.st0{fill:#FFFFFF;}

Memahami Perbedaan Sales Marketing & Sales Executive! Cari Tahu Istilah Sales Lainnya 

 Agustus 5, 2021

By  Coach Tom

Meskipun sales marketing dan sales executive punya hubungan dekat, tapi keduanya punya peran berbeda yang membuatnya terpisah. Jadi, apa itu sales marketing dan sales executive sebenarnya?

Untuk bisnis yang ingin tetap eksis di era yang penuh dengan persaingan, memiliki sales marketing dan executive di dalam struktur perusahaannya merupakan keharusan. Marketing akan berfokus untuk menjual produk sementara executive yang merencanakan pendekatan dan strategi penjualan.

Tentu saja, tugas dan tanggung jawab yang diemban tak sesederhana itu karena dua entitas tersebut merupakan lini penggerak bisnis perusahaan.

Apa Itu Sales Marketing?

Sebagai awalan, sales dan marketing sebenarnya dua jenis job desc berbeda meski untuk beberapa perusahaan keduanya digabung karena punya tugas yang saling terkait satu sama lain.

Perusahaan memang berhak memberi tugas dan fungsi berbeda pada sales marketing. Tapi jika dilihat secara umum, sales marketing bisa diartikan sebagai individu yang bertanggungjawab terhadap laju penjualan produk.

Pada dasarnya, sales marketing punya tugas untuk meningkatkan penjualan dan mengeksekusi metode penjualan agar membantu bisnis tetap konsisten mencapai target yang sudah disusun. Proses eksekusi yang presisi sangat penting untuk meningkatkan performa penjualan.

Tentu saja, peran sales marketing akan berbeda tergantung jenis perusahaan yang ditempati, apakah perusahaan kecil yang baru mulai atau perusahaan besar dengan skala produksi yang besar.

Baca Juga : Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Sales Marketing

Apa Itu Sales Executive?

Berbeda dengan sales marketing, tugas dan fungsi yang dimiliki sales executive lebih merujuk pada aspek fundamental seperti menyusun strategi marketing beserta rencana eksekusinya.

Karena merupakan jajaran eksekutif, tugas pokoknya bisa dikatakan lebih berat karena harus memilih target market, membuat pendekatan yang ideal, mengadakan riset, dan mencari konsumen baru.

Untuk beberapa bisnis, sales executive juga diharuskan berkolaborasi aktif dengan divisi lain untuk menghadirkan produk atau jasa yang mampu memenuhi permintaan market. Langkah yang diambil termasuk menentukan harga yang efektif, berkomunikasi lewat produk, dan membuat pola distribusi yang efisien agar diterima market.

Sales executive juga dituntut membuat program berkesinambungan agar produk yang dijual dan metode penjualan yang diterapkan tetap relevan dengan situasi market yang berkembang.

Bisa dikatakan dengan mudah kalau sales executive merupakan individu yang punya tanggung jawab lebih besar terhadap proses penyusunan rencana yang menjadi target utama bisnis, termasuk implementasi dan mengontrol program marketing.

Peran dan Tugas

Tiap struktur pada dasarnya dibuat untuk memenuhi tugas spesifik, begitu juga dengan sales marketing dan sales executive. Terdapat perbedaan peran dan tugas dari masing-masing, tapi yang harus digaris bawahi yaitu tiap perusahaan bisa memberi tanggung jawab berbeda.

1. Sales marketing

Cari tahu peran & tanggung jawab sales marketing dibawah ini,

a. Mengontrol kualitas dan kuantitas produk. Karena berfokus pada laju penjualan produk, sales biasanya dibebani dengan tugas untuk melakukan pengecekan akhir produk yang akan dijual ke konsumen. Ini penting untuk mengetahui semisal ada kecacatan produk.

b. Menyelenggarakan event atau e. Juga menjadi tugas divisi sales marketing yaitu membuat event yang berbau komersil dengan tujuan menjual produk. 

c. Negosiasi dengan distributor. Untuk beberapa perusahaan, sales marketing kadang menjadi kepanjangan tangan untuk melakukan negosiasi dengan distributor. 

d. Memproyeksi biaya operasional. Dalam melakukan tugasnya, sales marketing juga diharuskan membuat rencana keuangan untuk mendukung operasionalnya. Tergantung kebijakan perusahaan, estimasi dana ini bisa diserahkan langsung ke bagian keuangan atau manajer.

e. Menilai performa penjualan. Yang juga menjadi tugas pokoknya yaitu menilai performa penjualan produk. Sales memang bertugas menjual, tapi juga punya tuntutan untuk memahami efektivitas pendekatan yang digunakan, apakah masih efisien atau harus dirubah.

f. Bertemu konsumen. Untuk beberapa kesempatan, perusahaan akan mengirim perwakilan untuk bertemu dengan distributor dan konsumen guna memasarkan produknya. 

Baca Juga : Tugas Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis

2. Sales executive

Cari tahu peran & tanggung jawab sales executive dibawah ini,

a. Berkoordinasi dengan struktur lain. Adalah tugas sales executive untuk berkomunikasi dengan struktur lain dalam perusahaan, misalnya dengan bagian keuangan terkait biaya operasional marketing, bagian produksi untuk membuat desain produk, dan bagian lainnya. 

b. Perwakilan perusahaan. Jika public relation merupakan representasi dalam aspek relasi, sales executive bisa dianggap sebagai representasi pada aspek komoditi. Dalam praktiknya, sales executive menjadi wakil perusahaan dalam pertemuan bisnis dengan investor, supplier, konsumen, bahkan kompetitor.

c. Mengadakan event. Beberapa perusahaan menuntut sales executive untuk menyelenggarakan event, terutama saat merilis produk baru. Tugasnya termasuk merekrut event organizer jika memang diperlukan.

d. Melakukan riset. Cakupan sales executive lebih luas dibanding struktur lain yang berkaitan dengan penjualan, salah satunya melakukan riset. Beberapa jenis riset yang harus dilakukan seperti riset pasar, riset konsumen, riset produk, riset kompetitor, dan riset lain yang masih berhubungan.

e. Mendesain dan mengevaluasi strategi marketing. Sales executive merupakan divisi yang bertanggungjawab langsung untuk mendesain dan mengevaluasi kampanye marketing yang sudah dibuat, apakah perlu dilakukan perubahan strategi atau tetap berpegang pada pendekatan sebelumnya.

Baca Juga : Mengatur Tugas Sales untuk Mencapai Target Maksimal

Sales yang menjadi garda terdepan perusahaan tentulah sangat dibutuhkan. Jika Anda seorang pebisnis maupun manajerial dalam tim, penting sekali Anda menguasai kemampuan sales & marketing. Saya memiliki courses online yang membahas sales & marketing disini!

Temukan Istilah Sales Lainnya

Selain sales marketing dan sales executive, ternyata masih ada banyak istilah sales lain dalam struktur perusahaan. Posisi berbeda mengartikan tugas dan tanggung jawab berbeda, dan berikut di antaranya.

1. Sales engineer

Untuk perusahaan yang menggunakan sales engineer, tugas yang diberikan akan terkait dengan memfasilitasi proses penjualan dengan teknologi. Beberapa platform yang sering dimanfaatkan termasuk media sosial, video, dan lainnya.

Kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi sales engineer tak mudah karena harus mempunyai soft skill, kemampuan teknis, mampu memecahkan masalah, dapat bekerja sama, dan mampu menyederhanakan masalah yang kompleks agar mudah dimengerti.

2. Sales representative

Sales jenis ini bekerja dengan cara berbeda dibanding sales pada umumnya. Alih-alih menjual produk secara langsung ke konsumen, sales representative hanya memajang dan memperkenalkan produk baru ke konsumen lewat event atau peluncuran produk.

Dengan beban tugas berbeda, sales representative dituntut untuk memiliki service skill yang baik, sangat komunikatif, fleksibilitas tinggi, dan gigih. Semua ini diperlukan untuk menyikapi jika ada konsumen yang bersikap tak hormat.

3. Sales consultant

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa, sales consultant menjadi salah satu posisi yang harus ada dalam jajaran struktur. Tugas utamanya yaitu memberi konsultasi atau penjelasan yang gamblang kepada calon konsumen agar mau memakai produknya.

Termasuk perusahaan yang sering memanfaatkan sales consultant yaitu firma hukum, konsultan, perusahaan teknologi dan komunikasi, dan berbagai bisnis yang menitikberatkan layanannya pada jasa.

4. Sales manager

Posisi sales manager biasanya lebih tinggi dari sales marketing tapi lebih rendah dari sales executive. Semua jenis sales harus melapor ke sales manager baru kemudian laporan diteruskan ke sales executive.

Tugas umum sales manager yaitu memimpin dan mengarahkan struktur di bawahnya untuk mencapai target penjualan. Tapi jobdesk sales manager bisa saja bertambah seiring situasi yang berkembang.

Tapi terlepas dari peran dan tugas yang nantinya diemban, sales marketing dan sales executive sudah menjadi kebutuhan bisnis. Untuk sukses di dunia digital dan kompetisi seperti sekarang, perusahaan butuh dua posisi tersebut agar keberlangsungan bisnis bisa terjaga. 

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst