Peran Sales Executive dalam Perusahaan

Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sales executive. Istilah ini biasanya digunakan untuk tenaga penjualan yang langsung berhubungan dengan produk yang dijual kepada masyarakat. Istilah lain yang memiliki arti sama, masyarakat sering menyebutnya sebagai account executive, salesmen, dan medical representative (bagi perusahaan di bidang medis). Ciri khusus seseorang dapat dikatakan menduduki posisi tersebut dapat dilihat dari pola kerjanya.

Seorang pada jabatan tersebut biasanya bekerja di lapangan. Tugasnya adalah mewakili perusahaan, meskipun dalam kerjanya nanti ia tidak ditemani oleh supervisornya. Oleh sebab itu, ia harus dapat menjaga image perusahaan di lapangan. Ia juga biasanya diberikan wewenang untuk menggunakan uang perusahaan. Uang ini ia gunakan untuk melayani konsumen, sehingga konsumen merasa puas dan tetap menggunakan produknya.

Related Article : Cara Menjadi Pribadi Tangguh dalam Bisnis

Selain itu, seorang sales executive  harus memiliki kepribadian yang unggul. Hal ini disebabkan adanya syarat pencapaian target penjualan. Sehingga ia harus siap mental jika nantinya mendapat tekanan dari perusahaan. Ada beberapa yang harus dipersiapkan jika seseorang berada di posisi tersebut.

Pertama, mereka harus memiliki ketahanan fisik yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari kesehatan jiwa dan raga. Dapat juga dilihat dari penampilan mereka. Penampilan akan ikut menunjang penjualan. Jika memiliki penampilan rapi dan sopan akan lebih menarik konsumen untuk menggunakan produknya.

Selanjutnya mereka juga harus memiliki ketahanan mental yang kuat. Akan ada tekanan yang datang, baik dari pihak dalam maupun luar perusahaan. Pihak dalam akan menekan untuk pencapaian target penjualan. Pihak luar yang dimaksudkan dalam hal ini adalah pihak konsumen. Mungkin akan sering terjadi penolakan, sehingga diperlukan kesiapan mental yang kuat.

Related Article : 3 Kualitas Leadership yang Harus Anda Miliki dalam Bisnis

Selanjutnya adalah moral, mereka harus memiliki moral yang baik. Mereka harus bisa menepis berbagai penilaian miring masyarakat mengenai sales. Cara pandang masyarakat mengenai sales harus mulai diubah, salah satunya dimulai dari diri salesman itu sendiri. Moral ini nanti juga yang akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan penilaian terhadap produk yang dijual.

Sales executive memiliki peranan penting dalam perusahaan. Posisi ini memiliki pengaruh besar pada kegiatan distribusi produk. Hasil produksi dari produsen akan sampai kepada konsumen dengan tepat jika proses sales berlangsung dengan baik. Saat melakukan pekerjaannya, mereka juga berperan sebagai penghubung usaha jangka panjang terhadap konsumen.

Mereka harus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Hal ini disebabkan konsumen akan menjadi pelanggan dalam waktu lama atau tidak, bergantung pada sikap atau pelayanan salesman-nya. Oleh sebab itu, sebelum seseorang dimasukkan dalam posisi tersebut, alangkah baiknya diadakan pelatihan untuk memperoleh karyawan yang memang berkompeten.

Related Article : Kiat Sukses Membangung Network Bisnis

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada karyawan bagaimana cara menjalankan tugasnya, dan membuat mereka paham tentangnya pentingnya kedudukan mereka ini di dalam perusahaan. Pelatihan yang diberikan dapat membahas mengenai materi produk. Salesman nantinya harus paham tentang produk yang akan dijual. Selain itu mereka juga harus paham mengenai sasaran pasar yang akan dicapai.

Salesman perlu diberikan pemahaman mengenai perusahaan tempat mereka bekerja. Bagaimana mungkin seseorang yang menawarkan produk tidak memahami betul tentang perusahaannya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu cara kerjanya, karena akan menimbulkan keraguan di pihak konsumen untuk mau menggunakan produk yang ditawarkan tersebut.

Perusahaan juga sebaiknya memberikan pelatihan kepada karyawan teknik penjualan. Mereka yang bertugas sebagai tenaga penjualan harus mampu memahami teknik penjualan yang benar. Hal ini dilakukan untuk memperoleh hasil penjualan yang memuaskan. Sebaiknya juga dilatih untuk membuat laporan, sebab mereka harus menyusun laporan harian hasil penjualan.

Related Article : Rahasia Membangun Mental Juara

Melihat pentingnya peranan sales executive di dalam perusahan, diharapkan mereka mampu bekerja secara profesional. Kinerja mereka inilah yang akan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan mendasar yang telah diuraikan di atas, untuk mencapai tenaga sales yang berkualitas.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>