Kesalahan Pengertian Sales yang Sering Terjadi

Ada dua istilah yang berkembang di masyarakat, yaitu sales dan marketing. Masyarakat sering salah dalam mengartikan kedua istilah tersebut. Menurut sebagian besar masyarakat, sales dan marketing adalah dua istilah yang sama. Padahal jika dilihat dari kata pembentuknya, pengertian sales dan marketing ini sangat berbeda. Sales dibentuk dari kata sale yang artinya penjualan. Sedangkan marketing dibentuk dari kata market yang berarti pasar.

Marketing merupakan suatu proses dari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pasar. Kegiatannya meliputi merencanakan produk yang akan dipasarkan, menetapkan harga, mempromosikan produk, merencanakan sasaran konsumen, dan mendistribusikan produk. Marketing ini bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sehingga pada intinya, kegiatan marketing ini lebih berfokus pada pelayanan konsumen.

Related Article : 5 Tugas Sales Marketing yang Wajib Dikuasai

Lain halnya dengan sales, fokus kegiatannya hanya sebatas menjual produk. Inti kegiatannya adalah memindahkan produk dari perusahaan ke tangan konsumen, atau bahasa lainnya memindahkan uang dari tangan konsumen ke kas perusahaan. Tujuan dari sales ini untuk meningkatkan penjualan, agar mencapai target yang ditentukan oleh tim marketing. Ketika proses penjualan pun harus diperhatikan sasaran konsumen yang tepat untuk ditawarkan produk.

Sales biasanya bekerja setelah tersedianya produk atau setelah produk dihasilkan, sedangkan marketing bekerja jauh hari sebelum produk dikeluarkan. Hal ini karena marketing memiliki tugas untuk merencanakan strategi produk yang akan dipasarkan. Setelah produk dihasilkan, sales hanya bertugas untuk menjualnya. Sehingga hubungan antara sales dan konsumen ini hanya sampai selesainya transaksi.

Related Article : Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru

Berbeda dengan marketing, karena dalam cara kerjanya marketing bertugas untuk tetap dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen. Hal ini dilakukan agar konsumen setia menjadi pelanggan produk tersebut. Marketing juga harus merancang strategi produk, harga, sasaran konsumen, promosi, dan proses pemasaran. Sementara sales merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam promosi. Hal ini yang juga menunjukkan perbedaan pengertian sales dan marketing.

Hal yang perlu diperhatikan lagi dalam perbedaan sales dan marketing adalah mengenai produk. Marketing harus mampu menjaga kualitas produk dan pandangan masyarakat mengenai produk tersebut. Jangan sampai kualitas produk menurun, sehingga membuat masyarakat berpaling ke merek yang lain. Berbeda dengan kegiatan sales yang tidak terlalu memperhatikan pandangan konsumen.

Related Article : Menjalankan Mobile Marketing dengan Cerdas

Strategi yang perlu dilakukan dalam kegiatan sales adalah seorang salesman harus paham betul mengenai produk yang ditawarkan. Walaupun mereka tidak perlu memikirkan kepuasan konsumen, namun salesman harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai produk. Hal dilakukan untuk menunjang proses penjualan, karena dari situ konsumen dapat melihat kelebihan produk sehingga mendorong untuk membelinya. Ketertarikan konsumen inilah akan meningkatkan penjualan.

Jika dilihat dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa pengertian sales dapat diartikan sebagai bagian dari marketing. Sales sebagai tim pelaksana, sedangkan marketing sebagai tim perencana pemasaran. Marketing bertanggung jawab membuat strategi pemasaran, sedangkan sales melaksanakan strategi yang sudah direncanakan oleh pihak marketing.

Suatu perusahaan harus memiliki tenaga marketing, karena tenaga sales saja tidak cukup untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Adanya tim marketing inilah yang akan merancang strategi pemasaran agar tepat sasaran. Marketing sebenarnya juga dapat merangkap sebagai sales, namun ini akan membuat tugasnya menjadi semakin kompleks. Sehingga sangat diperlukan tenaga sales, untuk bekerja sama dengan marketing meningkatkan pemasaran.

Related Article : 4 Cara Terbaik Melakukan Riset Pasar Bisnis Anda

Melihat uraian sebelumnya, sudah tampak bahwa pengertian sales dan marketing ini sangat berbeda. Intinya dapat dilihat dari tugas dan fokus kerjanya. Sales bertugas melakukan penjualan, sedangkan marketing bertugas pada proses pemasarannya, termasuk strategi pemasaran. Fokus kerja sales lebih pada produk, yaitu terjualnya produk yang akan meningkatkan angka penjualan, sedangkan marketing berfokus pada kepuasan konsumen atau hubungan dengan konsumen.

Adanya penjelasan di atas, diharapkan masyarakat tidak salah lagi dalam mengartikan sales dan marketing. Masyarakat diharapkan mengerti betul tentang perbedaan dua istilah ini. Hal ini juga dimaksudkan agar jika suatu hari mereka mendapat tawaran untuk marketing ataupun sales, mereka tau akan tugasnya masing-masing.

Salam Pencerahan!

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>