.st0{fill:#FFFFFF;}

Peran Sales Executive dalam Perusahaan 

 April 29, 2021

By  Coach Tom

Apa Itu Sales Executive ?

Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sales executive. Istilah ini biasanya digunakan untuk tenaga penjualan yang langsung berhubungan dengan produk yang dijual kepada masyarakat. Istilah lain yang memiliki arti sama, masyarakat sering menyebutnya sebagai account executivesalesmen, dan medical representative (bagi perusahaan di bidang medis). Ciri khusus seseorang dapat dikatakan menduduki posisi tersebut dapat dilihat dari pola kerjanya.

Jenis-Jenis Sales Executive

Setelah memahami apa itu Sales Executive, kini waktunya Anda memahami jenis-jenis Sales Executive. Ada 2 jenis Sales Executive yang biasa kita temui dalam dunia kerja, yaitu

1. Sales Executive

Sales Executive merupakan posisi penjual yang berhubungan langsung dengan konsumen. Sales executive biasanya menangani klien yang lebih variatif mulai dari personal hingga perusahaan. Sales Executive juga dituntut untuk mencari potensi konsumen baru untuk mencapai target yang telah ditentukan.

2. Account Executive

Berbeda dengan Sales Executive, di beberapa perusahaan Account Executive bertugas untuk menangani konsumen yang sudah exist. Account executive juga bertugas untuk membantu tim manajerial dalam melakukan picthing guna mendapatkan project atau omset.

Kedua jenis sales diatas memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai target, hanya pola pekerjaan yang berbeda tergantung kebijakan perusahaan. Lihat artikel berikut unntuk mengetahui lebih lengkap : Sales adalah Bagian Terpenting Untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Sales Executive

Sales Executive merupakan garda terdepan perusahaan yang perannya sangat berpengaruh terhadap cashflow. Oleh karena itu, seorang Sales Executive harus kuat secara fisik dan memiliki tekad yang besar untuk mencapai target. Berikut kemampuan yang harus dimiliki seorang Sales Executive, diantaranya :

1. Siap Bekerja di Lapangan

Seorang pada jabatan sales executive biasanya bekerja di lapangan. Tugasnya adalah mewakili perusahaan, meskipun dalam kerjanya nanti ia tidak ditemani oleh supervisornya. Oleh sebab itu, ia harus dapat menjaga image perusahaan di lapangan. Ia juga biasanya diberikan wewenang untuk menggunakan uang perusahaan. Uang ini ia gunakan untuk melayani konsumen, sehingga konsumen merasa puas dan tetap menggunakan produknya.

2. Sales Executive Harus Memiliki Kepribadian Yang Unggul

Selain itu, seorang sales executive  harus memiliki kepribadian yang unggul. Hal ini disebabkan adanya syarat pencapaian target penjualan. Sehingga ia harus siap mental jika nantinya mendapat tekanan dari perusahaan. Ada beberapa yang harus dipersiapkan jika seseorang berada di posisi tersebut.

Pertama, mereka harus memiliki ketahanan fisik yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari kesehatan jiwa dan raga. Dapat juga dilihat dari penampilan mereka. Penampilan akan ikut menunjang penjualan. Jika memiliki penampilan rapi dan sopan akan lebih menarik konsumen untuk menggunakan produknya.

Selanjutnya mereka juga harus memiliki ketahanan mental yang kuat. Akan ada tekanan yang datang, baik dari pihak dalam maupun luar perusahaan. Pihak dalam akan menekan untuk pencapaian target penjualan. Pihak luar yang dimaksudkan dalam hal ini adalah pihak konsumen. Mungkin akan sering terjadi penolakan, sehingga diperlukan kesiapan mental yang kuat.

3. Memiliki Moral Yang Baik

Selanjutnya adalah moral, mereka harus memiliki moral yang baik. Mereka harus bisa menepis berbagai penilaian miring masyarakat mengenai sales. Cara pandang masyarakat mengenai sales harus mulai diubah, salah satunya dimulai dari diri salesman itu sendiri. Moral ini nanti juga yang akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan penilaian terhadap produk yang dijual.

4. Mampu Menguasai Produk Dengan Cepat

Sales Executive harus memahami produk dengan cepat, terlebih jika Produk yang ditawarkan memiliki beragam tipe & ukuran. Seorang Sales Executive harus memahami keunggulan dan kekurangan dari produk yang dipasarkan. Selain itu, Sales Executive juga harus melakukan analisa terhadap produk serupa yang dimiliki kompetitor sehingga tak salah dalam menjelaskan produk kepada konsumen.

5. Mengetahui Prospek Atau Peluang 

Salah satu kualifikasi yang harus dimiliki seorang Sales Executive adalah mampu menganalisa prospek & peluang. Seperti hal nya ketika Sales Executive melihat suatu masalah, maka masalah tersebut bisa saja menjadi peluang untuk menciptakan omset. Seorang Sales Executive didorong mampu menganalisa pasar, mengetahui pola, dan melakukan inovasi terhadap kegiatan penjualan.

6. Kemampuan Memahami Dokumen

Setelah terjadi sebuah deal maka tahap selanjutnya adalah pembuatan dokumen seperti Surat Perjanjian Kerjasama, Service Agreement, invoice, hingga Faktur Pajak. Jika perusahaan Anda belum begitu besar, bisa jadi tugas-tugas pembuatan dokumen akan menjadi tugas Sales Executive. Oleh karena itu, kemampuan memahami dokumen menjadi salah satu kualifikasi yang harus dimiliki seorang sales executive untuk mempertahankan kinerja kerjanya.

Sales executive memiliki peranan penting dalam perusahaan. Posisi ini memiliki pengaruh besar pada kegiatan distribusi produk. Hasil produksi dari produsen akan sampai kepada konsumen dengan tepat jika proses sales berlangsung dengan baik. Saat melakukan pekerjaannya, mereka juga berperan sebagai penghubung usaha jangka panjang terhadap konsumen.

7. Kemampuan Komunikasi & Public Speaking

Seorang Sales Executive juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan public speaking yang baik guna mendukung pencapaian target omset. Tak jarang Sales Executive memaparkan produknya didepan pemangku kepentingan. Dengan komunikasi efektif dan kemampuan berbicara didepan umum yang baik, maka konsumen akan semakin percaya dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

8. Gemar Belajar & Mengetahui Hal-Hal Baru

Menjadi seorang Sales Executive tentu tidak mudah, begitu banyak pengetahuan akan produk dan kemampuan yang harus dipahami dan dikuasai. Terlebih di era digital saat ini, Sales Executive harus terbuka terhadap perkembangan. Seperti halnya penggunaan social media, platform yang digunakan dalam berjualan, hingga iklan social media yang kini gencar dilakukan.

Lihat Artikel Berikut : Kenali Berbagai Marketing Tools Untuk Mendukung Performa Anda Dalam Berjualan. 

Pelatihan Sales & Marketing Guna Mendongkrak Omset Perusahaan

Sales Executive harus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Hal ini disebabkan konsumen akan menjadi pelanggan dalam waktu lama atau tidak, bergantung pada sikap atau pelayanan salesman-nya. Oleh sebab itu, sebelum seseorang dimasukkan dalam posisi tersebut, alangkah baiknya diadakan pelatihan untuk memperoleh karyawan yang memang berkompeten.

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada karyawan bagaimana cara menjalankan tugasnya, dan membuat mereka paham tentangnya pentingnya kedudukan mereka ini di dalam perusahaan. Pelatihan yang diberikan dapat membahas mengenai materi produk. Salesman nantinya harus paham tentang produk yang akan dijual. Selain itu mereka juga harus paham mengenai sasaran pasar yang akan dicapai.

Salesman perlu diberikan pemahaman mengenai perusahaan tempat mereka bekerja. Bagaimana mungkin seseorang yang menawarkan produk tidak memahami betul tentang perusahaannya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu cara kerjanya, karena akan menimbulkan keraguan di pihak konsumen untuk mau menggunakan produk yang ditawarkan tersebut. Jika Anda tim manajerial, Anda bisa mengikutsertakan diri Anda dan tim Anda dalam online courses sales marketing yang saya adakan. Klik disini! untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst