.st0{fill:#FFFFFF;}

10 Cara Mengatasi Stress Dalam Bisnis 

 Oktober 28, 2021

By  Coach Tom

Stress adalah istilah sehari-hari yang kita temui ketika seseorang merasa apa yang telah dilakukan tidak sesuai dengan hasilnya. Atau stress terjadi ketika tuntutan lebih besar dari pada kemampuan. Misalnya tuntutan Anda 100 sedangkan kemampuan Anda hanya 10.

Maka dari itu, Anda perlu mengenali tanda-tanda sedang mengalami stres misalnya tekanan darah, denyut nadi akan meningkat, pernafasan anda akan jauh lebih cepat, sistem pencernaan melambat, kekebalan tubuh anda turun, otot menjadi tegang dan biasanya adrenalin Anda meningkat dan efeknya akan membuat Anda jadi susah tidur.

Tetapi banyak orang salah persepsi tentang stress sehingga mereka merespon stress menjadi sesuatu hal yang negatif, misalnya karena saya stress saya jadi makan berlebihan, jadi kehilangan nafsu makan, jadi marah-marah, menangis meraung-raung atau bahkan ada beberapa orang yang karena stress dia memilih mengkonsumsi alkohol, tembakau atau obat-obatan terlarang.

Padahal kenyataannya buat tubuh, stress adalah hal yang penting atau stress adalah sebuah tanda yang dapat membantu tubuh siap menghadapi bahaya dengan gejala bisa berupa fisik dan psikologis. Jadi, stress jangka pendek bisa membantu tapi stress jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan. Lalu, bagaimana caranya kita bisa menyiapkan diri untuk bisa menghadapi stress? 

Ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk membuat hidup anda bebas dari stress, yaitu sebagai berikut:

1. Olahraga

Bisa dibilang olahraga merupakan salah satu obat ajaib yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, namun seringkali terabaikan dan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. 

Meski begitu tidak ada kata terlambat untuk memulai karena manfaatnya sangat-sangat penting bagi kita untuk membuat pernafasan lebih luas, rongga dada menjadi lebih besar sehingga udara yang masuk lebih banyak dan pikiran pun menjadi lebih jernih 

2. Hindari Mengkonsumsi Minuman Alkohol Berlebih

Banyak orang yang beralasan ketika mengkonsumsi minuman beralkohol akan merasa lebih tenang atau tidur bisa lebih nyenyak. Hal tersebut tidaklah salah jika mengikuti prosedur yang dianjurkan dokter.

Dan akan menjadi bermasalah jika dikonsumsi setiap hari dalam batasan jumlah yang tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan atau mengurangi kesadaran Anda. Maka dari itu Anda diharuskan melakukan lebih banyak aktifitas dan mengonsumsi makanan yang meningkatkan kesadaran.

3. Menjaga Nutrisi itu Penting

Untuk mendapatkan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh setidaknya Anda mengkonsumsi vitamin, madu atau makan makanan yang sehat. Karena dengan daya tubuh yang kuat sangat membantu Anda dalam menghadapi problem dengan psikis Anda bisa menghadapi dengan lebih tenang.

Jadi, sangat penting untuk kita mempelajari tentang nutrisi sedini mungkin agar memahami tentang bagaimana cara terbaik memastikan bahwa kita telah mendapat nutrisi yang tepat dalam setiap makanan yang telah kita makan.

4. Tentukan Prioritas

cara-mengatasi-stress

Tak banyak dari kita yang menyadari akan pentingnya memiliki prioritas dalam hidup. Hingga akhirnya banyak orang mengalami stress. Jadi, tugas Anda sebetulnya pada saat Anda mengalami stress Anda harus bisa memilih apa hal-hal yang harus anda prioritaskan.

Agar Anda bisa lebih sukses, bisa lebih tenang, bisa diselesaikan satu demi satu. Atau dengan kata lain Anda bisa memprioritaskan hal-hal yang penting dan hal yang mudah dulu.Jadi, salah satu cara mengatasi stress adalah dengan menentukan prioritas.

5. Time Management

Kesuksesan dari setiap pengusaha tidak terlepas dari bagaimana mereka mengatur waktu mereka dalam mengembangkan bisnis. Sehingga mereka masih memiliki banyak waktu untuk orang-orang yang berharga bagi mereka.

Jadi, dari time management akan membantu Anda untuk mengelola prioritas menjadi lebih terukur. Sebab manfaat dari time management itu sendiri tidak terbatas jika Anda mampu mengembangkan atau mengatur waktu Anda secara efektif. Dan tentunya akan sangat membantu Anda  menghindari stress.

6. Menjaga Pola Napas

Berbicara tentang napas, saya belajar sesuatu dari mas Ade Rai, katanya apapun yang Anda lakukan sebetulnya ada hal penting yang kita tidak pernah sadari yaitu “napas”. Atau dengan kata lain ketika Anda bernapas, sadarkah Anda sedang mengambil nafas lebih panjang atau napas lebih pendek?

 Dan perlu Anda ketahui bahwa mereka yang mengambil nafas lebih panjang akan lebih memiliki ketenangan dalam berpikir. Dan mereka yang mengambil napas pendek-pendek, pikiran mereka pun cenderung akan pendek-pendek juga. Dan untuk membuktikan hal tersebut Anda bisa langsung mengambil napas panjang dan di hembuskan perlahan. Hal itu akan menenangkan Anda dari stress.

7. Cari Teman Curhat

Setiap orang pasti memiliki teman baik yang bisa diajak berbagi cerita dan saling terbuka antara satu sama lain. Karena sejatinya kita manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Karena itu,  saya pun seringkali memiliki klien bukan coaching tetapi hanya untuk  ngobrol.

Dan ternyata obrolan itu bisa membuat orang mengeluar segala macam  uneg-uneg, membuat pikirannya lebih jernih. Dan akhirnya karena bebannya hilang, ide-ide baru bisa muncul dan mereka pun mampu mengatur prioritas, bisa membuat time management dan bisa melakukan perencanaan yang lebih baik lagi.  

Baca juga : Kenali juga cara menghilangkan rasa malam saat semangat bisnis mulai hilang

8. Kenali Tanda-Tanda Anda Sedang Stress

Anda juga harus mengenal tanda-tanda apa tanda-tanda yang menyebabkan Anda stress. Dangan Anda bisa membedakan antara Anda sedang stres dan exited akan memudahkan Anda dalam penanganannya. Sama seperti misalnya saja saat seorang teman mau naik panggung malah gemetaran, deg-degan dan mengatakan sedang stress dan keringat dingin. 

Dan seorang teman lain juga yang mengalami hal yang hampir sama  saar sedang ikut salah satu band dan manggung sebagai drummer mengatakan bahwa ia sedang happy tetapi ada keringat dinginnya. Jadi, dari dua contoh ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dengan dapat membedakan antara stres dan exited akan sangat mempengaruhi psikis kita.

Baca juga : Cara menghindari 3 sifat ini jika tidak mau bisnis hancur 

9. Mengenali Sumber Stress

Saat ini salah satu penyebab stres adalah dampak dari penyebaran virus corona yang mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Ditambah lagi dengan berbagai berita di media sosial yang menampilkan berbagai krisis yang terjadi.

Maka, untuk Anda sebagai pelaku bisnis ataupun mereka yang terjun dalam dunia bisnis, Anda perlu mengenali sumber stres secara spesifik. Karena ada orang yang sumber stressnya karena pekerjaan, sumber stressnya adalah rumah, jalan raya atau bahkan sumber stress itu datangnya dari diri Anda sendiri. 

10. Mengenali Distresser 

cara-mengatasi-stress

Secara sederhana distresser adalah waktu atau keadaan yang memang benar-benar membuat Anda stress dan dalam keadaan tertentu dengan melakukan sesuatu hal yang membuat stres Anda secara perlahan menghilang. Atau dengan kata lain ketika hal ini membuat saya menjadi enteng dan beban yang ada menjadi ringan.

Jadi, untuk mencairkan stres Anda maka Anda harus bisa mengenali teknik distresser Anda. Lalu kemudian Anda pun perlu membangun network atau support system, keluarga, teman, coach, mentor ataupun consultant yang bisa mensupport dan mendukung Anda dengan cara yang lebih positif.

Demikian pembahasan tentang 10 Cara Mengatasi Stres Dalam Bisnis dan semoga dengan 10 cara ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa dan juga bisa membuat Anda benar-benar terhindar dari stres. Jika Anda lebih serius & ingin belajar mengenai bisnis lebih dalam, Anda bisa mengikuti kelas online bisnis course.tommcifle.com

Saya, Tom MC Ifle salam pencerahan.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst