7 PENCURI PRODUKTIVITAS DI KANTOR YANG WAJIB DIBASMI

Setiap orang tentu saja ingin menjadi lebih produktif. Namun sesekali Anda pasti pernah merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan. Itu hal yang wajar terjadi. Banyaknya pekerjaan yang harus kita selesaikan seringkali membuat kita susah fokus.

Pekerjaan terlalu banyak bukanlah alasan untuk menghambat pekerjaan. Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebabnya. Kebiasaan buruk ketika bekerja adalah salah satu hal yang dapat mengganggu produktivitas Anda di kantor.

Related Article : Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas?

Agar dapat bekerja dengan maksimal, berikut adalah 7 pencuri produktivitas di kantor yang wajib Anda basmi.

Terus menerus melihat ponsel

Di zaman sekarang, eksis di media sosial tentu salah satu hal yang wajib dilakukan agar kekinian. Namun tahukah Anda? Terlalu aktif berselancar dan berinteraksi di media sosial dapat mengganggu produktivitas kerja Anda. Apalagi jika setiap beberapa menit sekali Anda mengecek unggahan terbaru di media sosial. Itu akan memecah konsentrasi Anda selama bekerja. Ketika sedang bekerja, matikan dahulu semua notifikasi ponsel agar Anda dapat lebih berkonsentrasi. Dengan begitu Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara notifikasi yang masuk. Namun, hal ini tentu saja berbeda apabila pekerjaan Anda memang membutuhkan interaksi dengan media sosial.

Multitasking

Jika Anda mengira bahwa mengerjakan beberapa hal secara bersamaan akan mempersingkat waktu bekerja, maka Anda salah. Hasil survei mengemukakan bahwa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus justru akan menurunkan produktivitas Anda hingga 40 persen. Tidak hanya itu, pekerjaan yang Anda lakukan kemungkinan tidak akan maksimal karena Anda tidak fokus saat mengerjakannya. Selesaikan satu pekerjaan baru berpindah ke pekerjaan yang selanjutnya. Itu akan membantu Anda dalam bekerja lebih efektif dan efisien.

Duduk dengan postur yang salah

Bagi Anda yang bekerja dengan duduk sepanjang hari di kantor, postur tubuh saat duduk sangatlah penting. Postur yang salah dapat menyebabkan Anda mudah lelah. Tidak hanya itu, Anda akan merasakan nyeri pinggang atau punggung. Tubuh yang lelah menyebabkan Anda tidak dapat fokus bekerja. Akibatnya produktivitas Anda bisa jadi menurun. Atur posisi duduk Anda agar terasa nyaman, namun tidak bersandar malas. Atur pula posisi layar komputer dengan jarak mata Anda agar mata Anda tidak mudah lelah.

Related Article : Trik Membuat Suasana Kerja Lebih Nyaman

Tidak rapi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang kreatif biasanya memiliki meja yang tidak rapi. Bisa jadi itu benar. Akan tetapi apabila ketidakrapian itu justru malah membuat Anda tidak dapat bekerja lebih efisien, maka Anda harus memperbaiki hal tersebut. Hindari menghabiskan waktu hanya untuk mencari-cari data file yang Anda butuhkan. Buatlah kondisi lingkup kerja Anda terorganisir. Itu akan memudah Anda mencari data-data yang Anda butuhkan.

Konsumsi terlalu banyak junk food

Kebiasaan para pekerja kantoran yang tidak punya banyak waktu adalah mencari makanan yang cepat saji. Terlalu banyak makan junk food justru akan membuat produktivitas Anda berkurang. Memakan junk food, soda, atau kue-kue dengan kadar gula tinggi hanya akan memberikan energi tambahan sesaat saja. Justru makanan-makanan itu juga tidak baik bagi tubuh kita karena akan menimbulkan banyak penyakit seperti kolesterol, kencing manis, dsb.

Agar tetap dapat fokus dalam bekerja, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti yogurt, buah, atau kacang-kacangan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia, dan kreatif.

Kurang Tidur

Kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi turun. Akibatnya dari kurang tidur adalah proses kerja otak menjadi lebih lambat. Hal itu dapat menjadi penyebab berkurangnya produktivitas. Manusia dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam setiap harinya agar dapat bekerja lebih baik.

Keterlambatan

Bekerja dalam tim tentu saja memerlukan kerja sama setiap elemen tim untuk memenuhi tenggat waktu pekerjaan dengan tepat. Keterlambatan salah satu anggotanya saja dapat membuat suatu pekerjaan selesai lebih lama dari seharusnya. Hal ini tentu saja menurunkan produktivitas.

Related Article : Tipe Orang yang akan Merusak Bisnis Anda

Itulah 7 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar lebih produktif. Pahami kebiasaan buruk Anda saat bekerja dan ubahlah. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih efektif dan hasilnya pun niscaya akan lebih baik.

Salam Pencerahan!

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>