.st0{fill:#FFFFFF;}

Strategi yang Sering Dilakukan Sales Mobil 

 Mei 17, 2021

By  Coach Tom

Perusahaan mobil harus memiliki strategi khusus agar mampu menggaet pelanggan dalam jumlah banyak. Perkembangan bisnis kendaraan roda empat ini bergantung pada kinerja Sales Mobil yang harus aktif mengejar target. Banyak kompetitor mempersempit pangsa pasar, mengingat hanya kalangan tertentu saja yang mampu membelinya. 6 strategi di bawah terbukti efektif meningkatkan penjualan dan paling sering dipakai oleh seorang sales.

1. Brosur

Alat bantu promosi berupa tulisan cetak yang dibagikan kepada masyarakat luas disebut dengan brosur. Meski begitu, sasaran calon pelanggan yang dituju harus jelas. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka. Pembagian brosur yang tepat ialah di pusat perbelanjaan, taman kota, perumahan elit, rental mobil dan lokasi ramai lainnya.

Banyaknya selebaran yang juga disebarkan oleh perusahaan lain menjadi tantangan tersendiri. Buat konsep unik sehingga menghadirkan desain yang menarik. Tonjolkan keunggulan produk secara garis besarnya saja. Perbanyak gambar dan pilih warna cerah agar menarik. Tumbuhkan minat membaca masyarakat supaya pesan tersampaikan dengan baik. Sertakan nomor yang dapat dihubungi untuk proses selanjutnya hingga terjadi transaksi.

strategi pemasaran mobil

2. Media Sosial

Alur kemajuan IPTEK juga harus dapat diikuti oleh Sales Mobil untuk mendapatkan pelanggan melalui dunia maya. Beragam jenis media sosial bisa dimanfaatkan, seperti blog, twitter, facebook, google plus, instagram dan lain sebagainya. Pastikan perusahaan memiliki website resmi, media sosial hanya berperan mengarahkan pengguna untuk melihat produk di web tersebut.

Kualitas isi dan tampilan konten harus sangat diutamakan. Pasar digital menjaring pengguna dari berbagai kalangan tanpa batasan apapun. Setiap orang yang memiliki akses internet bisa bergabung di media sosial tertentu. Hal inilah yang membuat pergantian konten sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Selain kualitas, waktu unggah konten menjadi poin penting keberhasilan iklan dilihat oleh pengguna di saat yang bersamaan. Pilih waktu yang tepat dimana banyak pengguna membuka media sosial miliknya. Malam hari merupakan saat yang tepat karena aktivitas bekerja dan sekolah telah usai.

3. Event

Event ialah acara untuk mengundang perhatian masyarakat agar fokus terhadap produk yang ditawarkan. Pemilihan lokasi event merupakan faktor penentu keberhasilan penjualan. Pilihlah tempat yang ramai pengunjung, seperti mall dan lapangan kota. Gebrakan yang heboh akan meningkatkan daya tarik setiap orang yang melihatnya.

Kemas penyampaian spesifikasi produk dengan bahasa yang apik dan tidak terkesan sedang mempromosikan. Bimbing pengunjung agar aktif bertanya dan penasaran terhadap manfaat serta kelebihan mobil tersebut. Bila memungkinkan, buatlah game kecil yang hadiahnya berupa potongan harga produk. Pasti akan meramaikan suasana dan meningkatkan keinginan untuk segera memiliki mobil itu.

Related Article : Rahasia Kesuksesan Sales Honda

4. Komunitas

Perkumpulan mobil merek tertentu pasti diadakan di setiap kota, lingkupnya bisa sampai ke tingkat internasional. Komunitas ialah sasaran empuk bagi Sales Mobil untuk melebarkan sayapnya. Loyalitas mereka menumbuhkan pribadi yang fanatik akan pemakaian mobil tersebut secara berkesinambungan.

Syarat utama anggota komunitas tentunya memiliki mobil dengan merek yang telah disepakati. Bekerjasama dengan pimpinan merupakan trik jitu guna melejitkan permintaan produk. Kebutuhan yang harus terpenuhi ini lebih memudahkan sales karena rekomendasi pelanggan sebelumnya.

Strategi Pemasaran Mobil Sukses Meraih Omset Milyaran

5. Mitra Kerja

Seorang sales tidak dapat bekerja secara mandiri untuk pemenuhan target. Gandeng mitra kerja profesional yang dapat memperluas pangsa pasar. Pastikan keuntungan berjalan dua arah agar masing-masing pihak terpacu semangatnya guna mengincar calon pembeli.

Perhatian tertuju pada bagi hasil yang harus disepakati bersama. Buatlah lembaran perjanjian resmi hitam di atas putih, lengkapi dengan materai. Kerjasama ini menyangkut nama baik perusahaan sehingga harus benar-benar saling menguntungkan. Jika terjadi penyalahgunaan bisnis, maka Anda bisa melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Strategi yang telah dipaparkan ialah cara terpopuler bagi Sales Mobiljumlah pelanggan merupakan bukti nyata. Cobalah beberapa strategi secara bergantian, kemudian pilih salah satu yang paling cepat menggaet pelanggan.

Salam Pencerahan!

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst