.st0{fill:#FFFFFF;}

Pengertian Marketing & Jenis-Jenis Marketing Yang Wajib Anda Ketahui 

 April 29, 2021

By  Coach Tom

Keuntungan suatu bisnis bergantung pada kegiatan pemasarannya. Proses pemasaran biasa disebut dengan istilah marketing. Pengertian marketing di dalam masyarakat sering disalah artikan. Marketing sering kali disama artikan dengan sales. Padahal dalam bahasa inggris pun jelas bahwa marketing berarti pemasaran, sedangkan sales berarti penjualan. Sebelum memahami lebih jauh mengenai marketing, yuk kita simak pembahasan mengenai defisini marketing.

Apa itu Marketing?

Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

apa itu marketing

Konsumen sebagai orientasi utama kegiatan pemasaran. Kepuasan konsumen menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan. Jika pada proses sales hubungan konsumen terjadi hanya pada saat itu. Berbeda dengan marketing, yang mana hubungannya akan terus berlanjut. Marketing akan terus memperhatikan pelanggannya. Hubungan marketing dengan pelanggan harus dijaga dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhada produk Anda.

Marketing adalah bagian penting dari suatu perusahaan. Melalui kegiatan tersebut, barang dari produsen bisa sampai kepada konsumen. Oleh sebab itu, marketing sering disebut sebagai penghubung produsen dan konsumen. Strategi marketing harus jelas. Hal ini perlu dilakukan agar barang dari produsen dapat sampai kepada konsumen dalam waktu yang tepat. Strategi ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadi kekecewaan konsumen.

Pahami cara membuat marketing plan untuk mendobrak omset Anda di artikel : Pentingnya Marketing Plan Agar Produk Anda Laku Keras

Memahami Pekerjaan Marketing

Seorang pekerja marketing, harus paham betul mengenai pengertian marketing. Hal inilah yang akan membantu mereka dalam menjalankan tugasnya. Staf marketing harus memahami empat konsep dasar marketing, yaitu produksi, produk, penjualan, dan pemasaran.

Lengkap! Pelajari Apa Itu Marketing dan Manfaatnya disini

1. Produksi

Konsep pertama yaitu produksi. Staf marketing harus tahu mengenai produk yang sedang diminati konsumen pada saat itu. Lakukan pengamatan langsung ke lapangan. Selidiki juga harga yang beredar di pasaran. Hal ini dapat menjadi acuan untuk merencanakan produk apa yang akan dihasilkan perusahaan nantinya.

2. Produk

Konsep yang kedua adalah produk. Konsumen akan menyukai produk yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan peningkatan kualitas terhadap produk. Ciptakan produk yang memiliki kualitas lebih baik daripada produk perusahaan lain. Hasilkan produk yang memiliki keunikan sendiri, berbeda dengan para pesaing. Hal ini akan menjadi ciri khusus produk Anda. Sehingga diharapkan konsumen akan lebih tertarik dengan produk Anda.

3. Penjualan

Konsep yang ketiga adalah penjualan. Promosi merupakan salah satu bagian penjualan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan kepada konsumen tentang produk yang kita miliki. Jika perlu, berikan bonus terhadap pembeli dengan syarat tertentu. Hal ini tentunya dapat menjadi tarik konsumen untuk datang ke perusahaan Anda.

4. Pemasaran

Konsep yang keempat adalah pemasaran. Konsep ini merupakan lanjutan dari konsep penjualan. Tujuan utama dari kegiatan marketing adalah terpenuhinya kebutuhan pasar. Kepuasan pelanggan terhadap produk dalam hal ini sangat diperhatikan. Kebutuhan pasar dianggap berhasil terpenuhi, jika Anda mampu memenuhi keinginan pelanggan.

Jenis-Jenis Marketing

Setelah memahami definisi apa itu marketing, Anda juga perlu memahami jenis-jenis marketing yang bisa Anda lakukan untuk mendobrak omset. Jenis-jenis marketing terbagi menjadi 2 yaitu marketing tradisional dan marketing modern atau yang biasa dikenal dengan istilah digital marketing.

1. Marketing Tradisional  

Di Tahun 2010-an, mungkin Anda masih menyebarkan flyer dan aktif memasang iklan di koran. Kedua strategi marketing tersebut menjadi bagian dari marketing tradisional yang perlahan mulai ditinggalkan. Tetapi sebagian pengusaha tetap menggunakan strategi marketing tradisional untuk menggapai target marketing lokal. Lantas apa saja keuntungan melakukan marketing tradisional :

  • Mudah dipahami
    Iklan yang Anda pasang di flyer maupun baliho akan lebih “to the point” karena marketer tidak memiliki banyak space pada media tersebut. Marketer cenderung memberikan informasi yang lugas dan mudah dipahami konsumen.
  • Branding
    Jika target konsumen Anda adalah penduduk lokal, marketing tradisional sangat cocok Anda terapkan. Jika Anda terlihat exist maka citra toko Anda akan semakin meningkat. Bahkan jika Anda stabil dalam mempertahankan brand di daerah Anda, usaha Anda bisa saja menjadi icon.
  • Memaksimalkan Strategi Mouth to Mouth
    Person to person menjadi salah satu strategi marketing yang jitu, dengan melakukan marketing tradisional maka Anda bisa mengenal langsung konsumen Anda. Dengan demikian, Anda tentu bisa memberikan pelayanan yang lebih prima untuk tercipta kepuasaan pelanggan.

2. Marketing Modern atau Digital Marketing

Anda telah memahami definisi marketing dan mengenal apa itu marketing lebih tuntas, bahkan Anda sudah mengetahui keuntungan melakukan marketing tradisional, tetapi tidak dapat dipungkiri, bahwa digital marketing kini menjadi salah strategi marketing utama di sebuah perusahaan. Lantas apa saja keuntungan menggunakan marketing modern :

  • Jangkauan Lebih Luas
    Jika sebelumnya Anda hanya menjual produk melalui toko offline, kini Anda bisa memiliki toko virtual tanpa mengeluarkan modal besar. Anda bisa menggunakan marketplace sebagai platform berjualan atau Anda bisa membuat toko online Anda sendiri menggunakan website yang gratis seperti wordpress, opencart, joomla, shopify, dan lainnya.
  • Maksimalkan Iklan Sesuai Target Pasar Anda
    Setelah memiliki toko virtual, tentu Anda perlu mengiklankan produk Anda. Kelebihan marketing modern, Anda bisa memilih target jangkauan iklan Anda sesuai dengan target yang telah Anda tentukan. Anda dapat memaksimlkan iklan social media atau iklan google untuk memasarkan produk Anda.
  • Anda Dapat Mengukur Hasil Iklan
    Kelebihan menggunakan marketing modern lainnya adalah Anda dapat mengukur hasil iklan Anda. Bukan hasil omset, bahkan Anda bisa mengukur berapa jumlah orang yang melihat iklan Anda, jumlah orang yang tertarik, hingga jumlah orang yang mengunjungi toko Anda dan ingin melakukan pembelian. Data ini sudah tersedia di channel iklan yang Anda gunakan.

Pahami berbagai tools marketing paling di artikel  : 8 Marketing Tools Paling Tops Yang Perlu Anda Lakukan

Apakah Anda semakin tertarik memahami marketing? Jika iya, Tom MC Ifle sebagai coach bisnis yang memiliki lebih dari 100.000 jam terbang mengajar bisnis menyediakan courses online mengenai sales dan marketing yang dapat Anda ikut. Klik disini! untuk melihat courses yang bisa Anda pilih.

Kesimpulan Mengenai Definisi Marketing & Pekerjaan Marketing

Ada juga yang mendefinisikan marketing sebagi proses persaingan antar perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas. Persaingan ini terjadi tentunya karena ingin menarik hati konsumen. Kualitas produk yang baik, akan lebih diminati oleh konsumen. Apalagi jika didukung oleh pelayanan yang baik terhadap konsumen

Marketing dapat didefinisikan sebagai usaha memadukan beberapa faktor untuk memenuhi kebutuhan konsumen, demi tercapainya kepuasan konsumen. Pada dasarnya marketing selalu berhubungan dengan konsumen. Walaupun berbeda-beda pendapat orang tentang marketing, namun pada intinya selalu bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian marketing adalah strategi dalam menjalankan bisnis. Berhasil tidaknya suatu bisnis, tergantung pada proses marketingnya. Proses yang baik adalah selalu menjadikan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utamanya. Hal ini karena terpenuhinya keinginan pelanggan, menunjukkan terpenuhinya permintaan pasar. Sedangkan tugas marketing ternyata begitu penting demi stabilnya omset sebuah perusahaan, pekerjaan marketing bukan hanya sekedar membuat strategi melainkan memastikan bahwa rencana yang dijalankan memberikan hasil yang baik untuk perusahaan.

Jika Anda ingin melihat berbagai artikel yang membahas mengenai marketing di website ini, Anda bisa mengunjungi halaman blog kategori marketing disini!

Salam Pencerahan!

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Branding : Personal, Coorporate , Product Branding. Mana Yang Lebih Penting?
17 Pelajaran Berharga bagi Pengusaha Memulai Bisnis
Pentingnya Loyalitas Karyawan hingga Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan
Apa Itu Blue Print & Cara Membuat Blue Print Perusahaan