Tugas Sales Perusahaan yang Harus Diketahui

Suatu perusahaan tidak pernah terlepas dari bagian marketing dan sales. Marketing merupakan bagian pemasaran, sehingga tugasnya meliputi menetapkan harga pasar dan ­daerah pemasaran. Sedangkan sales merupakan bagian penjualan, maka tugas sales yang paling utama adalah melakukan proses penjualan. Banyak yang menganggap bahwa bagian marketing dan sales ini sama. Melihat definisi di atas dapat disimpulkan bahwa marketing dan sales merupakan bagian dari suatu perusahaan yang memiliki tugas berbeda.

Besarnya keuntungan perusahaan dapat dilihat dari bagian penjualan (sales) itu sendiri. Sehingga dalam hal ini sales menjadi salah satu bagian terpenting dari suatu perusahaan. Orang yang menjalankan tugas sebagai sales dinamakan sales person. Seorang yang berkedudukan sebagai sales person harus memiliki kecakapan dalam menawarkan produk.

Related Article : Langkah Sukses Sales Mobil untuk Mengejar Target

Kecakapan seorang sales person ini sedikit banyaknya mampu mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan atau ditawarkan. Seorang sales person harus mengerti betul mengenai tugas sales, karena hal ini dapat menjadi pedoman sales person dalam bekerja. Sehingga diharapkan mampu memberikan keuntungan kepada perusahaan.

Selain kecakapan, hal lain yang harus diperhatikan adalah seorang sales person harus memiliki pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan. Pengetahuan produk ini meliputi keadaan fisik produk dan manfaatnya bagi konsumen. Hal ini dimaksudkan agar ketika ada konsumen bertanya mengenai produk, seorang sales mampu menjawabnya dengan cakap, tanpa keraguan. Sehingga diharapkan sikap ini mampu menumbuhkan rasa keingintahuan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Related Article : 5 Tugas Sales Marketing yang Wajib Dikuasai

Selain itu seorang sales person harus mampu menganalisa sasaran konsumen yang akan ditawarkan produk. Hal ini dapat dilihat dari usia, tingkat ekonomi, dan tingkat kebutuhan. Jangan sampai produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan konsumen. Jika dilihat dari usia misalnya, produk yang hanya cocok digunakan oleh anak muda jangan ditawarkan kepada orang tua, ini menghindari terjadinya penolakan, walaupun tidak menutup kemungkinan orang tua pun akan tertarik untuk membelikan anaknya.

Keadaan ekonomi dan tingkat kebutuhan sasaran konsumen juga harus diperhatikan. Hal ini disebabkan karena kedua faktor tersebut nantinya juga akan mempengaruhi proses penjualan. Sabagai contoh produk yang harganya tinggi dan banyak dibutuhkan oleh  masyarakat menengah ke atas sebaiknya tidak ditawarkan ke masyarakat menengah ke bawah. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya penolakan oleh konsumen.

Setelah mengerti faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan penjualan, tugas sales juga diperhatikan. Seperti definisinya, tugas seorang sales adalah melakukan penjualan, baik melalui telepon atau bertatap muka langsung dengan konsumen. Setelah itu, seorang sales harus mampu menganilisis kembali penjualan yang telah terjadi apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk laporan penjualan, agar proses penjualan selanjutnya dapat diperbaiki atau ditingkatkan.

Related Article : Rahasia Cara Jualan dalam Waktu Singkat

Pada saat melakukan proses penjualan, baiknya seorang sales memperhatikan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ini disebabkan karena kepuasan konsumen akan sangat mempengaruhi penjualan. Biasanya konsumen akan sering menolak bila ada sales menawarkan produknya.

Hal ini akan berbeda jika seorang sales lebih menekankan pada pemberian solusi atas masalah yang dihadapi konsumen. Sales tersebut tidak menyuruh atau memaksa konsumen untuk membeli produknya, tetapi lebih mengarah ke pemberian solusi atau saran kepada konsumen atas masalah yang sedang dihadapi, salah satunya dengan menggunakan produk yang ditawarkan tersebut. Sehingga akan lebih terlihat mengajak, bukan memaksa.

Cara sales dengan pemberian solusi tersebut kemungkinan besar akan lebih dihargai, karena konsumen akan merasa bahwa sales tersebut peduli terhadap kepentingan konsumen, bukan hanya mengutamakan penjualannya. Seorang sales sebaiknya juga harus ramah, rapi, dan sopan, agar konsumen dapat bersikap terbuka terhadap sales. Melihat penjelasan di atas, tugas sales ini harus sangat diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi proses penjualan.

Salam Pencerahan!

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>