Bagian Terpenting Tentang Sales adalah Ini

Posisi sales pasti sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Sales adalah kegiatan menawarkan atau menjual barang kepada konsumen, atau singkatnya sales dapat diartikan sebagai penjualan. Orang yang kegiatannya menjual atau menawarkan barang ini biasa disebut sales person atau tenaga penjualan. Setiap perusahaan biasanya selalu dilengkapi oleh tenaga penjualan atau sales person ini.

Setiap sales person harus mengerti tugas dan fungsinya di dalam perusahaan tersebut. Ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Seorang sales harus memiliki strategi khusus untuk pencapaian keberhasilan penjualannya. Bagian terpenting dalam sales adalah cara melakukan pendekatan terhadap konsumen. Hal ini sangat perlu diperhatikan, karena rasa simpatik konsumen merupakan salah satu kunci tercapainya keberhasilan penjualan ini.

Related Article : Tugas Sales Perusahaan yang Harus Diketahui

its_about_selling (1)

Setiap sales person harus mengerti tugas dan fungsinya di dalam perusahaan tersebut. Ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Seorang sales harus memiliki strategi khusus untuk pencapaian keberhasilan penjualannya. Bagian terpenting dalam sales adalah cara melakukan pendekatan terhadap konsumen. Hal ini sangat perlu diperhatikan, karena rasa simpatik konsumen merupakan salah satu kunci tercapainya keberhasilan penjualan ini.

Sebelumnya, kita harus mengerti betul konsumen seperti apa yang cocok terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu kita juga harus menyiapkan cara atau strategi khusus jika nantinya terjadi penolakan oleh konsumen. Sebagai contoh, apabila konsumen terlihat kurang tertarik atau kurang merespon, sebaiknya kita mampu menjaga emosi agar tidak memperkeruh suasana. Strategi ini perlu diperhatikan, selain agar tidak memperkeruh suasana, juga untuk menjaga nama baik perusahaan.

Related Article : 4 Hal yang Wajib Anda Ketahui dari Pelanggan

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan sales adalah bagaimana cara kita mempresentasikan produk. Pada saat menyajikan produk ini kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, jelas, serta tidak berbelit-belit. Hal ini dimaksudkan agar konsumen mengerti betul mengenai produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen menjadi paham terhadap produk yang ditawarkan. Pada saat presentasi, jangan lupa untuk menjelaskan mengenai manfaat produk, agar konsumen berpikir akan pentingnya produk tersebut untuk dimiliki.

Selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah pada saat proses menjual. Proses ini merupakan bagian puncak dari kegiatan sales. Pada saat menjual kita dituntut untuk mampu meyakinkan kepada konsumen bahwa produk tersebut sangat perlu untuk dimiliki. Proses menjual sebaiknya tidak memaksa, tetapi lebih ditekankan untuk memberikan kesan mengajak atau memberikan saran.

Sebagai contoh, kita harus mau mendengarkan keluhan konsumen. Selanjutnya kita berikan saran mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Setelah muncul respon atau antusiasme dari konsumen, kita baru menawarkan produk yang kita miliki tersebut. Hal ini akan lebih membuat konsumen tertarik, karena tidak ada unsur paksaan.

Related Article : 4 Hal Sebenarnya yang diinginkan Pelanggan

Penutupan pada saat proses sales juga penting untuk diperhatikan. Hal ini akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen, baik konsumen yang menolak atau membeli produk. Pada saat penjualan selesai, kepada konsumen yang menerima atau membeli produk sebaiknya diberikan tanda bukti pembayaran. Hal ini dimaksudkan agar konsumen percaya bahwa proses sales ini bersifat legal.

Sedangkan bagi konsumen yang menolak, kita dapat meminta data dirinya. Data diri ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat laporan kepada perusahaan nantinya. Setelah selesai menawarkan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu. Sehingga proses sales tersebut dapat berlangsung.

Tidak hanya sampai di situ, keberhasilan sales juga menjadi bagian terpenting dalam kegiatan penjualan. Berhasil atau tidaknya dapat dilihat dengan cara bagaimana proses pelayanan kepada konsumen setelah penjualan selesai. Pelayanan ini dapat berupa ucapan terima kasih, menanyakan tentang penggunaan produk, apakah ada keluhan terhadap produk.

Related Article : Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik

Jika melihat penjelasan di atas, pasti akan membuat orang berpikir betapa ribetnya menjadi sales person, karena begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Tetapi hal ini jangan membuat Anda takut untuk mencoba menjadi sales person, karena semua hal itu bisa dipelajari. Begitu kompleksnya kegiatan sales ini, menjadikan sales adalah bagian terpenting dari suatu perusahaan. Berhasil atau tidaknya proses sales akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Terlebih lagi pada perusahaan yang memang didirikan dengan tujuan menjual produk.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>