TIPE ORANG YANG AKAN MERUSAK BISNIS ANDA

Jadi pribadi serius itu tidak ada salahnya loh! Apalagi kalau Anda menerapkan sikap serius itu dalam bisnis. Tahukah kamu, serius itu kunci kesuksesan bisnis besar. Pastinya serius selalu dibarengi sama sikap hati – hati. Hati – hati dalam memilih karyawan ke dalam bisnis Anda.

Sikap karyawan atau orang yang berada di lingkungan bisnis Anda bisa menjadi virus dalam merusak bisnis, dan mampu membuat yang lain bersikap sama. Pastinya Anda pernah merasakan kejamnya virus yang dengan cepat menyebar ke seluruh bagian komputer Anda. Ya, begitu juga dengan perilaku seseorang.

Saya pernah melihat hasil dari suatu penelitian dari Proceeding of the Royal Society 2011 yang membahas soal itu. Ada sebuah contoh, kalau di dalam perusahaan ada 1 orang saja yang bersikap positif, maka performa positif perusahaan akan naik 11%. Kebayang dong bagaimana kalau Anda memiliki orang positif yang lebih banyak?

Bagaimana kalau 1 orang ini selalu membuat masalah untuk perusahaan?  Ini bisa membuat orang lain menjadi tidak bahagia 2 kali lipat. Siapa sih yang bilang kalau cari tim itu mudah?

Anda perlu latihan dan pengalaman soal menyaring orang. Apalagi yang penting Anda harus melihat visi yang dimiliki sesuai dengan visi bisnis atau tidak. Tenang saja, saya akan membagikan 10 jenis tipe orang baik karyawan atau klien yang harus dihindari.

Tipe sirene

Atraktif dan menarik tentunya orang seperti ini hanya akan memberi janji palsu atau harapan kosong saja. Kalau Anda sampai terbuai bisa – bisa fokus Anda keluar dari rencana awal. Anda harus yakin dengan pilihan bisnis Anda.

Tipe narsis

Tipe seperti ini haus dengan pujian, maunya jadi yang nomor satu. Kalau seperti itu sih tidak cocok untuk diajak bekerjasama dalam satu tim. Orang seperti itu akan menurunkan image perusahaan Anda.

Tipe Pembenci

Kalau tipe ini selalu iri dengan keberhasilan orang lain. Saking tidak mau kalah, mereka punya ambisi yang sangat tinggi. Taktik yang digunakan akhirnya dengan menjebak orang lain bekerja dibawah ketakutan kalah.

Tipe Nemesis

Sering terlintas dipikiran Anda tidak suka dengan perilaku seseorang? Bisa jadi itu sumber gangguan untuk Anda. Coba Anda berkaca dulu sikap yang Anda lakukan. Tanpa sadar yang tidak kita sukai itu justru juga jadi bagian dalam diri Anda.

Tipe Dionysus

Dionysus ini orang yang tidak sabaran, tidak mau repot dan maunya mencari kesenagan saja.  Orang yang seperti itu justru akan menjadi virus bagi yang lainnya.

Tipe kambing

Sifat liar, banyak bicara, beruntung dan kharismatik punya beberapa kelebihan. Sayangnya justru digunakan untuk hal tidak baik. Keputusan Anda bisa dibolak – balik.

Tipe Ares

Siapa sih yang menyukai konflik walau sembarang hal gara – garanya. Pastinya ada banyak cara buat Anda sendiri menang dari konflik. Setidaknya lebih baik dari ngobrolin orang.

Tipe Kucing Hitam

Apa pikiran Anda negatif dan selalu merasa tertekan? Itu namanya Anda termasuk tipe ini. Biaasanya untuk menyelesaikan masalah mereka selalu mengeluh. Apalagi kalau bukan karena lemah saat menjalankan tugas.

Tipe Kucing gemuk

Pastinya mereka akan menawarkan kepada Anda, sedang Anda hanya menjadi pemodal dan angel investor. Orang dengan tipe ini akan mendatangi Anda menawarkan modal dan menjanjikan kemajuan perusahaan Anda. Orang seperti ini biasanya adalah pemodal, angel investor atau perusahaan yang sudah besar. Biasanya orang seperti ini lama kelamaan akan berhati – hati.

Tipe gajah

Ada orang yang selalu mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama. Apa Anda tahu apa dampaknya? Ya! Kesalahan  bisnis akan terulang kembali. Tipe ini membuat Anda tidak mau berpikir maju.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>