Cara Terbebas Dari Hutang

5 Cara Terbebas Dari Hutang Menahun

Cara Terbebas Dari Hutang – Hai Saya Tom MC Ifle Founder Top Coach Indonesia hari ini Saya ingin membahas tentang 5 point yang perlu Anda pertimbangkan agar Anda bebas Hutang

Tteman-teman bebas hutang itu harus menjadi prioritas kita bersama kenapa? karena banyak orang terjebak dan tidak bisa keluar dari jeratan hutang karena salah perhitungan.

Bisa jadi karena standart hidup yang belum layak, lalu berusaha mengejar gayanya. Lalu kemudian mereka juga tidak punya strategy untuk bisa mengatasi problem hutang piutang.

So.. Saya akan share ada 5 point yang bisa Anda lakukan untuk bisa minimal mengurangi hutang-hutang Anda atau Anda bisa memiliki extra income.

Baca Juga : 5G Yang Menarik Rezeki

Turunkan Gaya Hidup.

jadi menurunkan standart belum tentu Anda harus kayak orang yang harus kelaperan. Saya mencoba untuk menghitung biaya yang keluar, diluar dari makan makan, transport makan, transport kalau tol, bensin dan lain-lain sebagainya saya nggak hitung ya jadi semua diluar dari kebutuhan yang sangat-sangat pokok.

Apa yang terjadi? ketika Saya menghitung-hitung, saya mencoba mencari 1 minggu pengeluaran pengeluaran untuk apa? Satu, entertainment. Yang kedua ngopi. Yang ketiga makan diluar. Lalu Saya coba untuk pangkas biaya menghilangkan biaya atau mengurangi jatah untuk ngopi.

Apa yang terjadi luar biasa, jadi dalam 1 minggu ternyata pengeluaran untuk ngopi makan diluar dan sebagainya itu bisa lebih dari 2,5 juta Saya pribadi. Jadi kalau itu di pangkas dalam 1 minggu, Anda punya 52 minggu, Anda punya 2,5 juta kali 52 minggu.

Kalau Anda punya pengeluaran lain ya Anda lihat mana pengeluaran yang merupakan lifestyle itu langsung di pangkas dan Anda langsung punya ruang untuk berhemat

Kurangi Budget Hidup

Yang kedua Anda harus mengurangi budged hidup. Gaya hidup adalah yang tidak perlu kalau tidak keluar, tidak rugi tidak mengalami masalah.

Budget hidup adalah Anda mencari Alternatif biaya, misalnya contoh Saya mencoba nih kalau biasanya Saya makan siang, di luar biasa makan siang keluar kantor makan diluar dibandingkan dengan Saya masak dirumah, kalau saya makan diluar berapa sih budgednya? berapa lin budged makan diluar 30 – 40 ribu, ini ada yang biasa makan di luar juga.

Itu satu hari katakan 40 ribu 1x makan itu kalau Anda 5 hari kerja 200. 200 ribu itu seharian belum untuk anak-anak belum untuk istri betul ya, itu hanya makan siang.

Nah Saya coba kalau Saya belanja dan bawa makanan dari rumah itu berapa sih biaya nya? tau nggak berapa biayanya 1 minggu untuk 1 keluarga dengan semua pembantu, cukup 500 ribu sudah bisa makan mewah

Jadi bisa cukup bayangkan berapa banyak penghematan sederhana dari menurunkan budged hidup.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Yang Membuat Anda Kaya

Stop Berhutang

Jangan nambah-nambah hutang, banyak diluar sana sudah jeblos nambah lobang. Udah nyemplung di gali tambah dalam. Jadi satu-satunya cara kalau Anda mengalami masalah dengan gali lobang tutup lobang, ya berhentilah menggali. Anda harus keluarkan atas, jadi stop hutang, jangan tambah pinjaman, jangan tambah bunga bank atau bahkan jangan tambah hutang

Jual Barang yang tidak perlu

nah yang keempat mana yang Anda nggak perlu, Jual. Asal Anda lihat ini tidak bisa menghasilkan ini harus dijual, itu udah syarat mutlak, Anda dapat extra income.

Kejar Extra Income

Yang kelima Anda harus dapat extra income dari kerja sampingan. Tidak perduli dengan apa yang Anda lakukan tapi Anda harus memiliki extra income dari kerja sampingan. Bisa jadi Anda punya skill tertentu lalu Anda bisa menjadi tenaga pengajar. Anda bisa mengajar les, Anda bisa jadi guru, Anda bisa freelance, Anda bisa melakukan apa pun itu yang penting Anda harus ada uang Sampingan

semoga bermanfaat dan semoga Anda terbebas dari hutang. Saya Tom MC Ifle Founder Top Coach Indonesia.

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>