebih baik.

Perusahaan menyewa jasa coach guna menjadikan pekerjanya menjadi sosok yang mampu memecahkan segala permasalahan yang menghambat kemajuan bisnis. Terselesaikannya masalah itu akan membuat rencana-rencana yang bertujuan untuk meningkatkan omset berjalan lancar. Tak cukup hanya pekerja, pimpinan perusahan juga harus mengikuti pelatihan. Hal tersebut untuk meyelaraskan apa kemauan pekerja terhadap sikap atasannya.

 

Dibutuhkan kerjasama antara peserta (pekerja), pimpinan dan coach. Direktur harus melakukan identifikasi terkait kekurangan personal karyawan yang dapat ditingkatkan. Carilah pembina yang pasti memiliki Business Coach Certification untuk menatar peserta. Hasilnya akan dipantau oleh pimpinan perusahaan kembali. Keberhasilan penyerapan materi ditunjukkan dengan perubahan sikap pekerja.

Related Article : Hal Penting yang Harus Dilakukan oleh Business Coach Indonesia

Kegagalan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya coach yang kurang handal, peserta pasif dan direktur keliru membidik materi. Ketiganya saling berhubunan erat dalam kegagalan pembinaan. Kata handal berarti berpengetahuan luas dan telah malang melintang di dunia bisnis dalam kurun waktu lama. Gelar profesional tidak mungkin diraih seketika oleh pembina bisnis.

Peserta yang mengikuti pelatihan wajib aktif bertanya tentang apa yang disampaikan. Jangan sampai kesempatan bertemu master coach bisnis ini Anda abaikan. Sebab, pertemuan tersebut mungkin tidak akan terulang. Serap materi dengan maksimal dengan cara mendengarkan seksama ketika sedang dijelaskan. Catat bagian yang belum dikuasai dan mintalah penjelasan ulang di saat sesi tanya jawab dibuka.

pi_header_welcome_consulting_development

Sertifikat tidak hanya dalam bentuk Business Coach Certification, peserta yang mengikuti pelatihan juga mendapatkannya. Bukan sertifikat sebagai coach tetapi bukti bahwa yang bersangkutan pernah mengikuti pembinaan. Pertanggungjawaban kepemilikan sertifikat ini sangat berat. Bagi coach yaitu harus dapat membentuk pribadi baru yang loyal terhadap perusahaan tempat ia mengabdi. Sedangkan peserta wajib mengamalkan materi untuk meningkat kinerja.

Related Article : Keuntungan Menggunakan Pelatih Bisnis Terbaik

Materi dari pelatih bisnis ini yang jelas akan menjadi investasi tak ternilai harganya yang akan dapat diaplikasikan dalam sebuah bisnis. Sehingga pembisnis ini tidak perlu jatuh pada lubang yang seharusnya tidak perlu jatuh di sana. Arahan dari pelatih bisnis ini akan sangat penting untuk mengendalikan pertumbuhan bisnis agar tetap stabil dan dalam situasi yang terus bisa terkontrol.

Metode pelatihan terbagi atas beberapa jenis yakni web, internal dan eksternal. Seminar yang dilakukan di dalam ruangan tertutup merupakan pengertian dari metode internal. Peserta hanya duduk manis menerima paparan materi dari pembina. Terjun langsung ke lapangan, mengidentifikasi kasus dan menyelesaikannya ialah metode eksternal. Ketepatan jalan penyelesaian masalah akan dianalisa lebih lanjut oleh coach.

Kedua metode, internal dan eksternal biasanya difasilitasi oleh perusahaan tanpa dikenakan biaya. Coaching secara personal juga bisa dilakukan dengan metode web. Pemanfaatan sistem audio visual yang dikomersilkan oleh narasumber menjadi pilhan bagi Anda yang memiliki tingkat konsentrasi rendah. Penyampaian materi hanya tertuju untuk Anda seorang. Unduhlan memalui software dan renungi apa yang telah dikemas oleh pembuat.

Related Article : Tips Memilih Bisnis Coaching di Indonesia yang Berkompeten

Kelemahan metode web ialah Anda tidak bisa menanyakan kepada narasumber perihal sesuatu yang belum jelas. Solusinya yakni carilah kembali materi pendukung lain dari sumber yang sama. Ingat, tetap pilih coach yang mengantongi Business Coach Certification untuk memastikan keprofesionalannya. Web merupakan cara penyampaian saja tetapi kualitas isi materi tetap menjadi tanggungjawab si pemberi materi.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>