Pentingnya Melakukan Pembukuan dalam Keuangan Bisnis

Uang itu sangat riskan loh! Banyak masalah yang ditimbulkan gara – gara uang. Apalagi kalau pengeluaran tidak dicatat. Keuangan sendiri saja bisa jebol kalau tidak pintar menghemat atau ya minimal dicatatlah. Jadi, Anda bisa mengontrol sendiri pengeluaran biar gak ada hutang di akhir bulan.

Itu baru contoh masalah pribadi dengan diri sendiri yang saya kasih. Lalu, apa kabar dengan bisnis Anda? Gawatnya lagi kalau uang Anda sampai tercampur dengan uang bisnis Anda.

Bagusnya sih kalau gak dipakai uang bisnis kelihatan besar. Nah, kalau Anda lupa terus malah digunakan untuk belanja sehari – hari atau kongkow bareng temen? Duh, habis deh sudah, keuangan bisnis Anda bocor tanpa sadar. Apalagi setiap trasnsaksi yang Anda lakukan tidak di catat. Sudahlah pasti bakalan pusing 100 keliling bukan 7 keliling lagi.

Apa sih kendalanya sampai tidak bisa mencatat keuangan? Apa cara yang digunakan masih manual dan bikin repot? Apa mungkin buat beli software mahal ditambah biaya sewa akuntan? Pastinya akan sulit mendapat tambahan modal kalau laporan keluaran saja tidak ada.

Ada yang utama yang harus diperhatikan agar prosedur pengelolaan keuangan bisnis Anda baik. Hanya megandalkan ingatan sih sia – sia saja, karena sudah maklum manusia itu pelupa.  Cara pembuatan laporan dan pengelolaan uang bisnis dan pribadi juga perlu nih diperhatikan.  Apa Anda mau selamanya keuangan campur aduk seperti gado – gado.

Kemudian pembuatan rencana rugi – laba juga perlu termasuk rencana pendapatan biaya. Apabila Anda lakukan tentunya akan banyak manfaat yang Anda dapatkan.  Berbagai sumber dari internet juga membahas manfaat dasar – dasar manajemen keuangan bisnis UKM. Pertama, bisa melindungi uang bisnis karena transaksi dan saldo tercatat. Kedua, menganalisa sumber penghasilan usaha. Ketiga, bisa ada monitor soal aliran keuangan dari informasi catatan pengeluaran.

Selanjutnya, manfaat keempat yaitu bisa tahu posisi keuangan terbaru dari hasil gabungan dan pengelompokan data di pembukuan. Kelima, Anda dapat mengamil keputusan usaha yang lebih baik. Keenam, Anda bisa meningkatkan performa bisnis nih dengan tingkat bonafiditas di dongkrak pada investor.

Manfaat ketujuh, Anda bisa tahu data supplier yang punya hutang dan sudah terkena jatuh tempo. Kedelapan. Anda tentunya bisa mengetahui data – data konsumen mana yang selalu mundur dari waktu pembayaran. Pembayaran dari konsumen ini sudah pasti berpengaruh dalam bisnis Anda.

Manfaat yang terakhir, Anda disini bisa merencanakan cashflow. Anda bisa menganggarkan dari data keuangan bisnis Anda. Apakah Anda perlu mengambil modal tambahan dari investor. Asupan uang itu penting supaya bisnis bisa bergerak. Tapi kalau semisalnya dalam buku keuangan cukup bisa saja Anda tidak ambil atau simpan dulu uang sang investor.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>