Memulai suatu hal baru memang akan menimbulkan banyak pandangan, gagal adalah salah satunya. Bagaimanapun ketika Anda memilih untuk memulai sebuah bisnis, rasa takut akan risiko kegagalan bisnis harus dibuang jauh-jauh. Bila tidak perasaan ini akan menghalangi langkah Anda untuk bergerak meraih kesuksesan. Membiarkan perasaan gagal untuk terus mendampingi langkah Anda hanya akan membuat level kesuksesan berada di level yang sama. Maka dari itu Anda perlu mengenali betul potensi diri agar mampu mengatasi ketakutan gagal dalam bisnis. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

1. Ingat, kesempatan tidak datang dua kali

Jangan sampai Anda menyiayiakan kesempatan yang hadir didepan mata. Terkadang para pemula bisnis kurang peka terhadap kesempatan yang jelas sudah ada, pertimbangkan mengenai “harga” dari sebuah kesempatan. Anda hanya akan menyesal ketika mendapatkan kesempatan dan melewatkannya hanya karena takut gagal. Gagal merupakan sebuah proses menuju kesuksesan, bila Anda takut untuk gagal berarti gerbang menuju kesuksesan menjadi tertutup.

2. Kenali kesempatan yang hadir

Perencanaan ketika menyambut kesempatan yang hadir harus segera Anda lakukan untuk menghindari rasa takut gagal hadir. Ketidaktahuan ini yang akan membuat Anda tidak bisa mengatasi ketakutan gagal dalam bisnis. Segeralah menganalisa kesempatan yang hadir, buat perencanaan mengenai keuntungan kekurangan langkah yang akan Anda lakukan selanjutnya. Sehingga dengan gambaran yang telah Anda buat, kepercayaan diri akan meningkat untuk segera memulai bisnis tersebut.

3. Maknai keuntungan dari sebuah kegagalan

Kegagalan adalah warna dari sebuah perjalanan. Anda akan terus menemuinya disetiap perjalanan, hal yang bisa dilakukan adalah meminimalisir dan memperkirakannya.  Memang kegagalan sering merugikan secara finansial, namun disamping itu ada keuntungan yang Anda dapatkan yaitu pengalaman berharga yang dapat menjadi pelajaran kedepannya.

4. Plan B

Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi ketakutan Anda dan mengurangi efek buruk dari resiko kegagalan. Kelebihan memiliki plan B dalam bisnis adalah Anda akan memiliki manajemen resiko secara cerdas sehingga dapat mengambil keuntungan dari datangnya berbagai jenis risiko.

5. Take Action Now

Semakin cepat Anda memulai maka kepercayaan diri akan meningkat dan Anda akan segera bisa mengatasi ketakutan mengambil risiko itu. Kesulitan memang akan Anda temui pada awalnya, namun ketika Anda memulainya maka akan mengetahui cara menyelesaikan kesulitan tersebut. Tanpa memulai Anda tidak akan tahu masalah dan penyelesaiannya.

Kegagalan memang akan menghantui disetiap perjalanan Anda. Namun bukan berarti dengan mengalami kegagalan Anda harus menyerah terhadap tujuan yang sedang dikejar saat ini. Jadikanlah kegagalan sebagai bagian terpenting untuk menyiapkan diri menghadapi persoalan di masa yang akan datang. Ingatlah bahwa ketakutan hanya akan membuat Anda lemah, bersiaplah dengan gagah berani dan sekuat tenaga untuk menghadapi setiap persoalan.

Demikianlah berbagai cara untuk mengatasi ketakutan mengambil risiko bisnis yang berujung pada kegagalan. Teruslah untuk berusaha agar bisa mendapatkan yang terbaik dalam bisnis Anda.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons